Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Rumah Sehat Bersama Alam

with 2 comments
Rumah minimalis, tidak perlu besar dan mewah, dengan ruang terbuka dan ventilasi udara di setiap sisi rumah disertai pencahayaan yang cukup, lingkungan bersih serta pekarangan rumah yang dipenuhi bunga-bunga dan pepohonan rindang. Itulah sedikit gambaran tentang rumah impian saya di masa depan. Bukan tanpa alasan saya menginginkan gambaran rumah seperti itu. Karena di setiap poinnya, saya yakin, akan mendapat manfaatnya.

Rumah Sehat Bersama Alam
Source: Rumah Matahari
Rumah minimalis yang tidak perlu besar dan mewah. Dari sana, saya dapat mendeskripsikan bahwa, dengan rumah yang tidak terlalu luas, akan lebih mudah untuk kita membersihkan setiap sudut rumah tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Baik itu tenaga listrik ataupun tenaga dari tubuh kita sendiri, dan tentunya penggunaan air untuk membersihkan lantainya. sedikit apapun penggunaanya, paling tidak kita tetap bisa berhemat air. Dengan persediaan tempat sampah yang dapat di jangkau dengan mudah, sehingga niat untuk membuang sampah sembarangan pasti akan berkurang. Memisahkan sampah yang bisa didaur ulang, wadah plastik atau kertas, misalnya. Dengan yang tidak bisa didaur ulang, kulit buah, atau sayur-sayuran yang sudah basi, misalnya. Karena besar kemungkinan sampah yang tidak bisa didaur ulang akan lebih cepat menimbulkan bakteri dan itu akan berpengaruh pada kebersihan lingkungan dan udara di sekitar rumah. Manfaat lainnya, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat adalah, kita bisa memperkecil kemungkinan datanganya banjir ketika musim hujan tiba.

Ruang terbuka dan ventilasi udara di setiap sisi rumah disertai dengan pencahayaan yang cukup. Kita bisa memasang jendela-jendela kaca di depan dan di samping rumah, selain mempercantik, jendela tersebut akan membiarkan sinar matahari menerobos masuk ke dalam rumah, manfaatkan sinar matahari untuk dijadikan sebagai pencahayaan. Sedangkan ruang terbuka serta ventilasi udara yang ada, akan memudahkan udara masuk ke dalam rumah. Udara bisa dengan leluasa keluar-masuk menggantikan setiap oksigen yang telah kita hirup sebelumnya. Double Poin di sini adalah, lagi-lagi kita bisa menghemat penggunaan energi listrik dengan tidak selalu menggunakan pendingin ruangan serta lampu rumah yang tidak harus selalu menyala di sana-sini. Sambil menyelam minum air, kata salah satu pepatah.

Lingkungan bersih didukung dengan bunga-bunga dan pepohonan rindang di pekarangan rumah. Mungkin dengan ditambahkan kolam ikan berukuran sedang di salah satu sudutnya, akan tampak lebih menarik. Pasti akan terasa nyaman, tentram dan damai sekali, ketika kita terbangun dari tidur dan membuka jendela di pagi hari, kemudian disambut dengan wewangian bunga, aroma dedaunan, serta kicauan burung, yang berterbangan di pepohonan pekarangan rumah.  Dan tentunya, kita dapat mengambil manfaat dari tanaman-tanaman tersebut dengan fungsinya sebagai pe-netralisir udara dari polusi debu yang dibawa dari luar, sebelum masuk ke dalam rumah. Sehingga udara yang segar dan sejuk, bisa kita dapatkan setiap hari dengan mudah. Dengan kata lain, lingkungan bersih dan tanaman di sekitar rumah sangat mendukung tersedianya udara bersih dan sehat yang kita dibutuhkan. Ada satu lagi manfaat yang bisa kita dapat dari tanaman-tanaman tersebut. Akarnya. Akar dari tanaman akan menyerap air. Jadi, tidak perlu khawatir dengan curah musim hujan yang labil. Kadang panas, kemudian mendadak mendung, lalu tiba-tiba hujan datang sehari penuh. Saat itulah akar tanaman akan menunjukan manfaat serta fungsinya.

Rumah Sehat Bersama Alam
Blogger Peduli Lingkungan
Saya jadi berfikir, perpaduan alam, jika bisa kita maksimalkan manfaat serta fungsinya dengan baik dan benar, maka akan sangat mendukung lingkungan yang bersih, menghemat energi yang pada dasarnya dihasilkan oleh manusia sendiri, dan tentunya dapat menghindari bencana alam yang sekarang ini seakan sudah menjadi hal yang biasa. Lalu, apalagi yang harus kita ragukan dari sempurnanya alam ciptaan-Nya? Kita tinggal memanfaatkannya, kemudian menuai hasilnya, tanpa harus merusaknya. 

Demikian sedikit harapan yang saya tuangkan di blog ini, mengenai Blogger Peduli Lingkungan. Dengan rumah tinggal yang bersih dan sehat dengan memanfaatkan kekayaan alam, kita akan dapat terus merasakan kenyamanan.




2 comments:

  1. Kalo dibayangin jadi berasa sejuk deh hehe.
    Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ngopi pagi di beranda rumah dengan pemandangan alam a.k.a bunga-bunga dan pepohonan yang sejuk :)
      Thankiss Dears :D

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com