Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Berantas Blogger Copast: Say No 2 Copast.

with Leave a Comment
Hampir semua orang di Indonesia ini suka sama yang namanya copy. Bener, gak? Eh, kopi maksudnya. Jadi, wajar dong, buat dapetin kopi yang nikmat. Orang berpindah dari satu warung kopi, ke warung kopi lain, buat bisa merasakan kopi yang pas di lidah. Terus, kalo kopi dikombinasikan sama yang namanya past(e)a, enak, gak, ya? Yang aku tau, Past(e)a itu lebih enak dikasih saos. Baru deh, lezat, dan pasti bakal bikin kenyang.

Nah, kalo yang tadi kan bahasnya soal minuman dan makanan. Kopi dan past(e)a. Dua nama makanan dan minuman yang hampir mirip dengan tema postinganku kali ini.  "BerantasBlogger Copast". Mari kita simak pembahasan menarik dariku, berikut ini:  

Budaya Ngopy sekarang ini sudah hampir sama dengan budaya Ngopi. Bingung, kan? Begini, deh.  Kalo orang yang suka Ngopi, banyak ditemui di warung kopi. Nah, kalo orang yang suka Ngopy, banyaknya beredar di warung blog(?) Ngopy di sini berarti copy-paste. Dan, orang yang seperti itu, biasanya disebut dengan plagiat. Si plagiat itu juga biasanya mengikuti budaya Ngopi, yang rela berpindah dari satu blog, ke blog lain, untuk dapat artikel yang dia inginkan. Ada juga, plagiat yang dengan ringan tangannya Ngopy satu postingan penuh. Tanpa editing, tanpa menyertakan nama sebenarnya yang posting. Dan lebih parahnya adalah, ada yang tanpa rasa malu, memperjual-belikan hasil Ngopy postingan orang lain, tersebut. Nahlo?

Nih.. Beberapa hal negatif akibat dari budaya Ngopy, menurutku.

  • Pasif dalam mengembangkan sebuah ide yang sudah ada, malas dalam mencari tau sesuatu yang baru, membunuh kreatifitas. Alhasil, orang akan jauh dari pemikiran yang maju, karena isi kepalanya cuma “udah, ah. Nyontoh artikel yang ini aja udah bagus, kok” atau “ngapain ribet, toh udah banyak yang posting beginian, tinggal ngopy aja. Gampang” jadi, gak bisa ngembangin apa yang menjadi awal pemikiran orang tersebut. Padahal belum tentu, artikel yang di copast itu lebih baik, menarik, dan informatif dari hasil pemikirannya sendiri. Ya, kalo mau mikir, sih.
  • Bully. Pada mau di-bully orang se-antero raya dunia per-blogging-an? Nggak, kan? Makanya, orang yang suka Ngopy biasanya akan dikucilkan dari dunia para blogger, menjadi bahan ejekan di komunitas blogger, menjadi bulan-bulanan para akun sosial media yang menjadi trend sekarang ini, dan bisa dijauhi teman sesama blogger, juga. Ampun, deh. Jadi gak punya teman, dong. Ciyan!
  • Blog --hasil copast-- kamu bisa dilaporkan dan dihapus oleh Mbah super ketjeh. Iya, Mbah Google. Yah.. Gak punya blog lagi, deh. Ya, itu Derita-El. Suruh siapa Ngopy seenaknya.
  • Atau bahkan, bagi si sumber yang gak terima postingannya di copast, dia bisa melaporkan si plagiat ke pihak yang berwajib, meskipun itu agak ribet ya, tau sendiri, lah. Masalah hak paten tulisan di blog yang masih simpang siur keabsahannya. Itu ribet.

Eits, tapi ada beberapa cara buat menjauhi kebiasaan tersebut, loh. Begini, nih.
  • Ingat-ingat, tujuan awal bikin blog itu untuk apa? Berbagi pemikiran yang dituangkan dalam tulisan, kan? Bukan berbagi copast-an(?) Hal seperti itu bisa dijadikan bahan pertimbangan, kalo lagi punya niat jahat buat Ngopy.
  • Sedikit, enggaknya, pasti si plagiat punya tujuan. Mau Ngopy artikel seperti apa dan yang bagaimana. Nah, itu sebenarnya udah bisa di bilang mikir, atau dijadikan sebagai ide awal, lah. Tinggal ngembangin aja. Boleh sih, cari referensi di blog lain, tapi ya, nama sumbernya harus disertakan. gak asal comot tulisan.
  • Bagi para penemu blogger copast, kamu bisa saja melaporkan Nama Domain blogger tersebut dengan mengikuti tips dari Bang Broh Andre di artikel Cara Berantas Blogger Copast. Nah, mudahkan? Tinggal ngikutin langkah-langkahnya aja. Jadi, si plagiat gak sembarangan asal Ngopy postingan orang.

Sebagai blogger pemula, yang kadang comot tulisan sana-sini tapi tetep masukin sumbernya. Yang rencananya mau bikin  Nama Domain sendiri juga, mungkin dengan bantuan dari Web Hosting Indonesia. Mungkin? Untuk terciptanya blogger dan tulisan yang berkualitas tanpa copast. Saya mendukung adanya kampanye --partai politik-- "Berantas Blogger Copast" yang diadakan oleh  Web Hosting Indonesia bersama Bang Broh Andre.  


Berantas Blogger Copast

0 Komentar:

Post a Comment

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com