Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Domain Baru: Teliti Sebelum Mengalihkan Blogspot Menjadi Dotcom.

with 13 comments
Akhirnya. Setelah satu minggu lebih blog ini mati suri karena proses pengalihan dari domain blogspot ke domain .com yang baru saja saya beli, sangat-sangat berjalan lambat, blog ini bisa kembali seperti semula. Bisa diakses sepuasnya dan juga bisa diutak-atik semaunya. Saya sempat sedih, kalau-kalau blog ini hilang dan nggak bisa diakses lagi, gimana? Karena jujur, saya kurang begitu paham dengan proses-proses pengalihan domain semacam itu (contoh orang males googling). Setelah saya mengeluarkan jurus komplain berkepanjangan sama penyedia domain baru saya, melalui twitter maupun live chat di situsnya, yang disambut hangat oleh Mas-mas dan Mbak-mbak Adminnya.. Tetep, blog saya masih nggak bisa diakses dengan keterangan "Under Construction". Saya bingung sekali, padahal saya sudah mengikuti tutorial yang ada. Apa yang keliru? #IMHO


Proses Pengalihan Domain? Coba Diteliti Dulu.
Under Construction

Setelah 6 hari saya merasa di PHP-in sama domain baru saya, yang masih saja menampilkan halaman "Under Construction" untuk menjawab permasalahan saya. Hari sabtu kemarin saya mencoba untuk menanyakan lagi permasalahan ini ke technical support melalui live chat di situsnya. Barangkali dari pihak penyedia domain bisa membantu untuk mengalihkan langsung dari sana. Tapi ternyata ada biaya extendnya. Saya nggak langsung menyetujui, tapi tetep dengan gencatan pertanyaan dari saya, saya diarahkan oleh technical support untuk melakukan request ticket melalui account yang saya gunakan untk membeli domain tersebut. Hari sabtu itu juga ada surel masuk di alamat email saya dari penyedia domain. Saya membaca isi surelnya, ternyata saya salah memasukkan kode unik untuk pengaturan CNAME di Cpanelnya. Wait? Setelah mendapat pernyataan Under Construction, kan saya sudah nggak bisa melihat kode unik tersebut. Bagaimana ini? Saya coba menginterogasi Mbah Google. Tapi.. ternyata setiap blog itu dapat kode unik berbeda-beda. Akhirnya saya pasrah. Biarlah, nanti kalau sudah nggak mogok juga pasti bisa diakses sendiri. Yakali..


Proses Pengalihan Domain? Coba Diteliti Dulu.
Source: qwords.com

Hari minggu sekitar pukul 08.00 WIB saya mendapatkan surel dari penyedia domain lagi, mengingatkan kalau tidak ada aktivitas selama 24 jam, request ticket yang saya minta akan segera ditutup. Mungkin Mbak atau Mas Adminnya nunggu balasan dari saya, pikir saya. Dengan suasana akhir pekan yang santai, saya baca-baca lagi isi surel dari penyedia domain tersebut. What? Astaganaga.. Begini, ini, kalau orang keburu bingung dan nggak sabaran, yang ada malah nggak bisa teliti. Ternyata bukan kode uniknya yang salah saya masukkan, tapi kode CNAME nya itu sendiri - ghs.google.com -. Segera saya utak-atik lagi  profil blogger saya dan mengubah kode-kode yang sudah disarankan oleh penyedia domain melalui screenshoot yang dilampirkan dalam badan email. Dan.. Hurray! Blog saya sudah kembali seperti sedia kala dengan domain baru yang sudah bikin saya galau seminggu ini. Saya lega sekali. Yeay!


Proses Pengalihan Domain? Coba Diteliti Dulu.
Source: qwords.com

Jadi, ya. Pesan saya, kalau lagi memulai sesuatu yang baru itu, harus dilakukan dengan sabar dan jangan mudah panik, karena keduanya bakal membuat ketelitian kita berkurang, akhirnya malah dibikin gugup sendiri, dan pekerjaan juga nggak beres. Diteliti dulu, cari tahu informasi-informasi yang dibutuhkan, sekaligus pelajari teorinya sampai tuntas. Bukan malah mempraktikkannya langsung, padahal belum jelas apa yang mau dipraktikkan. Kalau sudah jelas, sudah hafal, sudah paham sama teorinya, baru deh. Langsung dikerjakan. Pekerjaan akan semakin mudah dan akan selesai sesuai harapan. Nggak ngelak juga kalau mempelajari sebuah teori itu terkadang menjadi hal yang sangat membosankan. Tapi ya, untuk mendapat hasil yang maksimal, mau bagaimana lagi? Yakan?

And last.. Dengan domain baru ini, semoga blog ini juga bisa semakin menghasilkan postingan-postingan yang positif dan bermanfaat bagi teman blogger di mana pun berada. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.. :))

13 comments:

  1. asiiikkk... domain baru, \:D/

    ReplyDelete
  2. Saya juga pake jasa Qwords.
    Pelayanannya memuaskan.
    Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Sabar banget ngadepin komplain berkepanjanganku. Hahaha

      Delete
  3. seru deh pengalamannya....buat pengalaman kalau mau pindah domain ke com. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mak. Kalo mau pindah domain pelajari dulu teorinya. *yakali* :)

      Delete
  4. Replies
    1. Idih.. Kamu nggak pernah main-main ke sini, sih. -_-

      Delete
  5. Selamat mba, rumahnya sudah berdomain baru...semoga lancar jaya blognya :)

    ReplyDelete
  6. baru ada niat buat mengganti domain, eh kebetulan diulas disini jadi bisa lebih teliti lagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. diteliti dulu ysebelum mengalihkan domainnya. perbanyak googling untuk tutor lebih mudahnya.

      Delete
  7. baru ada niat buat ganti domain eh udah diulas disini jadi bisa lebih teliti lagi :))

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com