Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger Untuk Android.

with 8 comments

Heiho teman-teman.. Saya kembali lagi.. Kali ini saya akan memberikan testimoni atau sedikit ulasan tentang kemudahan-kemudahan yang saya dapatkan dari penggunaan Blogger App For Android. Maklum, bisa di bilang, saya ini salah satu dari mobile blogger lover, kalau malam. Kalau pagi siang sore, masih bisa sih, ngeblog melalui PC ataupun Laptop, tapi itu di tempat kerja. Belum ada WIFi di rumah dan lagi tidak ada modem juga. Jadi.. Aku bisa apa? Oke lanjut ke testimoni.

Sebelumnya kamu bisa download Blogger App For Android di Google Play . Dan untuk penampakkannya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini;

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Download Blogger App For Android
Setelah download selesai, instal dan buka Blogger App tersebut, kamu akan diberi pilihan untuk alamat gmail yang bakal kamu gunakan untuk login Blogger. Setelah proses login selesai, pada halaman utama Blogger App, kamu akan melihat 3 (tiga) tab; Tab All, Tab Published, dan Tab Draft.

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Halaman Utama Aplikasi Blogger
Untuk memilih salah satu tab, kamu tinggal menggeser-geser halaman utama Blogger App tersebut. Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan Blogger App For Android?

Kamu bisa membuat postingan sekaligus mem-publish postingan melalui Blogger App. Caranya, kamu tinggal klik icon pensil yang terletak pada pojok kanan atas di halaman utama Blogger App. Dan kamu akan diarahkan pada halaman seperti gambar di bawah ini;

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Membuat Postingan Baru Dengan Menggunakan Aplikasi Blogger

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar pada postingan baru kamu, dengan cara, klik terlebih dulu tulisan DONE pada pojok kiri atas untuk menutup kolom editing, setelah itu kamu akan masuk pada halaman pertama sebelum membuat postingan, seperti pada gambar sebelum ini, kemudian klik icon kamera yang terletak pada sebelah kanan kolom Judul Postingan. Bisa memilih untuk mengambil foto secara langsung maupun mengambil foto yang sudah ada di galeri foto kamu. Waktu proses editing, gambar yang dimasukkan dalam postingan akan berubah menjadi bentuk coding. Jadi harus sedikit hati-hati ketika akan menghapus atau mengganti letak tulisan yang sudah ada. Dan mungkin akan sedikit membutuhkan ketelitian dalam pengaturan paragraf dan spasinya. Maklum, layar PC sama HP itu beda Gedhe. Dan mungkin bisa diperbaiki lagi kalau sudah ada waktu untuk melakukan aktivitas blogging melalui PC.

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Proses Editing Pada Aplikasi Blogger
Proses editing. Kamu bahkan bisa melakukan editing pada postingan maupun draft yang sebelumnya sudah kamu buat di PC. Pilih salah satu postingan atau draft yang terdapat pada tab-tab di halaman utama Blogger App yang akan diedit, klik pada judul yang tertera, postingan atau draft tersebut akan terbuka. Kemudian klik icon pensil pada pojok kanan atas, dan.. Voila! Postingan serta draft sudah bisa kamu edit.. Yeay!

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Proses Editing Pada Aplikasi Blogger
Hal yang menurut saya sangat penting dan yang seringkali menjadi permasalahan mobile blogger adalah.. Nggak bisa berbalas komentar ketika ada teman blog walker yang meninggalkan komentar di postingan sedangkan kamu sendiri sedang mobile blogging. Kadang menjengkelkan juga, gemes, mau balas komentar di blog tapi nggak bisa. Oke, untuk lebih jelasnya, langkah pertama sebelum kamu membalas komentar di blog-mu melalui Blogger App adalah, klik kanan pada halaman utama Blogger App. Kemudian pilih view blog untuk masuk ke blog-mu.

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Melihat Blog Menggunakan Aplikasi Blogger

Lakukan aktifitas komentar seperti biasa yang kamu lakukan ketika berkomentar melalui PC. Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini...

Ngeblog Mudah Dengan Aplikasi Blogger.
Mengirim/Membalas Komentar Menggunakan Aplikasi Blogger

Mudah bukan?

Sekian testimoni penggunaan Blogger App For Android sekaligus postingan pertama melalui Blogger App dari saya. Dan bagi para mobile blogger.. Ayo.. Tunggu apa lagi? Segera pasang Blogger App, dan dapatkan kemudahan-kemudahan dalam melakukan aktivitas blogging yang sebelumnya tidak bisa kamu dapatkan dari aktivitas blogging melalui Operamini dan beberapa peramban internet mobile lainnya. Happy Blogging.....

PS: Postingan ini sudah saya rapihkan melalui PC terlebih dulu. Dan untuk Caption pada gambar juga saya insert melalui PC. Untuk insert link, hanya dapat memasukkan 1 link saja, mungkin selebihnya bisa diedit melalui PC.

8 comments:

  1. kalau sy lebih suka via PC mba, kalu via mobile kadang loadnya lebih lambat.

    terus kalau untuk urusan posting juga lebih suka via PC, lebih nyaman ngetik pake keyboard hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Aku juga lebih suka lewat PC mas. Nah kan kadang ada tuh blogger yang nggak terus-terusan madep PC. dan lebih sering mobile blogging, jadi mungkin kalo lagi ada bahan, bisa ditulis-tulis dulu lewat Blogger App, kalo tulisannya kelar bisa langsung publish dan kalo belum bisa selesai bisa dimasukin draft blogger dulu.

      Ini juga balas komentar pake Blogger App mas. Lagi mobile blogging soalnya. ^^

      Delete
  2. Kalau aplikasi ini sih saya pernah pakai. Lumayan juga kok buat posting di blog.

    Tapi, berhubung platform blog saya sekarang Wordpress, ya sudah.. Saya pakai Wordpress for Android. Fiturnya lebih lengkap. Bisa mengamati aktivitas blog (komentar, yang berlangganan blog saya, dsb), juga bisa lihat statistik blog saya, dan bisa upload gambar lewat aplikasi tersebut. Pokoknya lengkaplah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insert gambar di blogger juga mudah, cuma untuk insert linknya dibatasi 1 link aja. Wih, blogger belum ada fitur buat statistik blognya.. Tapi selama bisa buat balas komentar di blog.. Itu saja sudah oke sih. :)

      Delete
  3. aku suka pake jugaaa...lumayan handy...cepet dan oke..tapi dari iPhone...biasanya problemnya di uploading..karena saingan ama games aku hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish.. Aku telat banget ini mbak pakainya.. Sempat download lewat Blogger dashboard di PC tapi gagal terus. Nah pas main-main di Google Play iseng cari aplikasi Blogspot, eh keluarnya aplikasi Blogger, download dan ternyata friendly banget sama mobile blogger mbak.

      Kalo masalah upload sih, selama jaringan lancar, prosesnya pasti cepet, kalo aku sih, mbak. :)

      Delete
  4. Aplikasinya lumayan bagus, sayang tidak bisa edit ya sepertinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya nggak baca sampai habis, ya? Atau cuma mau ninggalin backlink aja, ini? :(

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com