Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Divergent; Bertemunya Four dan Tris di Faksi Terkuat [Movie Review]

with 5 comments
Divergent.. Different.. Berbeda..
Film yang diadopsi dari novel dengan judul yang sama, ditulis oleh Veronica Roth.

Divergent "Tris – Four" [Movie Review]
Beatrice "TRIS" Prior With Tobias "Four" Eaten
DIVERGENT
Beberapa waktu lalu di timeline twitter, sempat berseliweran tweet-tweet dari @bukubukularis yang membalas pertanyaan pelanggannya mengenai novel divergent dan sekuelnya, tapi saya sama sekali nggak tertarik, pikiran saya, novel fantasi itu nggak ada asik-asiknya, jadi saya nggak minat buat memesan atau pun sedikit cari-cari info tentang novel tersebut, seperti kebiasaan saya ketika tertarik dengan sebuah buku. Ini kalau dalam bentuk novel. Tapi, setelah kemarin saya grepein mbah google, saya melihat poster dari film divergent yang sepertinya menarik, teruslah saya ubek-ubek youtube buat lihat trailernya. Dan ternyata "worth it" banget.

Film Divergent bercerita tentang sistem pemerintahan yang membuat 5 faksi untuk membedakan masing-masing kepribadian yang dimiliki oleh masyarakatnya, yang sudah masuk dalam usia baligh, melalui sebuah ujian kepribadian, tapi hasil dari ujian tersebut nggak menentukan sepenuhnya faksi yang akan dipilih. Ke-5 faksi tersebut adalah, Candor yang memiliki kepribadian jujur dan menjujung ketertiban, Erudite yang memiliki kepribadian cerdas, jenius dan "mengetahui segalanya", Amity yang lebih memilih untuk hidup bercocok tanam, hidup harmonis dan penuh kebahagiaan, Abnegation faksi yang memiliki kepribadian "tidak mementingkan diri sendiri" alias suka menolong orang di sekitar yang lebih membutuhkan sehingga faksi tersebut dipercaya untuk menjalankan sistem pemerintahan, dan yang terakhir adalah Dauntless yakni faksi yang di dalamnya penuh dengan sekumpulan orang-orang dengan kekuatan dan keberanian yang luar biasa, mereka adalah pelindung bagi masing-masing faksi, Polisi(?) kalau diibaratkan bagi warga Negara Indonesia.

Divergent "Tris – Four" [Movie Review]
Tattonyaaa.. <3 
Beatrice Prior a.k.a "Tris" adalah seorang putri dari dewan faksi Abnegation, yang memiliki kebribadian lebih dari 1 – Divergent, tapi dia lebih tertarik ke arah faksi Deuntless, kepribadian dari orang tuanya yang suka menolong berbeda jauh dengan dirinya yang menunjukan sifat keberanian. Dan jadilah dia memilih faksi Deuntless setelah ujian selesai. Dalam faksi tersebut dia bertemu dengan Tobias Eaton a.k.a "Four", salah satu pemimpin dari faksi Deuntless, yang juga seorang Divergent dan sama-sama berasal dari faksi Abnegation seperti halnya Tris. Four yang lebih dulu masuk dalam faksi Deuntless mengetahui akan kepribadian Tris yang lebih dari 1. Bedanya Four bisa melalui "ospek" saat pertama masuk ke dalam faksi Deuntless, sedangkan Triss lebih menunjukan bahwa dia adalah seorang Divergent. Sedangkan dalam pemerintahan tersebut, orang yang memiliki kemampuan Divergent harus dimusnahkan karena bisa mengancam keamanan masing-masing faksi.

Erudite yang memiliki kepribadian jenius  sekaligus rakus, ingin merebut sistem pemerintahan yang dipercayakan kepada faksi Abnegation dan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh faksi Deuntless dengan menyuntikan cairan kimia pada orang-orang dalam faksi tersebut melalui pemimpin yang mungkin lebih dulu pro dengan Erudite, agar mereka menghancurkan kepemerintahan Abnegation. Dalam hal ini yang menjadi ancaman Erudite adalah Divergent, karena mereka tidak bisa dikendalikan oleh cairan tersebut, namun Four dan Tris bisa mengatasi permasalahan itu dengan berpura-pura patuh ketika cairan kimia tersebut disuntikan kepada mereka. Tapi tidak berlangsung lama, karena ketika mereka telah sampai pada pemukiman Abnegation, Tris yang mengajak Four untuk menyelamatkan kedua orangtua Tris, ketahuan sama salah satu pemimpin Deuntless yang pro denga Erudite.

Divergent "Tris – Four" [Movie Review]
Erudit, Candor, Abnegation, Emity, Deuntless
DIVERGENT
Erudite membawa Four untuk diuji lagi, sedangkan memerintahkan Deuntless untuk menghabisi nyawa Tris, Four berusaha berontak tapi nggak bisa, pasukan Deuntless terlalu banyak. Tapi setelahnya, Tris berhasil lepas dari para Deuntless tersebut, Ibunya menyelamatkan Tris yang ternyata dulu Sang Ibu juga keturunan Deuntless. Sayang Sang Ibu tertembak ketika berusaha melindungi Tris. Di sisi lain Four telah berhasil dikendalikan oleh Erudite. Tris yang berusaha menyelamatkannya malah diserang habis-habisan. Tris mencoba mengulangi apa yang telah diajarkan Four kepadanya agar bisa menyembunyikan dan sedikit melawan kepribadian Divergentnya, yakni dengan menodongkan senjata api pada keningnya sendiri dan mengulang-ulang kata "Never mind, I love You". Usaha Tris berhasil dan Four tersadar.


Yah.. Intinya ini film fantasi dengan permainan adrenalin yang luar biasa. Bayangkan harus terjun dari gedung yang ampun tingginya, sedangkan di bawahnya masih ada lubang yang entah berapa meter itu kedalamnya, terlebih karena gelap, jadi belum diketahui juga apa yang ada di bawah sana, entah duri, air, spon atau... Dan Deuntless Junior yang pertama berani terjun dari atas gedung tersebut adalah... Tris. Di dalam lubang hitam yang ternyata di bawahnya terdapat jaring itulah pertama kali juga Four dan Tris bertemu. Awalnya mereka saling bersikap dingin, sih. Tapi, tapi.. pada akhirnya.. cie cie cieee.. Begitulah. Dan kabarnya nih, ya. Sekuel Divergent, yakni Insuregent dan Allegiant juga bakal di-film-in. Well, let's see, which one is better.. Semoga, sih, bisa semenarik Divergentnya sendiri.

Sekian review Divergent dari saya.. Sampai jumpa pada review selanjutnya.. *kalau ada, tapi* :D

5 comments:

  1. Saya gak bisa bandingin nih soalnya belum baca novelnya. Tp filmnya menarik banget untuk disimak. Suka dengan tokoh ceweknya, dari yg awalnya lemah secara fisik ternyata mempunyai kekuatan yg dahsyat...

    Oh ya, film ini sudah diputar belum ya di bioskop2? Saya nontonnya di laptop, filmya dapat donload free...

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga itu donlot free-nya, hehe. Saya baca novelnya (keren bingits!), tp nontonnya tunggu gratisan aja :)
      Nice review, Mak :)

      Delete
    2. Aku malah belum baca novelnya, mak.. Download free-nya cari di ganoolcom aja mak.. Lumayan lengkap filmnya. Maklum suka banget nonton film tapi nggak bisa ke bioskop jadi langganannya ke ganool.com aja.. Hehehe

      Terima kasih, mak. :D

      Delete
    3. Iya. Tris dengan kemauannya yang kuat dari lemah menjadi kuat. Dan sebenarnya dia paling pemberani, sih, di antara Deuntless junior lainnya. Terbukti dari tes terjun dari atas gedung yang tinggi banget, dan dia berani untuk jadi yang pertama terjun padahal belum tau apa yang ada di bawahnya.

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com