Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Jalan-Jalan ala Ekspedisi Warisan Kuliner

with 7 comments
Jalan-jalan. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan orang-orang dalam sebuah "perjalanan". Mulai dari menjelajah daerah tersembunyi agar bisa mendapatkan spot foto terbaik yang diinginkan, mengunjungi daerah tertentu hanya sekadar untuk bisa menikmati keindahan yang ditawarkan, dan juga menelusuri suatu daerah dengan tujuan untuk mencicipi beragam kuliner khas yang terdapat di daerah tersebut.

Belakangan ini, banyak orang melakukan "perjalanan" untuk bisa mencicipi beragam kuliner khas yang ada di seluruh penjuru Nusantara Indonesia. Bahkan salah seorang pegiat kuliner, Mas Arie Parikesit, saat ini sedang menjalankan program Ekspedisi Warisan Kuliner bersama tim-nya. Ekspedisi Warisan Kuliner sendiri adalah program yang diadakan dengan tujuan menelusuri warisan-warisan kuliner yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, yakni mulai dari Indonesia bagian barat, tengah, sampai Indonesia bagian timur, dengan 100 kota yang akan menjadi tujuan ekspedisi. Dalam program ini, tim ekspedisi tidak hanya sekadar jalan-jalan atau menilai enak/tidaknya suatu makanan, tim ekspedisi akan melakukan penelusuran lebih dalam lagi, mengenai sejarah, bahan otentik, dan cara pengolahan kuliner khas suatu daerah, melalui fixer (penghubung lokal) yang telah mengarahkan tim ekspedisi kepada narasumber, yang  dalam hal ini adalah sesepuh dan/atau pengolah kuliner khas yang dicicipi di setiap daerah. 

For your information, untuk fixer (penghubung lokal) sendiri, biasanya tim ekspedisi akan mengajak langsung salah seorang yang berasal dari daerah setempat, untuk menjadwalkan sekaligus mengarahkan program ekspedisi selama 1 - 2 hari, tergantung seberapa banyak kuliner khas yang bisa ditemukan di daerah tersebut. Jadi barangkali saja, daerah kalian menjadi salah satu tujuan Ekspedisi Warisan Kuliner, dan mungkin salah satu dari pembaca artikel ini, berkesempatan terpilih menjadi fixer (penghubung lokal). Maka, siapkan dirimu, sekaligus itinerary kuliner khas yang bisa dicicipi di daerahmu! Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang program Ekspedisi Warisan Kuliner ini, kamu bisa memantau lini masa dari akun Twitter Mas @arieparikesit, di sana akan ada berbagi informasi kegiatan yang sedang dilakukan oleh tim Ekspedisi Warisan Kuliner secara up-to-date.

Bisa diartikan juga, selama Ekspedisi Warisan Kuliner ini berlangsung, selain dapat menelusuri daerah-daerah yang belum sepenuhnya ter-ekspos secara luas,  tim ekspedisi juga bisa mencicipi serta memperoleh pengetahuan baru tentang kuliner khas yang dimiliki daerah-daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hati senang, perut kenyang!

7 comments:

  1. Saya mendukung ekspedisi ini karena saya sendiri bingung apa sih sebenarnya kuliner asli Indonesia itu yang tanpa kena pengaruh budaya asing. Khususnya yang ada di pulau Jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, di jawa malah sudah banyak yang terekspos, loh, mas. Mulai dari jajanan-jajanannya, gudeg, loenpia, dan serabih, misalnya. Justru kuliner khas di wilayah Indonesia timur, Indonesia barat, dan sekitarnya yang masih banyak belum dikenal orang. Tapi beneran Indonesia ini punya kuliner khas yang sangat beragam dan yang pasti enak! :)

      Delete
    2. Maaf ralat, itu maksudnya Indonesia Timur sama Indonesia Tengah. ^^

      Delete
  2. Pernah ketemu @arieparikesi pas acara ABFI di Solo.
    Mba, info detil tentang kotanya tujuan dimana, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuan kotanya, biasanya menyesuaikan, sih, mbak. Kalau sekarang, timnya lagi jalan di kota semarang, sama di ambon.

      Delete
  3. jadi pengen ikut ekspedisi ini, bisa makan masakan seluruh indonesia..nice share mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ekspedisi sendiri saja, mbak. Fokusnya ke rumah makan - rumah makan di sekitar rumah. Hahaha

      Shangkyu, Mbak. :)

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com