Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Genre Dalam Film (Action, Sci-Fi, Fantasy dan Adventure)

with 6 comments
Honestly.. Saya selalu bingung kalau sudah dihadapkan dengan opening seperti ini. Bukan opening, sih. Lebih tepatnya.. Basa-basi sebelum memulai postingan blog yang sudah kelewat jarang di update #makjleb. Baiklah, jadi ini masih pagi sekali, tapi berhubung saya teringat sama tema postingan yang sudah sangat-amat lama sekali saya "kukus" dan hampir saja gosong (yakali masakkan) akhirnya dengan hati ringan dan tanpa beban saya membuka dashboard blogger saya #dramakumbara #rauwisuwis.

Postingan kali ini masih ada benang merahnya sama serangkaian #moview yang sudah saya tulis di blog ini. Tentang beberapa genre film yang mungkin dari beberapa pembaca ada yang masih belum mudeng, sama kayak saya, tapi setelah googling dan googling saya jadi sedikit tahu beberapa istilah genre dalam dunia per-film-an, dan nggak ada salahnya saya jadikan tulisan di sini, sebagai pengingat saya atau sebagai bacaan bagi pembaca yang ingin tahu (perasaan dari tadi formal banget bahasanya #krik).

Di tahun 2015 ini sepertinya bakal banyak banget beberapa genre film sekuel keren yang akan tayang lagi, misal dari genre sci-fi yang bulan ini bakal tayang sekuel dari Divergent dengan judul Insurgent, film ini merupakan adaptasi dari novel karya Veronica Roth, staringnya sih, Theo James rencana masih ada di Insurgent dan tetep berpasangan sama Shailene Woodley. Terus bulan April besok juga bakal tayang Fast Furious 7, film dengan genre action, sekuel dari fast-fast sebelumnya, fyi, biarpun Brian O'conner sudah nggak ada lagi di sekuel film kali ini, tapi tenang, bakalan ada Jason Statham sebagai pendantang baru, dan saya sangat yakin film ini tetep seru tanpa adanya Brian O'conner. Ya.. merujuk dari #moview saya sebelum-sebelum ini tentang Jason Statham lah, ya.. Film dengan genre horor pun nggak ketinggalan, pada bulan Juni besok akan tayang film Insidious 3, yang mungkin bakal dilanjutkan dengan Insidious 4, 5, 6 dst #yakali. Dan.. dari 3 film sekuel dengan genre berbeda yang sudah saya sebutkan di atas, masih buanyak lagi sekuel-sekuel film yang bakal tayang di tahun ini. Ada Minion, Jurassic Park, The Avengers, Terminanor, The Hunger Ranger, eh, the Hunger Games, ding. Hehehe. Daftar film lainnya mungkin bisa dilihat di Imdb.com

Oke, kembali ke rencana tema awal. Genre Film. Apa sih genre film? Genre film itu adalah bentuk, kategori atau klasifikasi tertentu dari beberapa film yang memiliki kesamaan bentuk, latar, tema, suasana dan lainnya. Jadi dari situ kita bisa membedakan jenis genre film yang satu dengan film yang lain. Terus genre film itu ada berapa banyak, ya, macamnya? Banyak, kurang lebih 15-an lah (monggo dikoreksi kalau salah :0). Tapi di sini saya akan bahas beberapa yang kebanyakan tayang saja, sih.

Berikut beberapa genre film yang akan saya bahas:

Action (Aksi)
Genre film yang di dalamnya banyak melibatkan gerakan-gerakan dinamis, misal kayak baku-hantam, perang, pukul-pukulan, dan pergerakan serupa lainnya. Kalau dulu, sih, pemeran dalam film ber-genre action ini kebanyakan laki-laki, tapi sekarang, pemeran wanita dalam genre action juga nggak kalah banyak. Mungkin si pembuat film takut terkena pasal tentang emansipasi wanita kali, ya.. (ngelantur aja terus, mba)

Sci-Fi (Sains-Fiksi)
Sci-Fi ini merupakan genre film yang memadukan antara cerita sains dan fiksi, alur cerita yang menggambarkan tentang dunia ilmu pengetahuan yang "kurang bisa" diterima oleh akal sehat manusia saat ini. Tapi mungkin ya, mungkin.. ilmu-ilmu itu bisa menjadi nyata di masa depan. Mungkin..

Fantasy (Fantasi)
Genre film yang penuh dengan imajinasi dalam alur ceritanya, kisah yang biasanya menceritakan tentang suatu Negeri Antah Barantah yang nggak jelas keberadaannya, dengan penghuni yang masing-masing memiliki imajinasi jauh di luar nalar manusia normal. Jujur saya agak bingung antara Sci-Fi dan Fantasy ini. Hampir-hampir mirip sih, kalau menurut saya.

Adventure (Petualangan)
Adventure, genre film yang menceritakan tentang petualangan-petualangan yang kadang dalam alur ceritanya terdapat misteri atau semacam teka-teki yang harus dipecahkan. Yah, kurang lebih seperti itu, lah, ya.

Nah, 4 jenis genre film yang saya deskripsikan di atas hanya sebagian kecilnya saja, karena masih ada genre romance, family, drama, dan lain sebagainya. Tapi kenapa saya cuma menyebutkan 4 genre film tersebut? Karena menurut saya pribadi, keempat genre film di atas yang paling susah buat dibedakan, misalnya antara Sci-fi, Fantasy dan Adventure. Dari ketiga genre itu juga kadang muncul beberapa makhluk antah barantah yang rasa-rasanya mustahil bin mustahal banget kalau beneran hidup di dunia ini.

Baiklah, sekian postingan dari saya kali ini, dan monggo silakan kalau ada yang mau koreksi atau menambahkan penjelasan tentang genre film di postingan yang kurang lengkap ini. Dadahbyebye ~~

6 comments:

  1. Wah aku suka semua genre yang ditulis di tulisan ini hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Action, fantasi, sci-fi, semua film yang masuk dalam genre-genre itu pada keren!

      Delete
  2. Baru tahu genre film ternyata cuman berkisar dari sini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya masih banyak lagi, Mbak.. Ini cuma beberapa dari genre yang saya suka. ^^

      Delete
  3. Replies
    1. Eh, kan udah rilis... Link download-nya, pun. ~ *nulis sambil bisik-bisik*

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com