Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Memasang Speed Dial Add-ons Mozilla Firefox.

with 5 comments
Mozilla Firefox, ada yang masih pakai Mozilla nggak, kalau browsing? Sekarang kan banyak banget pesaingnya tuh, mulai dari Chrome, Opera Mini, Spark dan browser-browser lainnya. Kalau saya biasanya pake Chrome, tapi beberapa hari ini saya kembali memaksimalkan pemakaian Mozilla yang sudah ter-install rapi di laptop, kasihan juga dia kalau terlalu lama sendiri tanpa ada yang menemani #halah. Jadi mau-nggak mau saya harus "menyambanginya", nah, karena saya sudah memutuskan untuk menggunakannya lagi.. otomatis saya juga harus mengatur interface, mulai dari tata letak, ekstensi yang dibutuhkan dan beberapa fitur lainnya agar jadi senyaman mungkin, biar pas dipakai browsing juga nggak bikin bosan dan sesuai dengan harapan.

Memasang Speed Dial Adds-on Mozilla Firefox.
Tampilan Speed Dial Saya


Jadi hal pertama yang harus saya lakukan adalah.. mengatur tampilan tab biar saya bisa langsung klik link yang saya inginkan dengan cepat, seperti waktu saya pakai chrome atau opera mobile, di sini berarti saya harus memasang speed dial add-ons di Mozilla. Masalahnya.. Saking lamanya saya nggak utak-atik Mozilla, alhasil saya kebingungan sendiri pas mau masang speed dial add-ons di Mozilla. Setelah agak lama saya grepein Mozilla, akhirnya saya bisa tahu cara pasang Speed Dial Add-ons di Mozilla, ternyata nggak beda-beda jauh sama chrome. Begini, nih, caranya..

Memasang Speed Dial Add-ons Mozilla Firefox.
Memasang Speed Dial Add-ons Mozilla Firefox.
Pilihan Menu Add-ons
Klik pilihan menu yang ada di pojok kanan atas, biasanya ada di bawah pilihan close. Nah setelah keluar pilihan menunya tinggal pilih ikon Add-ons, setelah masuk di laman Add-ons, kita tinggal ketikkan Speed Dial atau keyword ekstensi lain yang ingin dipasang di kotak pencarian yang ada di pojok kanan atas laman. Di laman tersebut akan muncul beberapa pilihan ekstensi speed dial, pilih salah satu yang sekiranya menarik dan sesuai, kemudian langsung aja klik ikon instal yang ada di sebelah kanan speed dial yang dipilih tadi, speed dial akan secara otomatis ter-unduh dan terpasang di Mozilla. Udah kayak milih jodoh aja, ya? Harus yang menarik dan sesuai. Biar nggak ribet belakangnya nanti. Ihiks. 

Memasang Speed Dial Add-ons Mozilla Firefox.
Kotak Pencarian pada Laman Add-ons
Nah.. Kalau ekstensi Speed Dial sudah terpasang, kotak-kotak speed dialnya bisa disesuaikan dengan keinginan pemakai, misal mau menentukan link yang akan dipasang, tinggal klik kotak dengan ikon + di tengahnya, kemudian akan keluar jendela "Create/Modify Dia" ketikkan link yang diinginkan dan klik "create dial" yang ada di pojok kanan bawah jendela. Selain itu, pengaturan lain juga bisa di sesuaikan  dengan mengatur menu bawaan dari speed dial yang sudah terpasang tadi.

Memasang Speed Dial Add-ons Mozilla Firefox.
Jendela Create/Modify Dial dan Menu Pengaturan
Memang agak ribet sih, kalau cuma baca teorinya, tapi sebenarnya prosesnya mudah, kok... mending langsung dipraktekkan aja. Barangkali dari pembaca ada yang mau nyoba?

5 comments:

  1. Wah dulu saya pengguna browser Firefox, tetap sekarang sudah pindah ke lain hati hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini malah saya kembali CLBK sama Firefox loh, mas. :D

      Delete
  2. aku pakai palemoon (fork-nya mozilla deh kayaknya ya.). Btw, mbak elisa... templatenya mirip banget ma punyaku hehe... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak MIrana..
      Wah.. nanti coba cari palemoon juga, ah. makasih ya mbak infonya.
      templatenya simple banget kan mbak.. jadi selera kita hampir sama dong.. *toss.

      Delete
  3. kalo buat googlecrom ada gak ini

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com