Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Kemeriahan Tujuh Belasan #RI70

with 4 comments
Hari kemerdekaan 17 Agustus sudah lewat, tapi kemeriahan-kemeriahan dalam memperingati hari kemerdekaan sampai saat ini belum juga usai, mulai dari lomba-lomba khas hari kemerdekaan sampai dengan karnaval-karnaval di setiap desa, kecamatan, dan kota. Di desa saya sendiri selama tiga hari berturut-turut ramai dengan kegiatan lomba yang wajib diikuti oleh satu sampai dua orang per-rumah, yang mengikuti lomba tersebut pun bebas, mulai dari anak TK sampai orang-orang dewasa. Lomba yang diadakan antara lain, lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, lomba tangkap belut, dan beberapa lomba khas kemerdekaan lainnya. Sayang belum ada lomba panjat pinang, masalahnya.. panitia sekaligus pesertanya masih bingung, masak belum dipinang sudah dipanjat duluan #apeu.

Karnaval 17 Agustus




Dan puncak dari kegiatan lomba tersebut adalah tadi malam, di mana setiap peserta bersorak gembira ketika namanya disebut dan dinyatakan sebaga juara oleh panitia. Sayang, selama perlombaan saya tidak bisa mendokumentasikan gambar sama sekali, karena saya sendiri tidak mengikuti jalannya perlombaan, ya.. lomba-lomba tersebut diadakan pada malam hari, dengan alasan.. kalau siang panas, dan kalau pagi warga masih hibuk dengan pekerjaan masing-masing.. sedangkan kalau malam, saya harus menjaga debay yang baru berusia dua bulan dan tentunya masih belum boleh keluar malam (nurut kata orang tua saja lah, ya). Untungnya.. jarak lokasi yang dijadikan sebagai tempat lomba terbilang dekat dengan rumah saya, alhasil saya masih bisa mengikuti kemeriahan lomba tersebut melalui suara sorak yang terdengar sampai rumah saya.

Karnaval 17 Agustus


Selain lomba-lomba khas kemerdekaan tersebut, kegiatan karnaval pun tidak kalah seru, mulai dari kostum yang identik dengan pakaian adat yang digunakan, semangat para peserta untuk mengikuti karnaval, dan macet yang membuat pengendara pasrah berpanas-panasan demi kegiatan yang diadakan setahun sekali ini. Eits.. lihat orang berpanas-panasan karena macet itu juga kadang seru, loh *disambit. Berikut beberapa gambar yang berhasil saya abadikan saat karnaval berlangsung di desa saya kemarin.

Karnaval 17 Agustus
Hasil karya ibu-ibu dan bapak-bapak yang biasanya bikin lembur demi setahun sekali.


Karnaval 17 Agustus
Hasil Alam dengan Singkongnya yang besar vs Hasil Laut dengan perahunya yang nyasar di jalan raya #apeu

Dan itulah beberapa gambar yang "lumayan lah, ya" dari sekian puluh gambar yang berhasil saya abadikan. Maklum bukan tukang foto yang sebenarnya *tutup muka*. Lalu.. Bagaimana kemeriahan tujuh belasan di daerah kalian?

4 comments:

  1. Sama Mak, di kampungku juga ada karnaval macam ini. Seru ya liat dekor hasil kreasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. aku juga sempat dekor-dekor becak buat anak dan adikku, meski pengerjaannya harus ekstra tenaga, tapi kalau sudah lihat hasil akhirnya, rasanya lelah pun terbayar. *lah curhat*

      Delete
  2. di daerah saya juga diadakan lomba mba... tapi tetep panjat pinang yg paling diminati oleh warga. mungkin ini sudah menjadi ciri khas perayaan 17 agustus di seluruh indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang di tempatku nggak ada mbak. :( Padahal panjat pinang kan lomba yang paling khas 17 an.

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com