Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Tren Blogger Indonesia 2016: Monetize Your Blog!

with 45 comments

Liga Blogger Indonesia 2016: Tren Blogger Indonesia 2016 - Monetize Your Blog!

"Nggg.. Monetize Blog? Memangnya itu apa?" Tanya saya yang memang belum tahu apa itu monetize blog. "Monetize blog itu semacam menghasilkan uang dari blog, Mbak.. Dan sepertinya bakalan jadi Tren Blogger Indonesia di tahun 2016 ini."  salah satu chat dari anggota komunitas blogger, masuk di grup WhatsApp yang sedang ada obrolan random.

"Misalnya apa, Mbak?" "Caranya gimana?" "Oh, jadi monetize blog sudah jadi Tren Blogger Indonesia tahun 2016 ini, ya? Memang belakangan banyak yang mengarah ke sana, sih." Pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam fikiran saya langsung terwakili oleh chat-chat anggota lain yang sama keponya dengan saya. Selang beberapa menit belum juga ada yang menjawab pertanyaan yang masuk, dengan penuh antusias saya memantau obrolan malam itu, obrolan yang syarat informasi tentang dunia blogging, dunia yang saat ini sedang saya geluti.


"Sebenernya banyak cara kita untuk mengikuti Tren Blogger Indonesia di Tahun 2016 ini, salah satunya adalah tren menghasilkan uang dari blog, caranya bisa dengan memasang banner iklan di blog..." ah, akhirnya ada juga yang menjawab, "... jadi dari banner iklan yang sudah dipasang di blog, blogger bisa mendapatkan uang kalau ada yang klik banner tersebut, begitu." "Caranya cuma itu saja, Mbak?" Reflek saya menanyakan hal tersebut. "Enggak, dong... " chat yang saya tunggu akhirnya masuk juga setelah begitu lama kata "typing.." Bergelayut di atas laman WhatsApp, "... Selain pasang banner iklan, blogger juga bisa mendapat uang dari tulisan berbayar, bahasa kerennya Job Review, Paid Promote atau Sponsored Content, jadi blogger diminta membuat tulisan yang mengulas tentang suatu produk dan nantinya dari tulisan tersebut blogger akan mendapatkan benefit/fee." Nggak berhenti di situ, anggota lain juga menambahkan "atau.. Bisa dengan menghadiri undangan yang kebanyakan sekarang melibatkan blogger, entah itu press release gadget, toko online, e commerce, atau berbagai seminar yang saat ini seringkali diadakan oleh instansi pemerintah ataupun swasta." Saya berfikir sejenak, menghadiri undangan seperti itu memang bisa dapat uang? Syukur-syukur sudah diundang. Belum selesai kalimat-kalimat ganjal bertebaran memenuhi isi kepala saya, tiba-tiba satu chat masuk dan dengan tegas menuliskan "Nanti di sana biasanya blogger bakal dapat goodie bag, bahkan kadang si goodie bag ini isinya nggak tanggung-tanggung, gadget baru, Cyin..." Saya semakin dibuat mupeng oleh obrolan malam itu.

Liga Blogger Indonesia 2016: Tren Blogger Indonesia 2016 - Monetize Your Blog!

"Aku kok nggak pernah dapat undangan sih, Mbak.. Apalagi yang job review-job review itu.. Ngenes banget, deh :(" "Yah.. Aku nggak bisa ngikutin Tren Blogger Indonesia Tahun 2016, dong :(" "Sudahlah, Mbak.. Blogger remahan regina mah apa atuh.. :(" "Rengginang woyyyy" suasana semakin membaur dengan guyonan dari anggota yang belum pernah mendapat kesempatan-kesempatan emas tersebut.

"Yang belum dapat kesempatan tersebut, mungkin bisa mencoba untuk bergabung dan aktif di setiap obrolan komunitas-komunitas blogger yang sudah semakin berkembang sekarang ini, biasanya brand yang akan memberi job review atau pihak yang akan memberikan undangan, itu lebih fokus ke komunitasnya langsung. Jadi blogger akan dapat update dari pengurus komunitasnya. Dan kemungkinan besar blogger juga bakal update Tren Blogger Indonesia di tahun 2016 dan tahun-tahun berikutnya." Chat yang berisi Saran dari salah seorang anggota yang sudah melanglang buana di dunia blogging pun masuk. Ternyata Begitu banyak informasi yang saya dapat malam ini, rasanya sayang kalau saya menuruti panggilan alam yang menerpa saya.

Saya masih menunggu tanggapan dari 69 anggota lainnya sambil menahan rasa kantuk, dan benar saja, obrolan tentang monetize blog yang katanya akan menjadi Tren Blogger Indonesia tahun 2016 ini, memang nggak pernah ada habisnya. "Ssstt.. Selain cara monetize blog yang sudah disebutkan di atas, sebenernya ada lagi yang lebih fenomenal. Yap! Google AdSense buat yang pakai platform blogspot dan WordAds buat yang menggunakan platform wordppress. Caranya? Tar kalau eik sudah di approve, eik bikin deh postingannya. Iya. Belum dapat approval dari AdSense :(.. Eits.. Jangan lupa juga, yes.. Selain tips-tips yang sudah disebutkan di atas, blogger juga harus bisa menghasilkan konten yang berkualitas, Domain Authority sama Alexa Rank-nya jangan lupa diurusin juga. Soalnya itu juga biasa dijadikan pertimbangan sama pihak brand, gitu." Wait. Domain Authority, Alexa Rank, rasanya kepala saya mulai memanas. Sejenak saya meninggalkan obrolan tersebut untuk membuka twitter, facebook, instagram, secara bergantian, tiga sosial media yang sangat membantu saya dalam mempromosikan tulisan yang saya posting di Lifestyle Blogger.


Liga Blogger Indonesia 2016: Tren Blogger Indonesia 2016 - Monetize Your Blog!

Sisa hujan tadi sore meninggalkan udara dingin malam ini. Sambil menunggu air yang saya masak untuk menyeduh secangkir kopi benar-benar mendidih, saya melanjutkan keasikan saya dengan menikmati celoteh-coleteh para pengguna sosial media yang kadang nyleneh. "Tuing" Ah, iya.. Saya lupa kalau sedang meninggalkan obrolan di grup WhatsApp.

"Test.. Test.. Koneksi Internet jangan dilupain juga keleesss.. Job review numpuk, banner iklan banyak yang klik, liputan undangan bejibun, AdSense di-approve, kalau koneksi internetnya ngadat begimane, Booo? Jangan ngarep juga bisa ngikutin Tren Blogger Indonesia tahun 2016 ini, mau ngeblog pake apa coba?" Saya geli membaca chat tersebut, keberagaman yang unik, lucu sekaligus membahagiakan. "Tapi kan sekarang sudah banyak kota di Indonesia yang menerapkan konsep smart city.. Jadi selain informasi yang bisa didapat secara cepat dan tepat, blogger nggak perlu khawatir lah soal koneksi internet." Too much Info, akhirnya saya nimbrung juga untuk menanyakan apa itu konsep smart city. Ternyata konsep smart city itu konsep kota pintar yang nantinya semua kegiatan di kota tersebut akan menggunakan sistim online. Benar saja tadi ada yang bilang "Nggak perlu khawatir soal internet" jelas kota yang berkonsep smart city memiliki kecepatan internet layaknya Bus Patas atau malah Bus Lintas Sumatra.

Baiklah, obrolan ini sepertinya mulai meluber ke mana-mana. Dan rasanya saya sudah nggak kuat menahan beban satu ton yang bergelantungan di kelopak mata saya. Saya harus istirahat. "Saya pamit tidur dulu ya, Teman-teman.. Mata udah berair, nih.. Besok siap manjat, deh ;)" Saya pun lebih dulu meninggalkan obrolan tentang Monetize Blog yang saya sendiri yakin akan jadi Tren Blogger Indonesia tahun 2016 ini. Entah dengan cara apapun itu, selama halal kenapa enggak? :)

Sumber gambar: Designerspics.com

Sincerely,


Liga Blogger Indonesia 2016: Tren Blogger Indonesia 2016 - Monetize Your Blog!

. . .

45 komentar:

  1. Balasan
    1. Wah.. Saya belum faham betul, Mbak.. Masih belajar juga. :|

      Hapus
  2. Oh gitu, ya. Baru tahu nih. :D Jadi mupeng juga biar dapat job review, haha. Aktif lah ya berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dari komunitas sering update info sih, Mbak.. Nimbrung aja kalau lagi ngobrol-ngobrol. :)

      Hapus
  3. Pengin ngerasain job review atau diundang juga deh, tapi DA masih kurang dari 20 heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama lah, Marfa.. DA ku malah masih imut-imut. Hehehe :D

      Hapus
  4. DA PA apalah itu,, memusingkan yak,, hahah,, Iyap biar dapat job review memang harus bergabung dengan komunitas blogger di tiap daerah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cuma job review, Mas.. Info bermanfaat lain pun banyak yang bisa didapat dari komunitas :)

      Hapus
  5. Pokoke semangat update blog, bagi konten yang positif dan rajin blogwalking aja yuk.

    twitter @nurulrahma
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Sebenernya saya kurang bisa ngatur waktu antara balas komen dan bw balik. Tapi sekarang ini mulai coba sedikit-sedikit. Yang penting semangat, Kakak :D

      Hapus
  6. Monetize ya? Kalo mau monetize sih menurut saya ya kualitas teknis dan non-teknis nya diperbaiki dahulu. Semangat! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan, tampilan blog dan pengaturan soal kode-kode blog memang sangat berpengaruh. Saya juga masih harus banyak belajar. Semangat :D

      Hapus
  7. Some how, trend bogger 2016...sptnya blog tema gado-gado masih jadi incaran *tunjuk diri sendiri*

    Pengen sih bikin blog dgn niche tertentu, tp blm aktif. Br sbts bikin blognya, isinya msh blank. #UPS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup niche gado-gadooo!

      Saya belum punya pandangan buat bikin niche tertentu, Mbak.. Baru fokus nempel ke Lifestyle :D

      Hapus
  8. Saya fokus pada besok siap2 manjat ? Maksudnya apa yah #sokpolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya Mas Irwin benar-benar gagal fokus, deh. Minum Akua dulu, Mas. Atau baca ulang.. Hahahah ;D

      Hapus
    2. minta dibeliin akua tapi dapetnya leak mineral :D

      Hapus
    3. Apa? Minta dibawa ke KUA #eh :)))

      Hapus
  9. Yuk, belajar bareng mengoptimasi blog kita agar bisa monetizing it, yuk! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banyak-banyak belajar sama Mbak Al, nih. ^^

      Hapus
  10. Pengen banget sih seperti mereka yang bisa menghasilkan sesuatu dari blognya, tapi kalau sayah mah, fokus di nulis dan posting aja deh, soalnya masih suka males-malesan posting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih males-malesan posting, Mbak.. Tapi itu dulu.. Sekarang agak diseriusin ngeblognya, ya meskipun kontennya belum bisa yang keren-keren amat. :D

      Hapus
  11. waduh, jadi kepikiran gimana caranya monetize blog saya, buka buka tutorial ah hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ketemu belum tutorialnya? Sini bagi ilmunya.. heheheh ^^

      Hapus
  12. hidup gado-gado. eh,

    smart city itu de yang menarik banget. mudahmudahan bisa diterapkan dengan baik oleh pihak yang berwenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup Gado-gadooooo! Heheheh..

      Di tempatku, sih, belum ada itu, Mbak, smart city begituan.. Maklum orang pinggiran. ^^

      Hapus
  13. Dan aku mah apa atuh baru tertarik ngeblog di akhir tahun 2015. Isi blognya masih lebih banyak curhat. Masih personal belum bertema. Mungkin perlu beberapa tahun lagi untuk mengerti dan memahami DA, Alexa Rank dan lain sebagainya. Jadi belum bisa mengikuti tren monetize blog :)

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Yang baru itu biasanya yang semangatnya masih membara, Mbak.. Saya juga masih sering nulis yang berbau curhat, Mbak.

      Hapus
  14. Wah. Mantap mbak ulasan tren blog 2016 nya. Monetizing memang sepertinya booming n jd alasan blogger baru muncul.
    Hrs diimbangi dg kesabaran mbak kl udah bicara itu.
    Salam kenal ya mbak - tips blogginh Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Harus sabar, prosesnya lumayan bikin greget. Hehehe :D

      Salam kenal juga, Mas/Mbak :))

      Hapus
  15. Hhihihi. Dulu sempet kepikiran untuk menghasilkan uang dari blog, tapi ternyata memang butuh effort yang besar untuk melakukannya. Berhubung aku sampai sekarng masih suka-suka nulisnya, jadi gak mau maksakeun diri deh.
    Tapiii, suatu saat ini bisa dicoba.


    @khoirinaannisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya lagi mencoba, Mbak. Hehehe, ya berusaha semaksimal mungkin lah, apapun hasilnya. :)

      Hapus
  16. jadi pengen meng-uang-kan blog gue setelah membaca postingan diatas,,
    :D
    @aleksdejavu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari ramai-ramai meng-uang-kan blog. Tapi jangan lupa konten blog juga diperhatikan. :)

      Hapus
  17. dapet penghasilan dari blog emang menggoda banget kedengarannya. tapi kalau saya di tahun 2016 ini mungkin masih berkutat di disiplin posting dulu. soalnya saya masih labil postingnya. lagi rajin bisa sering, lagi nggak mood ya sawangan blognya hehheee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mood seperti itu sudah melandaku di tahun 2015, Mbak.. Insya Allah tahun 2016 ini mau lebih giat update post dulu. :)

      Hapus
  18. Monetize blog emang selalu gak ada matinya sampai kapanpun. Termasuk bahas trafik dan SEO. Apapun itu yang penting konsisten ngeblog, Insya Allah rejeki adaa ajaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting usahanya ya, Mbak.. Rejeki sih sudah ada yang ngatur. :)

      Hapus
  19. eik kaget disini rame banjet....
    saran ya, tumats word in wan paragrap, buat mata capek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayak pasar. Ramai. Btw, Mas, sarannya saya terima, tapi saya kurang jelas sama bahasanya. Bisa diperjelas? :(

      *pijitin matanya*

      Hapus
  20. Jarang dapat undangan & blm pernah dpt fee dari jon review
    *tutupmuka🙈
    Moga kesuksesannya bisa menular y mba :D

    BalasHapus
  21. Perkiraanku kok job review malah bergeser ke trend baru, ya.
    Entahlah... monetize blog sudah ada sejak zaman pertama blog tercipta, dan job review dah jadi trend 2014-2015. Kalau tahun ini sama... berarti tak banyak berkembang.

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .