Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Tips Membeli Rumah dengan KPR FLPP - Program Subsidi Pemerintah

with 14 comments
Tips Membeli Rumah dengan KPR FLPP - Program Subsidi Pemerintah

Seiring dengan angka pertumbuhan manusia, tingkat kebutuhan akan hunian pun semakin berkembang. Ini yang menjadikan developer real estate mulai berlomba membebaskan lahan untuk dijadikan sebagai perumahan. Perumahan sendiri banyak jenisnya, mulai dari jenis RSH untuk kalangan menengah, sampai dengan jenis Residence untuk kalangan atas atau dalam istilah kerennya disebut kaum elit politik. Harga maksimal untuk RSH atau rumah yang memperoleh KPR FLPP - subsidi pemerintah di Jawa Timur per bulan Januari 2016 adalah 116 Jt dengan minimal downpayment 1% dari harga jual, dan karena ini adalah Rumah dengan KPR FLPP atau bantuan subsidi dari pemerintah, jadi angsuran tiap bulannya pun sangat ringan dengan menggunakan bunga 5% flat selama masa angsuran.

Tapi.. Ada tapinya. User (calon pembeli) harus tetap tanggap dalam menentukan rumah subsidi yang akan dibeli. Dalam tulisan ini, Saya akan sedikit memberi beberapa tips membeli rumah dengan KPR FLPP atau subsidi dari pemerintah.

Perencanaan Biaya
Harga rumah subsidi memang terbilang murah. Ya.. karena program tersebut memang ditujukan untuk kalangan menengah. Dengan uang muka 1% tentunya persiapan keuangan akan lebih ringan, tapi.. nggak semua developer menggunakan patokan tersebut, misal seperti di tempat kerja saya yang menerapkan uang muka minimal 10% dari harga jual. Perlu diingat juga, bahwa dari harga jual tertera ada yang include atau exclude untuk biaya lainnya. Biaya lain seperti apa? Misal untuk biaya Adm. pengurusan KPR, BPHTB, Biaya balik nama sertifikat, dan biaya-biaya lain yang diberlakukan masing-masing developer.

Menentukan Type Rumah
Type rumah subsidi seperti apa yang akan dipilih? Di sini rumah subsidi biasanya menggunakan patokan type 30-72 sampai dengan type 36-84. Tentunya masing-masing type memiliki harga yang berbeda. Sesuaikan biaya yang sudah direncanakan dengan uang muka yang ditawarkan oleh pihak developer. Jadi nggak perlu keteteran lagi kalau tiba jatuh tempo pembayaran.

Mengumpulkan Informasi yang Akurat
Setelah menentukan type rumah, pastikan apa saja yang kita dapat dari harga dan uang muka yang sudah dibayar tersebut. Misal, nantinya Sertifikat rumah masih dalam tingkat SHGB atau SHM. Apakah biaya pemasangan saluran air dan listrik sudah termasuk harga jual. Bagaimana proses pengajuan kredit selanjutnya, apa saja syarat yang harus dipenuhi, dan jangan lupa juga untuk memastikan sanksi seperti apa jika kemudian hari terjadi hal yang nggak diinginkan, misal pembatalan pembelian rumah akibat ditolaknya permohonan KPR FLPP atau pembatalan sepihak dari user.

Ikut Andil dalam Progres Pembangunan Rumah
Dalam hal ini, bukan berarti pihak user ikut serta dalam proses pembangunan rumah. Tapi, untuk hasil bangunan rumah yang sesuai dengan keinginan, ada baiknya user ikut serta dalam memantau progres pembangunan rumahnya. Hal tersebut akan meminimalisir adanya kesalah fahaman antara pihak developer dan user karena ketika ada progres bangunan yang nggak sesuai, pihak user bisa langsung menyampaikan ke pihak developer atau kontraktor terkait untuk segera diperbaiki.

Rumah merupakan kebutuhan primer dan nilai investasi yang kian hari kian bernilai tinggi. Jadi, nggak perlu berfikir panjang lagi untuk menyusun perencanaan pembelian rumah dengan memanfaatkan beberapa tips yang sudah saya tulis di atas, misalnya.. Apalagi saat ini pemerintah juga mendukung adanya rumah dengan KPR FLPP yang menawarkan uang muka dan angsuran yang serba ringan.. Yuk, ah, nabung buat beli rumah.. *Unfollow semua akun online shop*


Sincerely,

Tips Membeli Rumah dengan KPR FLPP - Program Subsidi Pemerintah

14 comments:

  1. Kata-kata terakhirnya bener banget. *ikutan unfollow akun online shop*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam kesenangan yang kian lama semakin menyesatkan :|

      Delete
  2. alahamdulillah Mb, sudah punya rumah

    ma kasih infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, Mba.. Barangkali ada niatan nambah buat investasi juga bisa lo, Mba.. *sodorin pricelist* XD

      Delete
  3. bahaha unfollow ya mba :D
    bukmark dulu ah..
    info penting kalau mau beli rumah
    makasih mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh... Ada Buibu online shop. Hehehe..

      Semoga bermanfaat ya, Mba.. :)

      Delete
  4. Belum kepikiran buat beli rumah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau udah kepikiran buat beli bekabar ya, Mba.. Biar Aku email pricelist-nya #lah :D

      Delete
  5. Hihihi... Unfollow semua akun ol shop. Aduuuh... Kalau ol shop jualan buku susah buat di unfol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Saya dari bulan oktober lalu udah hiatus sama olshop buku, Mba.. Padahal kalau ada buku baru gitu mupeng buanget. :(

      Delete
  6. "Unfollow" kata terakhir yang sarat makna, boleh juga tuh,,, save ah!! Kalau KPR menggunakan ASABRI bisa tidak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asabri sama jamsostek bisa, Mas. Cuma ada juga developer yang nggak menerapkan fasilitas tersebut.

      Delete
  7. Saya kemarin lihat2 rumah bersubsidi di daerah Tangerang. Sudah survei lokasi Juga.
    Ternyata yg saya datangi itu agent properti bukan developer nya langsung. Jd saya agak ragu2, hiksss

    ReplyDelete
  8. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup, pinjaman alternatif. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Ini terlihat tidak lebih, karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di tingkat bisnis mereka dari 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan keuangan, dan akan siap untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail: (nellyperious@gmail.com)

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com