Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.

with 18 comments
 ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.


Asus Zenfone 2 ZE550ML. Kayaknya brand Asus ini nggak ada henti-hentinya bikin kita, para gadgeters, berdecak kagum. Ya masak hampir tiap bulan selaluuuu saja ada varian smarphone baru yang dirilisnya. Dan lagi nih, ya, smartphone tersebut rata-rata memiliki spesifikasi membahana dengan harga jauh di bawah smartphone dengan spesifikasi serupa kebanyakan. Baiklah, sepertinya ini opening agak berlebihan. Daripada dibilang lebay, mending saya mulai dari pembahasan yang ringan-ringan dulu. Oke?

Begini, saya ini heran, kenapa, sih, Asus gencar banget ngeluarin varian baru untuk seri Zenfone miliknya? Bahkan belakangan, nggak sedikit pengguna smartphone yang hijrah dari produk kompetitor dan lebih memilih menggunakan seri Zenfone milik Asus, tentunya saya nggak asal bikin pernyataan, ya, ini menurut obrolan yang sering saya temui di beberapa media sosial, seperti grup whatsapp, twitter, dan bahkan obrolan bersama teman blogger juga, kalau bahas smartphone, Zenfone selalu berada dalam daftar obrolan tersebut. Dan lagi.. kalau yang muncul di laman pencarian google kebanyakan mengulas tentang spesifikasi Zenfone dengan rating tinggi, merupakan sesuatu yang lumrah, kalau banyak pengguna smartphone yang berhijrah dari produk smartphone kompetitor dan kemudian menambatkan hatinya di Zenfone 2 dari asus. Apalagi dengan anggaran yang terjangkau, pengguna sudah bisa memiliki salah satu smartphone Asus seri Zenfone tersebut. Misal nih, Asus Zenfone 2 ZE550ML, produk terbaru dari asus yang (katanya) memiliki performa setara notebook dengan bandrol Rp. 2.599.000,- nilai yang lumayan jauh di bawah harga notebook itu sendiri.

 ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.


Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, saya bakal bahas yang ringan-ringan lebih dulu, mulai dari pengalaman saya selama menggunakan produk Asus: Fonepad 7, yang dilanjutkan dengan bahasan beberapa kecanggihan prosesor serta fitur yang dimiliki oleh Asus Zenfone 2 ZE550ML, sesuai dengan info dari sumber terpercaya, yakni website resmi milik asus sendiri.
Kemudahan, Kelengkapan, dan Kecanggihan Fitur dari ZenUI
User Interface ZenUI. Pengguna produk Asus pasti sudah tahu dong, ya, bagaimana ZenUI ini begitu memanjakan kita para pengguna dengan 3K yang dimilikinya; kemudahan, kelengkapan, dan kecanggihan fitur ZenUI. Sejauh pengalaman saya menggunakan produk dari Asus: Fonepad 7, saya sering terbantu dengan fitur dari ZenUI. Fitur-fitur tersebut meliputi:

  ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.
  • Do It Later, dari fitur ini saya bisa mencatat apa saja agenda yang harus saya kerjakan. Misal waktu acara tasyakuran khitan krucil saya tanggal 19 Maret besok, saya nggak perlu khawatir kelewat tenggang pembayaran souvenir, snack, akomodasi seperti pembayaran dp sewa jasa hiburan, pesulap, mc, atau sewa tenda, semua bisa dijadwalkan dengan mudah. Bahkan saya juga bisa menghubungi penyedia jasa langsung melalui fitur Do It Later dengan setelan Aplikasi khusus Panggilan. Tentunya, Do It Later akan siap sedia mengingatkan saya, hari, tanggal, serta pukul berapa saja saya harus melakukan pembayaran-pembayaran tersebut, sesuai alarm yang saya pasang. Yang pasti, fitur ini cocok banget buat orang-orang yang kadang mendadak jadi pelupa kalau lagi hectic macam saya. 
  • Manager Pengaktifan Otomatis, pengguna bisa menyesuaikan serta mengatur aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk berjalan; memiliki aktifitas, di latar belakang, meskipun nggak sedang digunakan. Tentunya fitur ini akan sangat membantu dalam proses loading gadget, karena dengan mengatur aktifitas aplikasi sesuai keperluan, gadget nggak bakal makan banyak stok RAM yang selama ini berperan penting dalam kelangsungan aktifitas gadget. Nggak jarang juga gadget mengalami "hang" akibat banyaknya aktifitas aplikasi di latar belakang. Seperti waktu saya membuat banner tasyakuran krucil menggunakan aplikasi photo editor yang biasanya memerlukan ruang "longgar", untuk menghindari aplikasi berjalan lambat dan berujung gadget jadi hang, saya menyesuaikan aplikasi mana saja yang perlu/nggak perlu saya izinkan untuk memiliki aktifitas di latar belakang melalui Manager Pengaktifan Otomatis. Alhasil saya bisa leluasa melakukan edit-edit gambar untuk banner tasyakuran.
  • Power Saver,  dengan penggunaan yang maksimal karena banyaknya fitur kaya manfaat, tentunya akan menguras banyak energi baterai. Asus menyediakan fitur power saver bagi pengguna. Fitur yang memungkinkan saya untuk menentukan mode baterai seperti apa yang sesuai dengan penggunaan. Misal seperti Ultra-Saving Mode yang bisa mengontrol pemakaian aplikasi, baterai serta data selular  agar nggak berkurang terus menerus. Optimized Mode yang membiarkan gadget berjalan normal: yakni tanpa kontrol otomatis untuk pemakaian data seluler, aplikasi, dan tentunya pemakaian baterai itu sendiri. Dan terakhir adalah Customized Mode: mode yang menyesuaikan daya hidup baterai, dalam hal ini, pengguna akan memperoleh notifikasi ketika baterai sudah tersisa 15%, penyesuaian kontras ketika baterai mencapai 80%, serta auto-disconnection ketika gadget dalam keadaan "sleep" dan akan kembali terkoneksi saat gadget sudah menyala. Dari tiga pilihan mode di atas, saya biasa menggunakan Ultra-Save Mode agar bisa mengontrol pemakaian aplikasi serta data seluler sehingga lebih menghemat pemakaian baterai.
Asus Zenfone 2 ZE550ML dengan 4 Fitur Terbarunya
Selain ketiga fitur di atas yang sangat membantu kegiatan saya sehari-hari, Zen UI dari asus juga menyuguhkan beberapa fitur baru untuk menambah pengalaman pengguna dalam menggunakan Zenfone 2 ZE550ML. Beberapa fitur tersebut adalah:
 ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.

  • ZenMotion. Fitur terbaru dari ASUS ZenFone 2. Terdapat dua cara dalam menggunakan fitur ZenMotion ini, yakni Motion Gesture dan Touch Gesture. Pertama saya akan memberi sedikit gambaran tentang penggunaan Motion Gesture; misalnya, saat pengguna sedang asyik browsing dan menemukan konten artikel menarik tapi saat itu juga pengguna sedang malas membacanya, dengan hanya menggoyangkan ZenFone 2 dalam genggamannya, maka secara otomatis sistem akan membuat screenshot dan halaman konten artikel juga akan tersimpan dalam fitur Do It Later. Ketika semangat membaca sudah berkobar, pengguna bisa mebuka Do It Later dan melanjutkan melihat serta membaca konten artikel yang sudah disimpan tadi. Dan yang kedua adalah Touch Gesture; pengguna bisa menyalakan Zenfone 2 yang berada dalam kondisi sleep dengan hanya menyentuh dua kali pada layar Zenfone. Bahkan saat Zenfone dalam kondisi sleep, pengguna bisa menulis huruf tertentu dengan jari pada layar Zenfone, dan aplikasi yang diinginkan akan secara otomatis terbuka. Huruf-huruf tersebut bisa dilihat di website asus kategori support
 ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.


  • KIds Mode. Fitur terbaru lainnya yang dihadirkan oleh ASUS ZenFone 2 ZE550ML adalah Kids Mode. ZenUI Kids Mode merupakan fitur paling tepat untuk melindungi anak, adik, atau keponakan, saat sedang menggunakan smartphone pengguna. Dengan Kids Mode, mengatur pengamanan/penguncian data dan aplikasi bisa disesuaikan dengan lebih mudah. Jadi, bagi pengguna yang anak, adik, atau keponakannya mulai doyan mencoba-coba smartphone, nggak perlu khawatir lagi, karena pengguna bisa mengunci data serta aplikasi pada ZenFone 2 yang nggak sesuai untuk anak-anak. Selain pengamanan aplikasi, pengguna juga bisa memblokir panggilan yang nggak diinginkan dengan mengatur password khusus, saat ZenFone 2 sedang dipakai oleh anak-anak dengan mengaktifkan Kids Mode, dan mereka nggak bakal bisa menerima panggilan tersebut, kecuali sang anak mengetahui password-nya.
Zenfone 2 ZE550ML Notebook dalam Genggaman dengan Prosesor Intel Atom
  • Screen Pinning. Saat smartphone dengan terpaksa harus dipinjam sama teman, pengguna ASUS ZenFone 2 juga bisa mengunci Zenfone 2 menggunakan Screen Pinning; fitur pengaman yang melindungi Zenfone 2, agar Zenfone tetap aman dari tangan jail peminjam. Fitur Screen Pinning tersebut menggunakan password yang datanya akan disimpan di akun Google milik pengguna. Jadi mereka yang meminjam Zenfone 2 harus memasukkan password lebih dulu kalau mau eksplore aplikasi yang ada di sana. Jadi aman lah ya, kalau si peminjam niatnya mau pakai kamera di Zenfone 2. Sok password sajah pakai Screen Pinning. Soalnya kalau kamera sudah dibuka, urusannya bakalan panjang. Agak kejam, sih, ya. Tapi antisipasi juga kalau-kalau Zenfone 2 hilang dan ditemukan oleh tangan-tangan jail XD. Ngomong-ngomong soal hilang, kalau misal kejadian nggak diinginkan ini menimpa Zenfone 2, sekarang pengguna sudah bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yakni Dr. Safety yang bisa melacak keberadaan Zenfone 2 selama koneksi inetnya menyala, bisa memanfaatkan Google Map untuk mengetahui lokasi Zenfone 2 yang hilang.
 ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Notebook dalam Genggaman.


  • SnapView. Dengan fitur SnapView, pengguna bisa memilah dan memilih data pribadi dengan data pekerjaan. Misal di akun pertama pengguna bisa menyimpan aplikasi, file, foto, serta video pribadi, dan di akun lainnya pengguna bisa menempatkan data atau aplikasi khusus pekerjaannya, menyimpan tugas serta email kantor, dan lain-lain. Dengan demikian, pengguna dapat memisahkan antara data kehidupan pribadi dan profesionalnya meskipun hanya memilik satu smartphone.

Zenfone 2 ZE550ML Notebook dalam Genggaman dengan Prosesor Intel Atom
Saya sempat menulis tentang asus pada postingan sebelum ini, tentang bagaimana kiprah asus yang begitu menarik perhatian saya. Dan yang sedang saya bahas saat ini, ASUS ZenFone 2 ZE550ML, merupakan Smartphone setara notebook dengan Prosesor 64-Bit Super Quad-Core Intel® Atom™ ZE3560 1.8 GHz, dan memiliki 2GB dual-channel DDR3 RAM. Prosesor yang biasa dipakai di notebook dan identik dengan pundak pegel karena harus menenteng bawaan yang lumayan berat, kini sudah bisa digenggam begitu saja oleh pengguna melalu seri Zenfone terbaru milik asus. Pengguna juga bisa menikmati kinerja smartphone 3 kali lebih baik dan 7 kali lebih cepat. Browsing, memutar video, bermain game, serta multi-tasking aplikasi lain dengan lebih lancar dan cepat tanpa tersendat. Tentunya dengan konsumsi baterai yang nggak boros dan nggak mudah panas.

Kesimpulannya adalah.. dari beberapa ulasan fitur terbaru dan fitur lama, serta Prosesor 64-Bit Super Quad-Core Intel® Atom™ ZE3560 1.8 GHz, dan memiliki 2GB dual-channel DDR3 RAM yang dimiliki oleh ZenUI-nya ASUS ZenFone 2 ZE550ML, pengguna, terlebih saya, bakal merasakan pengalaman menggunakan smartphone ASUS ZenFone 2 ZE550ML, serasa menggunakan notebook. Mau membuat daftar belanja, edit gambar dengan aplikasi photo editor apapun, edit dokumen, sudah bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan smartphone yang lebih enak buat digenggam tanpa bikin pundak pegal-pegal. Bahkan pengguna nggak perlu repot-repot memilah serta memilih antara data pribadi dan data pekerjaan yang biasanya harus dipindah ke notebook dulu untuk memisahkannya, dengan menggunakan Fitur SnapView. Dan yang lebih menarik lagi, dengan digunakannya Intel Atom sebagai prosesornya, pengguna bisa memaksimalkan fungsi masing-masing fitur dengan cepat tanpa tersendat, dan tanpa harus mengisi ulang daya baterai berkali-kali.  Nahlo, jadi terbayang-bayang sama smartphone seri Zenfone lagi, kan... Hiks. Beliin, please :'(

Source: Website Asus.

Sincerely,

spesifikasi-asus-zenfone-2-ze550ml-notebook-dalam-genggaman

18 comments:

  1. hhha, hanya ninggalin jejak, maaf gak sempat baca mbak. Aku lagi ada urusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah... Baca, dong. Biar tau bagaimana canggihnya Zenfone 2 ZE550ML. Begimanesik -__-

      Delete
  2. Yang ajib dari Asus Zenfone ini, harganya itu lho. Bikin merem melek. o.O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Terjangkau banget. Daku pengen punya tapi belum sempat beli seri Zenfone, baru punya Fonepadnya. :|

      Delete
  3. please ini bikin pengen. ngiler dong kalau kinerjanya udah mirip notebook, bisa nulis sambil tiduran tapi ngga pegel. fitur snap view, aku jadi penasaran pengen coba deh.

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Bisa nulis sambil tiduran. Etapi nulis sambil tiduran nanti bisa bikin mata sakit loh. Nulis sambil duduk aja, tapi nggak pake tegang. ^^

      Delete
  4. Oke fixed, sukses bikin akyu mupeng akut neh. Pas pula dengan kamera yg lagi eror, jd makin mikir2 beli ini atau kamera?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kameranya wow banget ini Mbak Rie, dengan harga segitu sudah pake kamera belakang 13 mp, dan kamera depannya 5mp belum lagi pengaturan modus kameranya juga beragam banget.

      Delete
  5. Replies
    1. Iy, Mbak.. Jadi bisa milihin file pribadi dan khusus buat anak, juga file penting lainnya. Hanya dengan satu gadget XD

      Delete
  6. Sudah! Sudah cukup!
    jangan bikin saya ngeces pengen punya ASUSZenfone series...apalagi yang ini aman buat anak-anak.
    TIDAAAKKK!! *modal belum cukup Mak!

    *burst in tears

    @onlykharisma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwwk.. Aku juga pengen punya soalnya ada fitur Kids Mode nya :|. Tapi mau beli kok ya masih harus mikir pengeluaran ini itu lagi :(.

      Delete
  7. Mupeng sama samrtphone tipe Asus Zenfone, fitur-fiturnya itu lho..ehmmm yahuud bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, fitur-fitur punya ZenUI nya berwgam dan sangat membantu aktivitas banget. :D

      Delete
  8. bagus yaaa...spesifikasinya oke bangeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosesor intel atom yang biasa dipakai di Notebook sama sistem android yang sudah pakai Lollipop, bikin leluasa eksplore aplikasi di Google Play, Mbak. :D

      Delete
  9. semakin banyak hp pintar ya...suka dengan fiturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitut milik ZenUI emnag menggemaskan. XD

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com