Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Wow! Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Sekolah Ternyata Banyak Banget! :)

with 5 comments
Tahun ajaran baru telah dimulai, teman baru, seragam baru, perlengkapan sekolah baru, kelas baru, dan tentunya sekolah baru sudah siap untuk dijelajahi. Terlepas dari semua hal baru yang saya sebut di atas, sebenarnya ada satu lagi hal baru yang sama pentingnya bagi pelajar, ekstrakurikuler.

"Eks·tra·ku·ri·ku·ler /√©kstrakurikul√©r/ a berada di luar program yang tertulis di dalam kurikulum, seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa - KBBI"

Seperti penjelasan singkat di atas, ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar mata pelajaran yang terdapat dalam jadwal kelas, bisa berupa kegiatan olahraga; basket, futsal, beladiri, Kegiatan seni; tari, lukis, marching band, dan/atau kegiatan pramuka. Memilih ekstrakurikuler yang kadang wajib untuk diikuti itu.. bisa serumit memilih calon mantu buat mamah kamu #yakali. Ya gimana, kadang nggak ada yang diminati tapi harus tetap menentukan pilihan, kadang juga banyak yang diminati tapi dikasih batasan. Kan pusing.

Sedikit pesan saja buat kalian wahai pelajar baru. Kalau misal kamu nggak minat sama ekstrakurikuler yang ada di sekolahmu, mungkin bisa menjadikan hal-hal berikut sebagai bahan pertimbangan. Karena jujur, saya sendiri agak nyesel dulu pas masih jadi pelajar unyu nggak ngikutin ekstrakurikuler sama sekali di sekolah, padahal manfaatnya banyak banget. Nah, berikut manfaat ekstrakurikuler yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu.

- Menambah Wawasan

Dengan mengikuti ekskul, sedikit-banyak kamu akan memperoleh pengetahuan dari ekskul tersebut, misal dengan mengikuti ekskul olahraga basket, kamu akan mendapat pengetahuan tentang dunia basket mulai dari yang paling dasar; "bagaimana cara melempar bola basket dengan benar", misalnya.

manfaat mengikuti ekstrakurikuler sekolah

- Melatih Ketrampilan

Ekskul menuntut kamu untuk bisa terampil, paling enggak kamu bisa belajar sedikit demi sedikit agar bisa terampil. Misal nih, ya, ketika mengikuti ekskul seni lukis dan kamu diberi satu tema untuk dijadikan sebuah lukisan, mau nggak mau, kamu harus mengerahkan keterampilan yang kamu miliki agar bisa menuangkan tema tersebut dalam bentuk lukisan.

- Kesempatan Menambah Prestasi

Namanya ekskul ya, kadang ada saja kegiatan yang dilombakan, dari sana kamu bisa berpartisipasi untuk mengikuti lomba-lomba tersebut dan memiliki kesempatan untuk menambah prestasi.

- Menambah Pengalaman

Nggak sedikit pengalaman yang bisa kamu peroleh ketika mengikuti ekskul di sekolah. Misal ekskul pramuka yang nggak jarang mengadakan kegiatan antar peserta pramuka dari berbagai sekolah, kota, bahkan sampai antar negara, serta pengalaman-pengalaman nggak terduga dari ekskul lainnya.

- Mengembangkan Minat dan Bakat

Dari ekskul yang kamu ikuti, kamu bisa tahu minat serta bakat apa yang kamu miliki, misal kamu memiliki minat di bidang seni tapi bakatmu lebih mengarah ke bidang olahraga, kamu bisa mengembangkan minat kamu tanpa mengabaikan bakat yang ada dengan cara mengikuti ekskul di bidang masing-masing.

Wow! Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Sekolah Ternyata Banyak Banget! :)
Sebelum tampil Marching Band, Aurel & Ezha Cekrek dulu :D

- Melatih Kerjasama Tim dan Rasa Tanggung Jawab

Salah satu manfaat ekskul adalah melatih kemampuan kerjasama tim serta rasa tanggung jawab. Seperti ekskul marching band yang membutuhkan kerjasama serta tanggung jawab penuh agar bisa menghasilkan sebuah musik yang maksimal. Karena.. kalau satu orang melakukan kesalahan, akan timbul kekacauan dalam tim marching band. Alunan musiknya berantakan, misalnya. Dengan begitu rasa tanggung jawabmu akan sedikit terlatih dengan cara nggak bolos waktu latihan.

- Menjadi Penghibur

Saat merasa bosan dengan jadwal kelas yang itu-itu saja, kegiatan ekskul akan sangat membantu, dengan mengeksplor ketrampilan yang kamu miliki, kamu bisa mengalihkan rasa bosan kamu dan sedikit membuat fikiran lebih fresh setelahnya.

- Menambah Teman

Kesempatan mendapat teman baru pun akan semakin bertambah, nggak hanyak dalam lingkup ruang dan tingkatan kelas. Jaringan pertemanan akan semakin luas ketika kamu mengikuti ekskul, entah itu dari antar kelas atau antar sekolah. Silaturrahmi lancar, rizki lancar, ketemu calon jodohnya pun semakin terbuka lebar. Bukan begitu?

Beberapa di atas adalah sebagian dari manfaat mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Dan pasti sudah jelas kan, ya, kalau mengikuti ekstrakurikuler itu nggak ada ruginya, yang ada malah banyak kebahagiaan yang akan didapat. Jadi.. buat kamu yang masih malas atau belum menentukan ekstrakurikuler yang akan kamu ikuti.. yakin, mau mengabaikan kebahagiaan-kebahagiaan di atas? :)



Sincerely,
















5 comments:

  1. Di sekolah anak saya ekskulnya bayar lagi dengan bayaran lumayan mahal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang beberapa ekskul kadang ada yang pake iuran-iuran wajib sih, mbak. :)

      Delete
  2. Aku pas kecil babarblas gak ikut ekstra apa2. Kdg mikir, kok eman bgt yaaa. Pdhal bs ngasah ketrampilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Jiah.. sekarang kadang nyesel gitu kalo ingat ekskul yang keren macam PA.

      Delete
  3. Sebelum memilih ekskul apa, dilihat juga pergaulan anak2 di ekskul. Kalau ada ekskul yg disukai tapi anak-anaknya berada di lingkungan yg ga mendukung, mending ikut ekskul yg lain. biar keterampilannya dapat, sosialnya dapat, kepribadiannya juga ga terganggu.

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com