Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Arisan Link; A Happy Project Plan.

with 1 comment
A Happy Project Plan. Bahagia itu Sederhana.

Bahagia itu sederhana. Gegulingan di kasur yang meskipun nggak empuk-empuk banget, tapi kalau formasinya lengkap; Pak Suami - Ezha - Qeis - Saya, sambil rangkul-rangkulan, senyum simpul seakan tanpa kendali menghias di wajah saya dan suasana hangat pun tanpa ragu menyelimuti hati saya.

Bahagia itu sederhana. Karena hanya dengan tersenyum saja, kadang seseorang sudah bisa merasakan makna bahagia yang sesungguhnya. Seperti bagaimana mudahnya kita bisa merasa bahagia, cara untuk menciptakan sebuah kebahagiaan melalui senyuman sendiri bukanlah sesuatu yang rumit.

Mengutip dari blog Shine Fikri, blog yang dikelola oleh Mbak Nur Aeni, seorang ahli IT dengan banyak karya buku antologi ini, terdapat beberapa cara untuk menciptakan suasana bahagia di rumah, tanpa harus merogoh saku dalam-dalam, ya, cukup di rumah. Cara tersebut diberi nama A Happy Project Plan. Istilah yang cukup unik dan menarik perhatian, seperti makna nama pena Shine Fikri yang dipilih oleh Mbak Nur Aeni sendiri. Rasanya "ngena" banget sama tagline Think Shine-nya. Ini menurut saya, sih.. ^^

Baiklah, back to A Happy Project Plan. Jadi.. apa saja, sih, poin yang ada di daftar proyeknya?

A Happy Project Plan. Bahagia itu Sederhana.

Ketika sedang berkumpul, sebisa mungkin gadget hengkang dari hadapan. 

Gadget, bisa jadi teman tapi bisa juga jadi lawan. Siapa, sih, yang nggak merasa bersyukur dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh gadget? Anak rewel, dibukain youtube dengan beragam video favorit, langsung diam. Cari info bikin DIY mainan anak, cuma tinggal ketik-ketik. Tapi.. kalau sudah sampai pada tahap addictive.. yang ada orang-orang di sekitar kadang cuma dianggap angin lalu. 


Saling empati, saling simpati.

Saling berempati dan bersimpati akan menunjukkan rasa peduli antar anggota keluarga. Dengan begitu, ketika salah satu dari anggota keluarga sedang memiliki masalah, mereka nggak akan merasa sendiri, karena ada orang-orang yang dianggap bisa mendukungnya.


Tersenyum.

Senyuman adalah salah satu poin rahasia yang sangat bisa menghadirkan rasa bahagia di rumah. Lihat bocil berantakin mainan yang baru beberapa detik lalu diberesin? Coba senyum dulu. Pegel-pegel pulang kerja disambut dengan senyum sumringah dari bocil? Pegel langsung hilang tanpa bekas. Begitulah kekuatan dari senyuman. Bikin bahagia.


Children See, Children Do.

Jadilah teladan yang baik. Karena, kadang apa yang kita lakukan bisa saja dijadikan contoh bagi mereka. Ketika kita berkata sesuatu yang buruk, bukan nggak mungkin bocil meniru perkataan buruk tersebut.


Bersyukur.

Dari sekian keadaan yang kita alami, ada baiknya untuk lebih mendahulukan rasa syukur. Satu butir-dua butir nasi adalah nikmat yang belum tentu bisa dirasakan oleh orang lain, dan alangkah bahagianya apabila kita menghindarkan diri dari keluh-kesah yang pada hakikatnya malah menambah beban hidup.

Nah, dari ke-lima poin di atas sedikit-banyak pasti akan menghadirkan sebuah kebahagian tersendiri di rumah. Dari yang awalnya saling masa bodo, mungkin dengan menerapkan salah satu poin di atas, mereka jadi lebih peduli dengan apa yang dilakukan oleh anggota keluarga. 

Dari rentetan aktivitas rumah tangga yang tak ada habisnya, senyum merupakan kunci paling sukses pembangkit kebahagiaan. Alih-alih ingin marah, dengan senyum suasana menjadi lebih ceria - Shine Fikri.


Sincerely,










1 comment:

  1. Itu gambarya lucu banget sih Mbak Eliss #malahkomengambar :D

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com