Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Dilema Musim Hujan, Ruam Merah, dan Popok Sekali Pakai.

with 2 comments
Mengatasi Ruam Merah Karena Popok dan Mengobati Iritasi ringan pada kulit bayi saat musim hujan. Rekomendasi Bedak dan baby cream untuk iritasi ringan pada kulit bayi.
Source: Hujan, Ruam, dan Diapers
Musim hujan. Musim yang bisa jadi musuh buibu penganut paham "Ah, laundry sih buang-buang duit, mending cuci sendiri di rumah, ya.. anggap saja nyambi olahraga". Jangan salah, di zaman yang serba instan ini, masih ada loh, buibu yang lebih memilih mengerjakan pekerjaan rumah macam mencuci baju secara manual. Meskipun di musim hujan seperti ini nantinya pakaian kotor bisa saja menumpuk, atau jemuran yang nggak kering-kering karena mataharinya enggan muncul, tapi namanya kebiasaan, mereka pasti memiliki 1001 alasan biar nggak perlu repot-repot bawa pakaian kotor ke tempat laundry.

Permasalahan bagi sebagian buibu yang biasa mencuci secara manual di musim hujan dan ketika itu juga memiliki balita adalah.. popok atau celana dalam balita yang nggak kering-kering sementara cuaca dingin di musim hujan yang bikin balita pipis lebih sering dari biasanya. Di sini pospak akan sangat membantu meringankan beban cucian buibu, bagi yang belum terbiasa dan belum tau apakah kulit balita rentan terkena iritasi, atau malah yang terlalu sering pakai pospak tanpa memerhatikan waktu gantinya, bukan nggak mungkin ruam merah akan mencari celah pada lipatan paha atau area sensitif lain yang tertutup pospak, sehingga kulit balita akan menjadi merah-merah disertai rasa gatal sekaligus perih, dan itu sungguh sangat menyiksa balita kita. Hiks.


Mengatasi Ruam Merah Karena Popok dan Mengobati Iritasi ringan pada kulit bayi saat musim hujan.

Saya sendiri memiliki balita dengan usia 16 bulan, karena orangnya lebih suka yang instan, jadinya saya lebih sering pakai pospak untuk Qeis. Iya, bukan jadi masalah meskipun musim hujan dan celana dalam Qeis masih numpuk di cucian. Tapi tetap saja, nggak jarang ruam merah mencuri tempat di lipatan paha dan beberapa area yang kulitnya agak sensitif, dan sebelum ruam tersebut semakin menjadi, saya akan berhentikan dulu pemakaian pospaknya, nggak secara total sih, cuma waktu pemakaiannya saja yang dikurangi, misal pas habis mandi siang, kan adem tuh biasanya, jadi nggak perlu pakai pospak dulu, jadi ada jedanya gitu, dan kemungkinan hal tersebut akan sedikit mengurangi rasa perih karena kulit yang awalnya selalu tertutup, akan sedikit terkena angin-angin. Selain memberi jeda pemakaian pospak, nggak lupa juga, setelah mandi saya taburi bedak untuk iritasi atau bedak gatal, kalau saya sih pakainya bedak rita, taburkan merata ke seluruh bagian tubuh, terlebih di area yang terkena ruam. Buibu ada yang tahu bedak rita nggak, nih? Bedaknya sih, turun temurun dari kakaknya yang saya percaya bisa banget mencegah gatal-gatal akibat ruam. Bedak ini bisa juga diganti dengan bedak yang sudah biasa dipakai, yang penting sih, sesuai dan cocok dengan kulit balita buibu.

Mengatasi Ruam Merah Karena Popok dan Mengobati Iritasi ringan pada kulit bayi saat musim hujan.

Jeda pemakaian, bedak untuk iritasi, dan yang terakhir adalah ketika pospak kembali digunakan, jangan lupa di bagian lipatan paha atau bagian tertentu yang hobi ditempeli ruam-ruam, olesi dengan baby cream lebih dulu, bisa dengan baby cream sesuai rekomendasi dokter, bisa juga menggunakan baby cream dengan beragam merk yang sudah ada di pasaran, asal sesuai dengan kulit balitanya saja, sih. Untuk baby cream sendiri saya pakainya Zwitsal Baby Cream yang tutupnya warna ungu, krim tersebut hasilnya sangat terlihat ketika ruam merah akibat iritasi ringan mulai bermunculan di pantat sensitif Qeis, apalagi didukung dengan cara yang saya sebutkan sebelum ini, 1 - 2 hari biasanya ruam merahnya langsung hilang.

Cara yang sama sekali nggak ribet tapi harus bisa rutin agar kulit sensitif balita terhindar dari ruam merah akibat iritasi ringan. Iya, harus bisa rutin. Pasalnya nih, ya, saya pribadi kalau Qeis habis mandi dan mau ganti baju, mesti lari sana-sini, mau pakai kaos kutang lari dulu ke pojokan.. mau pake diapers kudu mojok dulu ke sana - ke sini, maklum usia balita kan lagi aktif-aktifnya anak, jadi nggak bisa diam. Nah, biasanya, kalau buibu sudah hectic kejar-kejaran hanya karena mau gantiin baju balita, hal-hal semacam olesin baby cream itu bisa saja lupa seketika, capek juga kan habis kejar-kejaran. Oke, ini pengalaman pribadi. Tapi ya, beda balita beda tingkat  keaktifannya juga, kan.

Kalau buibu sendiri yang balitanya nggak terbiasa pakai pospak, dan mencuci manual menjadi pilihan sementara musim hujan sudah datang, cara apa yang dipakai biar si kecil jauh-jauh dari ruam merah, Bu?

Sincerely,

Mengatasi Ruam Merah Karena Popok dan Mengobati Iritasi ringan pada kulit bayi saat musim hujan










2 comments:

  1. Aku walopun sudah gede, aku suka sekali pake sabun yang zwitsal lho mbak, kebiasaan waktu di Jombang dulu semasa SMA. Bikin kulit halus dan agak putih. cocok dengan kulitku

    ReplyDelete
  2. Wah bisa jadi alternatif kalau anak kena ruam popok, TFS mbak :)

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com