Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Kenali Alergi Anak Lebih Dini

with 4 comments


Tumbuh kembang anak merupakan hal penting bagi orang tua, sehingga mereka benar-benar memberi konsumsi makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi tinggi bagi anak. Selain itu, banyak juga orang tua yang memberi tambahan berupa susu sapi agar tumbuh kembang anak semakin optimal. Namun, nggak jarang beberapa anak memberikan reaksi, salah satunya berupa alergi yang ditandai dengan mual, muntah bahkan diare setelah konsumsi susu sapi. Untuk itu wajib bagi kita sebagai orang tua agar lebih dulu kenali alergi, entah itu tanda, gejala, ataupun pemicunya.

Alergi susu pada masa pertumbuhan memang sangat membingungkan. Hal ini lantaran kebutuhan anak akan nutrisi yang terkandung di dalam susu cukup besar. Maka dari itu, agar kita bisa mendeteksi alergi susu sapi lebih dini, kita terlebih dulu harus tahu informasi tentang tanda gejala alergi serta cara mengatasinya. Selain informasi yang kita peroleh, pemeriksaan ke dokter untuk memastikannya pun harus dilakukan. Dokter sendiri akan melakukan beberapa tahap pemeriksaan seperti cek darah, fesses atau tes alergi pada anak.

Dan kalau anak kita positif mengalami alergi, maka kita sebagai orang tua bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai upaya penanganan tambahan;
  • Hindarkan anak dari segala makanan yang mengandung susu sapi. 
  • Produk susu dan segala olahan yang berasal dari susu sapi juga harus dihindari oleh sang Ibu jika buah hati masih dalam masa menyusui. Hal ini karena protein pada susu sapi bisa saja menyatu dalam ASI sehingga membahayakan si kecil. 
  • Gantilah konsumsi susu sapi dengan susu kedelai. 
Tiga poin di atas adalah beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika si kecil positif alergi susu sapi. Seperti yang kita tahu, ketika anak mengalami alergi, perut mual atau gatal di beberapa bagian tubuh akan sangat berpengaruh terhadap nafsu makan atau waktu tidur anak, itulah mengapa penting sekali untuk mengetahui tanda/gejala alergi lebih dini serta segera memeriksakan ke dokter ketika anak mengalami gejala alergi, agar sebab alergi bisa diketahui dan orang tua pun bisa mencari solusi alergi anak sejak dini.

Dengan begitu, penanganan pun bisa dilakukan lebih cepat yaitu dengan mengganti susu sapi dan memberikan susu kedelai bagi anak, misalnya. Susu kedelai juga memiliki banyak kandungan yang nggak kalah besar dibanding susu sapi. Salah satu produk susu yang mungkin bisa dijadikan pilihan mungkin susu SGM Soya yang dalam komposisinya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Tentunya dengan ketentuan waktu minum yang sudah tertera dalam kemasan susu.

Yuk, buibu, kita deteksi alergi pada anak lebih dini..


4 comments:

  1. Protein yang ddapat akan sama saja kan? Dulu sempat khawatir kurang nutrisi tertentu. Tapi ternyata nggak. :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, anakku tidak ada alergi. Semoga tidak alergi sampai seterusnya.

    ReplyDelete
  3. Untung sekarang ada susu soya ya? ^_^

    ReplyDelete
  4. Teman saya juga memberikan anaknya dengan susu domba. Walau anaknya tidak gembul seperti kebanyakan balita lainnya tapi sehat. Bahkan anaknya yang lain, sudah masuk TK, lebih tahan penyakit dibanding teman sebayanya. Karena waktu kecil diberi susu domba juga.

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com