Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Mewujudkan Konsep Konten Kreatif dengan Asuspro B8230

with 31 comments
Prediksi Konsep Konten Kreatif yang Masih Jadi Tren di Tahun 2017.

Sebagai salah satu media yang dipercaya berpengaruh dalam bidang online marketing, semakin banyak agensi iklan yang menggandeng blogger dalam mempromosikan produknya. Blog yang berkesempatan menjadi media pengiklan pun memiliki beragam tema, seperti beauty / fashion blog, techno blog, sampai dengan personal blog. Namun, nggak semua blog dengan tema-tema tersebut dengan mudah mendapat tawaran kerjasama, karena blog yang mampu menawarkan "nilai lebih" lah yang akan memenangkan hati agensi. Nilai lebih di sini bisa berpatok pada monthly pageview, keaktifan blogger melalui interaksi media sosial maupun kolom komentar blog-nya, tingkat ketenaran blogger dalam blog-sphere itu sendiri, dan yang terpenting adalah bagaimana blogger tersebut mampu meracik blog-nya dengan konten kreatif nan menarik. 


Kalau saya pribadi, lebih cenderung menulis artikel dengan paduan user experience, sedikit rangkuman informasi, dan ilustrasi gambar. Konten yang standart tapi kalau menurut saya sudah memenuhi tiga poin tersebut, biarlah pejwan google yang menentukan. Mungkin ini juga salah satu penyebab saya nggak pernah menang lomba blog XD. Pasalnya, saya rasa, saya tertinggal jauh dengan blogger-blogger yang menyuguhkan konsep konten yang up-to-date dan kreatif seperti penambahan video blog atau infografis yang pembuatannya harus menggunakan perangkat laptop dengan prosesor Intel Core i7 atau minimal Intel Core i3 lah, biar pas proses editing video atau infografis nggak tiba-tiba macet di jalan.

Namun, antara pembaca, pengiklan, bahkan sesama blogger sendiri, sangat relatif dalam memilih kriteria sebagai penentu bagaimana suatu konten bisa diterapkan untuk mempercantik dan meningkatkan kualitas blog serta bisa disebut dengan konten yang kreatif. Lalu prediksi konten kreatif seperti apa yang akan menjadi primadona di tahun 2017? Menjelang tahun 2016 usai dan sebelum 2017 datang, saya sengaja menyimpan artikel tentang prediksi blogging di tahun 2017 dari 3 sunbenim blogger yang diterbitkan di blog beyourselfwoman. Mengingat.. " wah, tar pasti bisa jadi bahan posting tema Liga Blogger Indonesia, nih. " Heuheu #senyumbahagia.



Terdapat beberapa prediksi seperti; blog bagaimana yang akan mampu bertahan di blog-sphere yang makin membara, cara monetize blog yang masih bisa diterapkan, niche blog, dan apa saja harapan untuk blogger di tahun 2017. Nggak ada prediksi konten kreatif secara spesifik yang disebutkan. Namun dari prediksi blogging yang dipaparkan, akhirnya saya coba untuk menarik kesimpulan sendiri, soalnya nggak ada yang mau diajak bareng-bareng narik #apeu.

Konsep Konten Kreatif yang bakal mewarnai blog-sphere di tahun 2017 ini adalah..

Experience and Value. Konten yang menyajikan tulisan berdasarkan pengalaman blogger dengan disertai informasi-informasi yang relevan tetap menjadi yang utama. Ehem, macam tulisan saya kali, ya? *nanya inih.. bukan klaim #gampar*. Biasanya yang seperti ini akan mudah ter-index sama google, tapi ya, harus merhatiin beberapa poin penting lain perihal per-SEO-an juga, sih.

Personal Touch. Bisa dibilang gaya penulisan ini masih berhubungan dikit sama user experience tadi. Jadi misal.. artikel tentang pengalaman saya yang memakai cream merek A untuk mengatasi iritasi ringan yang jago bikin Qeis nggak bisa tidur nyenyak :(. Kadang, cerita-cerita soal orang kesayangan gitu, efeknya sedikit-banyak menyentuh hati pembaca.

Vlog. Pada LBI sebelumnya, vlog pernah dijadikan tema tantangan buat peserta, terbukti vlog menjadi salah satu konten fenomenal pada tahun 2016 dengan adanya awkarin dan para penulis #relationshipgoals di kolom komentar channel youtube ataupun Instagram yang penuh dengan konten kontroversial miliknya, dan sepertinya di tahun 2017 ini akan semakin banyak melahirkan vlogger baru. Harapannya sih, semoga vlogger baru tersebut bisa membagikan bahasan yang lebih positif lagi.

- Tips and Tutorials. Artikel yang mengulas tentang tips dan tutorial akan tetap berjaya di tahun 2017 ini. Semakin banyak orang yang melek teknologi dan semakin banyak pula orang yang memanfaatkan kolom pencarian google untuk menemukan solusi dari masalah-masalahnya. Hal tersebut merupakan peluang bagi Blogger untuk menuliskan konten dengan konsep tips dan tutorial demi kelangsungan hidup blog-nya.

Infografis. Artikel dengan visualisasi dalam bentuk gambar sangat membludak di pertengahan tahun 2016. Dan di kalangan blog competition hunter. Bahkan nggak sedikit blogger yang bisa meraih juara karena ide infografis yang bagusnya bikin saya mupeng, terlebih sangat mudah dipahami (mampu menyampaikan pesan dari artikel tersebut hanya dengan melihat gambar). Di akhir tahun 2016 memang tren konten kreatif berupa infografis seperti melemah, tapi hal itu nggak menutup kemungkinan konten tersebut akan tetap hidup di tengah berkembangnya konten-konten kreatif lain mengingat perannya yang efektif menyampaikan isi artikel secara ringkas.

- Story Telling. Gaya penulisan yang bisa dibilang sudah lama tapi saya yakin masih bisa dijadikan konten andalan di tahun 2017 ini. Salah satu blog yang sangat saya gemari dari pertama terjun di dunia blogging pun masih menggunakan konsep story telling yang membuat saya betah berlama-lama di sana. Dan terbukti blog-nya selalu ramai pengunjung. Atau karna emang dia selebtweet, seleblog, dan salep-salep lainnya, ya? #eh ~~~\o/

Konsep lain yang pernah saya terapkan dalam meracik blog DigitaLife adalah konsep story telling yang dibumbui dengan aroma curhat colonganSempat beberapa kali menerapkan konsep infografis namun hasilnya kurang maksimal, selain hanya karena ikut-ikutan tren, perangkat yang saya miliki sepertinya kurang mendukung untuk menghasilkan desain infografis yang menarik, hasilnya pecah blur dan begitu aduhai, padahal saya pengen banget bisa bikin gambar-gambar unik macam itu.


Minimalis dan Elegan

Sebagai mobile blogger sendiri, seringnya saya memanfaatkan Zenfone 3 ZC551KL atau Fonepad 7 FE171CG untuk menerapkan konsep yang biasa saya gunakan, itu pun waktunya harus menjelang tidur, maklum emak-emak nulisnya mesti nunggu bocil-bocil merem. Kedua gadget tersebut cukup membantu saya dalam menjalankan hobi nge-blog secara mobile, simple dan fleksibel. Tentunya dalam memaksimalkan hasil draft tersebut, saya tetap menggunakan laptop Asus X452E hasil sumbangan dari kantor. Kalau boleh pengajuan perangkat baru, nih, saya maunya pengajuan buat Notebook Asuspro B8230. Desainnya yang minimalis dan elegan memiliki berat 1.37 Kg serta dimensi layar 12 inc sepertinya akan mudah dibawa kemana saja, bisa diangkut-angkut ke rumah tanpa ribet, gitu. 

Intel® Core™ i7-6500 / Intel® Core™ i5-6200

Ya.. namanya juga usaha, bisa lah, kepo-kepo dahulu di website asus, barangkali keturutan kemudian. Dari hasil kepo tersebut, keterangan spesifikasi Notebook Asuspro B8230 meskipun bentuknya mungil, tapi sepertinya dia mampu memberi hasil kinerja maksimal melalui komponen-komponen yang diusung, seperti prosesor dan kartu grafis terbaru yakni Intel® Core™ i7-6500 / Intel® Core™ i5-6200 yang merupakan generasi keenam dengan sebutan Prosesor Intel Skylake dan diklaim memiliki kecepatan serta kinerja grafis terintegrasi yang tangguh. Dari ketangguhan kinerja grafis, Asuspro B8230 ini bisa sangat membantu ketika saya ingin mempercantik konten artikel dengan tambahan infografis tanpa takut memperoleh hasil pecah blur dan aduhai seperti sebelum-sebelumnya.

Selain itu, prosesor Intel® Core™ i7-6500 / Intel® Core™ i5-6200 juga dipercaya lebih efisien dalam konsumsi daya dari Intel Core generasi sebelumnya. Tentunya dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan untuk edit video atau gambar infografis yang biasanya memerlukan waktu lama dan operasional masing-masing komponen secara bersamaan dalam rangka menciptakan hasil yang maksimal.
Upgrade-able

Rasakan sensasi mengoprek notebook setara mengoprek smartphone #halah. Notebook Asuspro B8230 memberi kemudahan dan keleluasaan pengguna dalam upgrade kapasitas SSD ataupun Memory RAM, jadi nggak perlu khawatir dengan SSD bawaan yang hanya memiliki kapasitas 256GB, kan sewaktu-waktu bisa upgrade GB-nya jadi TB. Sesuai pengalaman pribadi yang baru kemarinan Hard Drive saya rusak dan membuat file kerja saya hancur bertubi-tubi serta rekomendasi tukang servis komputer di desa saya, media penyimpanan dengan model SSD akan lebih awet, tingkat kebisingannya rendah karena nggak menggunakan lempengan CD yang berputar ketika notebook sedang digunakan, mudah terdeteksi serta proses kinerjanya lebih cepat, apalagi ditambah dukungan dari memori RAM dengan berkapasitas 4GB. Selain kedua komponen tersebut, pengguna juga bisa dengan mudah melepas dan memasang baterai 3 cell berjenis Li-Polymer yang terpasang di Notebook Asuspro B8230.


Fitur Notebook Asuspro B8230


Jadi.. kalau kita menerapkan konsep konten kreatif di atas dengan bantuan Notebook Asuspro B8230 yang menyuguhkan keunggulan-keunggulan fitur dan komponen lainnya, bukan nggak mungkin blog kita sebagai blogger lama akan tetap bersinar di antara banyaknya blog-blog baru yang si empunya masih memiliki semangat 45, bahkan dapat menjaga stabilitas pengunjung melalui sumbangsih dari kolom pencarian google, sementara para blogger senior sangat jago menarik perhatian pembaca melalui "taringnya" yang serius bisa banget bikin nyali ciut. Tugas selanjutnya setelah memenuhi asupan blog dengan konten kreatif adalah bagaimana cara mempromosikan atau menunjukkan kepada khalayak agar bisa membangun engagementtrust, serta meningkatkan authority blog, yang belakangan sering ditanyakan di badan email penawaran kerjasama #EH! XD.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Sincerely,

Prediksi Konsep Konten Kreatif yang Masih Jadi Tren di Tahun 2017.


31 comments:

  1. Saya sih masih betah di personal touch sama curcol-curcolan kak, soalnya gak jago bikin video dan infografis. Dan kalo tips dan tutorial suka bingung sendiri kalo mau bikin. Ngiahahahha

    ReplyDelete
  2. Makasih buat tulisan yang bermanfaatnya mbak :) enjoy it so much.
    Isi blogku saat ini pure masih pengalaman hidup saja. Pengalaman yang aku nggak mungkin dapatin di Indonesialah.

    Salam

    ReplyDelete
  3. Mantap ulasannya, Mbak... Memahami tulisan sendiri masuk ke group konsep yg Mbak sebutkan, jd peer buat saya :)

    ReplyDelete
  4. Iya mba walaupun cerita curhat hidup sehari-hari masih menarik ya.. Jd pingin blajar bikin video sama infografis deh biar blog jd lbh menarik dan variatif :D

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Wah, dipoles dikit lagi bisa jadi, tuh XD

      Delete
  6. Infonya manfaat mba aku juga pengen banget belajar bikin infografis biar makin kce :)

    ReplyDelete
  7. Wah kalo vlog sih bingung yaa, mau bahas soal apa? Wong idupnya cuma gini gini aja 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begaya.. Baru launching kemarin gitu.. 😌

      Delete
  8. Tips dan tutorial ini lagi masuk dalam konsep blogku nih..
    Tapi sumpah, yg aku tulis bukan hanya tips dan tutorial move on kok, Mba Els :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. :3 :3 :3 :3



      Kamu bikin orang spam di postingan sendiri aja sih -___-

      Delete
  9. Aku tuh sukanya tuh nulis apa aja deh. Biar gado gado blog aku. Hihihii

    ReplyDelete
  10. Mbak kasi tips naikkin PV/ month donk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Mbak.. PV ku aja timbul-tenggelam 😂

      Delete
  11. Wahh jadi makin semangat nulis niihh hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  12. tipsnya menarik banget, aku juga lagi belajar cari niche soal konten keuangan dengan grafis yang menarik ala2 lifestyle blog.

    missbuffalo.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Wah asik mvak penerawanganya, btw daku ini masuk ogger yang mana ya mbak jarang pernah terima job placement dan ndak ada ikkan adsense hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampean itu creative blogger, Mas.. Nggak masalah nggak dapet job review, placement, ataupun nggak ada ads. Yang penting.... Orderan desainnya laris manis ^^

      Delete
  14. Prediksi kece :)
    Banyaknya penulis buku yang sekarang serius ngeblog juga bikin dunia perblogan makin rame.

    ReplyDelete
  15. Asliiii, aku pengen banget nulis di blog bisa ngalir dengan alur story telling neh

    ReplyDelete
  16. Masih belajar nih bikin konten menarik buat blog. :') thanks mbak El tipsnya

    ReplyDelete
  17. Story telling aku masih payah nih mba #pukpukpuk. Vlog jadi booming banget gegara awkarin, dkk yaa :D artikelnya mba el kece ini (y) by the way aku juga udah baca yang di beyourselfwoman

    ReplyDelete
  18. Tahun ini harus bisa bikin vlog nih. TUlisannya berguna banget. Makasih ya Mbak. Aku catet dan inget-inget, dan ga lupa praktekin

    ReplyDelete
  19. Banyak yang beralih ke vlog, sementara saya masih malu di depan kamera. hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya aja yang masuk frame.. Uda bagian di balik layarnya ^^

      Delete
  20. wuihh keren. yuk, coba satu-satu. tapi kalau satu-satu pada ngevlog kayaknya juga kurang asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga, sih, kalau semua pada beralih ke vlog kayaknya malah nggak seru. Mending yang beragam gini, jadi ada pilihan.. Aku sih masih stay cool di gaya nulis yang sekarang aja.

      Delete
  21. Kalo saya cuma 5, mantap nih dapat 6 ^_^

    ReplyDelete
  22. personal touch dan story telling emang harus ada di dalam konten apa pun biar penikmat konten bisa tertarik dengan konten yang ada. keren mbak...

    ReplyDelete
  23. Duh MBak, sampai sekarang saya belum bisa bikin info grafis. Vlog juga masih ngasal ngerekamnya, belum ada edit apa-apa, just posting saja di yuotube.

    ReplyDelete
  24. Tipsnya keren. Cocok dipadu dengan ASUSPro buat menghasilak konten kreatif.

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com