Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Arisan Link; Menciptakan Gambar Instagram-able Hanya dengan Kamera Smartphone? Baca Ini Dulu!

with 4 comments
Tips Menciptakan Gambar Bagus dan Instagram-able dengan Kamera Hp - Smartphone


Foto. Banyak yang bisa kamu ketahui hanya dengan melihat sebuah foto, entah itu detail keindahan sebuah pantai yang eksotis, sebuah fenomena alam yang berada di belahan dunia lain, atau priceless moment yang enggan kamu lupakan dan akhirnya kamu abadikan melalui gambar. Kemajuan teknologi seakan memberi ruang segar bagi kamu yang begitu menggemari seni dari keindahan fotografi maupun saya yang hanya sekedar suka mengabadikan momen berharga yang saya lalui bersama keluarga. Beragam perangkat fotografi bermunculan, mulai dari kamera canggih dengan harga yang sama-sama "canggih", GoPro atau apa itu yang bentuknya kecil dan bisa buat selam-selaman di dalam air, dan mini kamera yang terselip dalam komponen smartphone bagi kamu yang memiliki budget terbatas atau saya yang lebih suka sesuatu simple namun masih bisa digunakan secara maksimal.

Kalau zaman dahulu kala orang-orang hanya bisa menyimpan kenangan melalui gambar monochrome #ceilah hitam-putih saja gaya pakai bahasa monochrome, sederhanya, sekarang begitu mudah orang mengambil gambar momen penting dengan warna-warna ceria dan hanya menggunakan kamera HP. Yak, perkembangan ilmu fotografi didukung dengan kecanggihan teknologi sangat memudahkan kita-kita yang hanya bisa mengandalkan kamera HP dalam mengabadikan momen melalui gambar. Tapi, mengambil gambar menggunakan kamera hp pun nggak asal cekrek, loh, ternyata ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Kalau menurut artikel "Kenapa harus Motrer Pakai HP?  yang ditulis Mbak Inna Riana dalam Blog Emak Rieweuh, komponen yang harus diperhatikan dalam mengambil gambar dengan kamera hp adalah: memahami teori dasar fotografi serta tips mengambil gambar dengan kamera hp agar hasilnya semakin maksimal.

Karena di dalam artikel tersebut nggak ada penjelasan lebih lanjut mengenai teori apa atau tips yang bagaimana, jadi saya menambahkan dari website kelasfotografi apa saja teori dan tips fotografi dasar yang harus dipelajari agar bisa menghasilkan gambar yang instagram-able hanya dengan menggunakan kamera hp.

Mengenal Kamera. Setiap kamera memiliki kapasitas megapixel yang berbeda, selain itu terdapat juga beberapa fitur yang dapat mengukur kemampuan kamera. Sebelum menggunakan kamera, ada baiknya lebih dulu mengenal fungsi dari fitur-fitur yang terdapat dalam kamera hp agar dapat menghasilkan gambar keren a la instagram.

Cara Menekan Tombol Shutter. Ada beberapa bagian dari hp yang berfungsi sebagai tombol shutter selain yang biasa terdapat pada layar hp itu sendiri. Misalnya seperti tombol volume up dan volume down yang bisa difungsikan sebagai tombol shutter pada hp ZenFone 3.

Mengenal Exposure. Exposure bisa disebut juga dengan pencahayaan. Terdapat 3 komponen yang terdapat pada pengaturan exposure, yaitu: Shutter Speed untuk mengatur kecepatan menangkap gambar, Aperture / Diafragma yang mengatur lebar-sempitnya bukaan pada lensa (kalau ini kayaknya nggak semua kamera hp memiliki komponen tersebut, ISO untuk mengatur tinggi-rendahnya pencahayaan.

Tentang Lensa. Kalau kamera hp sih, biasanya pakai lensa bawaan produk, ya. Lensa yang mini banget. Tapi nggak perlu berkecil hati, dengan lensa kecil tersebut pun, kita bisa menghasilkan karya fotografi yang indah asal paham akan fungsi dari fitur atau pengaturan seperti yang saya tuliskan di atas. Dan kalau menurut teman saya yang bernama masbocah, kamera hp juga bisa dipasangkan dengan lensa portabel sesuai keinginan dan kebutuhan. Tapi tetap perlu memperhatikan kemampuannya.

Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot)Adapun jenis-jenis teknik pengambilan gambar yang perlu kita tahu adalah; Extreme Long Shot, Long Shot,Medium Long Shot, Medium Shot, Close Up, Big Close Up, Extreme Close Up.

Tips Menciptakan Gambar Bagus dan Instagram-able dengan Kamera Hp - Smartphone



- Sudut Pengambilan Gambar (Angel). Selain teknik pengambilan gambar, dalam menentukan sudut pengambilan gambar juga memiliki beberapa teknik seperti Eye Level, The Bird's Eye View, High Angel, Low Angel, Frog Eye View, dan Canted Angel.

Di atas adalah beberapa teknik dasar fotografi yang harus diketahui ketika akan mengambil gambar menggunakan kamera hp. Seperti yang tertulis di artikel emak rieweuh, selain teknik dasar fotografi, beberapa tips dan komponen lain yang bisa menghasilkan gambar lebih maksimal adalah dengan mengedit gambar tersebut seperlunya, menggunakan properti lain yang memiliki, serta basic styling atau menata objek gambar.

Ternyata banyak banget ya komponen dalam kamera yang mesti dipelajari, saya sendiri masih awam dengan istilah-istilah di atas. Untuk lebih jelasnya mungkin nanti saya bakal mencuri ilmu fotografi dengan hp lainnya di blog emak rieweuh dan nggak lupa ubek-ubek website kelasfotografi lagi. Sekalian mendalami komponen serta memaksimal penggunaan kamera ZenFone 3 Laser saya. :)


Sincerely,


Tips Menciptakan Gambar Bagus dan Instagram-able dengan Kamera Hp - Smartphone


4 comments:

  1. Saya juga pengen banget belajar fotografi, selama ini selalu iri dan mupeng lihat postingan teman-teman yang hasil kameranya bagus, padahal katanya cuma pakai HP saja

    ReplyDelete
  2. Wah makasih tulisannya, mba elisa.
    postingan tentang pelatihan smartphone itu memang sengaja materinya tidak diulas tuntas di blog. karena postingan tsb dipakai untuk teaser di IG oleh panitianya :)

    ReplyDelete
  3. Joss tips-nya :-) bisa utk foto blog ini supaya semakin menarik.

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com