Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Eksplorasi Kota di Indonesia yang Dilewati Garis Khatuliswa Bersama Citilink Airlines

with 1 comment
Salah satu hal unik yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah garis Khatulistiwa yang melewati negeri ‘seribu’ pulau ini. Nggak hanya itu saja, ada banyak keunikan lainnya. Namun, kali ini mari kita eksplorasi kota di Indonesia yang dilewati garis Khatulistiwa. Nah, sebagai informasi saja, sebagian besar kota-kota berikut dapat dicapai dengan Citilink Airlines! Sebagai salah satu maskapai low-cost terbaik di Indonesia, Citilink Airlines senantiasa menambah rute-rute menarik khususnya di Indonesia untuk membantu menjelajah Indonesia. 

Hal menarik lainnya jika sebuah daerah berada tepat di garis pembagi antara bumi bagian selatan dan utara tersebut adalah fenomena bayangan yang menghilang saat matahari tepat berada di atas kepala. Fenomena itu memang nggak terjadi setiap hari, ya. Bahkan tak semua kota di Indonesia yang dilewati oleh garis Khatulistiwa akan menunjukkan fenomena tersebut. Kalau memang kamu ingin menyaksikan fenomena bayangan ‘menghilang’ tersebut, kota yang tepat adalah Pontianak. Fenomena alam tersebut terjadi sekitar 21 sampai 23 Maret atau di penghujung September.
Selain Pontianak, siapkan diri juga untuk berkunjung ke kota lain di Indonesia yang dilalui oleh garis Khatulistiwa. Berikut daftarnya!
Eksplorasi Kota di Indonesia yang Dilewati oleh Garis Khatulistiwa

- Tugu Khatulistiwa Bontang 
Yap! Provinsi yang ada di Pulau Sumatera tersebut juga dilalui oleh garis Khatulistiwa. Nah, penandanya adalah Tugu Khatulistiwa Bontang yang ada di Pasaman. Jadi, ketika kamu akan ke Sumatera Barat, jangan hanya berkunjung ke pusat kota Padang atau Bukittinggi saja, ya. Coba cek tiket citilink airlines di Traveloka untuk dapatkan promo menarik yang sering diberikan untuk rute kota ini!

- Tugu Sakido Mura
Riau nggak hanya dikenal sebagai kota industri sebenarnya, kamu bisa berkunjung ke Tugu Sakido Mura yang menjadi saksi jalur Khatulistiwa di Indonesia. Tugu tersebut berada di jalan lintas antara Riau dan Sumatera Barat. Selain dikenal sebagai Sakido Mura, tugu tersebut dikenal pula dengan nama Koto Alam ataupun Telur Gajah. Oh ya, selain di perlintasan tersebut, Riau juga memiliki Tugu Khatulistiwa di Kabupaten Kampar. 


-Tugu Parigi Moutong
Mari ke arah timur Indonesia, ada provinsi Sulawesi Tengah yang juga dilalui oleh garis Khatulistiwa. Hal tersebut ditandai oleh monument Tugu Parigi Moutong yang ada di Desa Siney, Parigi Moutong. Dari kota Palu, kamu bisa menyusuri perjalanan sekitar 160 kilometer untuk mencapai lokasi ini. Tugu tersebut dibangun setinggi 7 meter di tahun 1992. Cukup lama juga, bukan?

Kamu sendiri di antara semua tugu penanda jalur Khatulistiwa tersebut, mana yang sudah pernah dikunjungi? Atau mungkin sudah pernah singgah ke salah satu provinsi yang telah disebut namun belum ‘ngeh’ terhadap bangunan tersebut. Nah, kamu bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai salah satu destinasi berikutnya yang harus dikunjungi di tahun ini. Apalagi kebanyakan daerah tersebut dilalui oleh Citilink Airlines. Harga tiket yang ditawarkan oleh maskapai Citilink juga sangat murah dengan layanan yang oke! Jadi, tunggu apa lagi, mari eksplorasi Nusantara dengan beragam keunikannya mulai saat ini juga. Selamat jalan-jalan, ya!

Sumber gambar: Google.

1 comment:

  1. Wah... tugu khatulistiwa Pontianaknya mana??? citilink kesini lhoooo :)

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com