Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Prediksi Tren Blogger Indonesia 2017

with 9 comments

Belakangan saya jarang banget update tulisan di blog, nggak tau apa jadinya kalau saya nggak ikut Liga Blogger Indonesia musim 5 kali ini, mungkin blog ini sudah seperti rumah tua dengan lampu teras yang redup dan berkedip-kedip. Dan di sini lah, akhirnya.. Liga Blogger Indonesia sudah masuk pekan ke-13 dengan semangat yang kian anjlok, di mana dengan tema tantangan di setiap pekan selama tahun 2017 sudah berhasil menyumbang tulisan-tulisan nggak jelas di blog saya.

Kalau di Liga Blogger Musim 4 kemarin, menjelang akhir Maret seperti ini sudah hampir mencapai puncak klasemen, LBI musim 5 sekarang bakal melalui pekan yang lebih panjang dan mungkin bisa berakhir sampai pada Agustus 2017 mendatang dan itu akan menjadi slaha satu pemicu semangat saya untuk tetap menghidupkan aktivitas blog ini. Di trisemester kali ini tim LBI memberi tantangan pekan ke-13 dengan tema "Tren Blogger Indonesia 2017" yang dulunya tema tersebut keluar pada tantangan pekan 2 di LBI musim 4. Tentunya akan ada banyak sekali pilihan tema yang bisa menjadi tren blogger 2017 kali ini.

Tapi kali ini saya bakal mengulas 5 dari sekian banyak tema blog yang sudah pasti akan terus menjadi tren sepanjang masa sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Jadi.. apa sih yang masih dan akan menjadi Tren Blogger Indonesia 2017 versi DigitaLife? Terhitung sudah 3 bulan kita melalui tahun 2017 ini, dan selama itu, menurut saya, tema yang masih dan menjadi tren di kalangan blogger adalah; travel, parenting, kuliner, tecno dan personal yang nggak bisa ditinggal di tiap tahunnya.

Travel. Seperti yang kita tahu, virus traveling sekarang ini mudah sekali menyebar dan menular, ada Si A upload foto di wisata hits ini, besoknya Si B tetiba sudah ada di sana juga, dan berlanjut ke Si C, B, X, dst, dst. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi Blogger yang mengemas tema travel blog untuk membuat ulasan-ulasan mengenai suatu tempat wisata, karena semakin banyak virus travel yang menular, maka semakin banyak juga informasi yang dibutuhkan orang yang tertular virus tersebut dalam mencapai keinginannya untuk menyejajarkan diri di antara makhluk-mahkluk hits lainnya #halah. Selain itu, traveling sendiri juga bisa menjadi self healing bagi saya, kamu dan kalian setelah puas-sepuas-puasnya menjalani rumitnya hidup ini #apeu.

Parenting. Menjadi sangat penting ketika sekarang ini banyak sekali tersebar sekumpulan mamah muda dengan kecanggihan luar biasa yang sedang membutuhkan info seputar kebutuhan pendidikan atau perawatan paripurna untuk buah hati mereka. Ya, bahkan banyak saya temui forum-forum khusus bunda dan mamah sekalian yang mengulas artikel entah itu mengenai rekomendasi pendidikan, MPASI terbaik atau cara tepat untuk bunda yang memberi ASIP pada buah hatinya dst. Saya sendiri pernah mempraktikkan tips yang saya temukan di sebuah artikel tentang mengobati bapil pada balita usia 7 bulan secara alami, dan terbukti cara itu manjur banget. Dan mungkin dari 1-2 atau bahkan lebih banyak lagi tips dari sebuah artikel yang berhasil memenuhi kebutuhan informasi akan parenting tersebutlah, blog dengan tema parenting akan selalu ramai dikunjungi.

Culinary. Kadang traveling saja kurang lengkap kalau belum coba makanan khas dari tempat yang sedang kita kunjungi, blog dengan tema kuliner bisa menjadi pelengkap dari travel blog dengan menyajikan ulasan-ulasan tentang makanan wajib coba ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Tapi bukan hanya terpaku pada rekomendasi makanan saja, sih, karena blog kuliner dengan fokus resep juga nggak kalah ramai. Apalagi bagi newlywed, byuh.. mereka yang lagi semangat-semangatnya melayani suami dengan menyajikan kreasi masakan yang super enak pasti bakal searching, browsing dan googling #halah resep makanan yang menjadi favorit suami. Selain newlywed buat kamu yang dalam masa pedekate sama camer bisa juga tuh, dicoba car-cari resep makanan favorit camer, biar dapat nilai A plus #yakali..

Techno. Kalau blog dengan tema satu ini sih, nggak perlu diragukan lagi eksistensinya mengingat melambungnya ragam gadget dengan kecanggihan yang menggiurkan penggunanya yang juga nggak kalah canggih, yang kadang saking canggihnya sampai kebablasan dan malah bikin gadget eror XD. Bagi sebagian pengguna mungkin akan melakukan pertolongan pertama dengan mencari info mengenai penanganan awal yang dibutuhkan dengan ciri kerusakan pada gadget, tentunya lagi-lagi tulisan blogger akan menjadi sangat bermafaat bagi mereka. Selain fokus terhadap service, blog tekno dengan fokus pada artikel tentang ulasan spesifikasi dan harga gadget, juga bisa dipastikan akan ramai pengunjung. Maklum, "kepuasan" manusia itu seakan nggak ada habisnya, sedikit saja ada barang baru dengan spesifikasi yang lebih keren, jari-jari gadget addict bakal dengan lincah memainkan keyboard gadgetnya untuk mengumpulkan info dari barang yang menjadi incarannya.

Personal. Terlepas dari ke-4 tren di atas, blog dengan tema personal saya yakin akan tetap bersinar. Curhat sana-sini, menceritakan pengalaman hidup yang tak seindah drama korea, akan selalu memiliki tempat tersendiri bagi pembaca, entah itu untuk diambil hikmahnya, atau hanya sekedar dijadikan bahan tertawaan. Tapi yang jelas, hanya kita para personal blogger yang mampu menjadi tempat berbagi untuk sebagian orang yang nggak mampu atau belum begitu berani membagikan pengalaman pribadi yang hanya berakhir pada buku diari. Bahkan sekarang banyak saya baca tulisan-tulisan blogger hits mengenai pengalaman pribadinya yang disampaikan secara frontal, dan meski hal tersebut berpotensi menjadi viral sebagai isu sensitif, namun apa yang disampaikan kadang memang benar begitu adanya.

Lima tema di atas adalak prediksi tren blog tahun 2017 dari saya yang akhir-akhir ini jarang menjamah blog XD. Tapi meski jarang, saya tetap mengikuti arus timeline teman-teman blogger di media sosial, kok, jadi mungkin dari hasil prediksi tersebut bisa sesuai, meski nggak menutup kemungkinan melenceng juga sih, Ehehehe. Btw, kalau menurut kalian, blog dengan tema apa nih yang bakal jadi tren di tahun 2017 ini?


Sincerely,

9 comments:

  1. Traveling sama kuliner sih yang nggak ada matinya. Sama galaunya si Nuy =)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini blogger nggak bisa sumon orang apa ya XD

      Delete
  2. Paling setuju dg prediksi personal blogger. Awal2 ngeblog, postingan2 personal inilah yg mendominasi.

    Eh, Mas Yos kok ngomongin Mbak Nuy di sini. Ciyee. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rin.. Aku juga awalnya personal banget, segala bikin artikel opini ala-ala..

      Iya nih, Bang Yos, kok ngomongin Mbak Nuy di sini. Ciyee. Wkwkwk.

      Delete
  3. Personal Blog sekarang pun semakin banyak yang isinya sponsored post tetapi itu nggak bisa disepelekan, karena dari ide dan hasil tulisan personal blogger lah yang lebih jujur dan ga nulis kalay robot

    ReplyDelete
  4. wahh mantabb... bener banget sihmm travelling ga akan bakal matinya... yg ptg bs mengispirasi..

    salam inspirasi,
    mas olo (sesuapnasi.com)

    ReplyDelete
  5. Personal blogger tetep ga ada matinya kayaknya deh. Soalnya tiap orang yang mau bikin blog bisa jadi tujuannya buat curhat :D

    ReplyDelete
  6. aku baru mulai ngeblog O_O aku kayaknya blogger personal. isinya curhat-curhat busuk doang haha :D

    ReplyDelete
  7. saya milih jadi yg nomor 4 deh. :D

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com