Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Cara Sederhana Menarik Minat Baca Pengunjung Blog

with 2 comments

Menarik perhatian pembaca blog itu gampang-gampang susah, bagi sebagian blogger yang sudah memiliki tema serta memiliki khas tersendiri, biasanya memang lebih berhasil memiliki pembaca tetap yang kadang malah 'menuntut' nggak sabar menanti update dari blog tersebut. Berbeda dengan blog yang masih memiliki tema yang belum pasti alias gado-gado, blogger harus menerapkan cara-cara out-of-box agar tulisannya berhasil menarik minat pembaca.

Beberapa cara sederhana ini mungkin bisa diterapkan untuk sedikit menarik perhatian pembaca;

Pertama bisa dengan menentukan nama domain yang mudah diingat, sehingga ketika ada pembaca yang pernah mampir blog kita dan sewaktu-waktu mau cari artikel lain yang related sama postingan yang pernah dia baca di blog kita, dia bisa dengan mudah mengingat dan tentunya mengetik nama domain blog kita.


Kemudian paling tidak, kita memiliki beberapa postingan yang bisa masuk halaman utama penelusuran google ketika pembaca mengetikkan "kata kunci" yang sesuai dengan postingan kita, tentunya dari salah satu postingan tersebut bisa mengarahkan pembaca dari laman utama google ke blog kita. Lalu bagaimana agar postingan kita bisa masuk laman utama google? Duh, sebenarnya saya nggak paham-paham banget juga, sih soal beginian. Tapi dari materi-materi online yang saya pelajari sependek menjadi blogger, kita bisa memanfaatkan SEO atau dengan menulis tema postingan yang banyak dibutuhkan orang, postingan yang benar-benar menyajikan informasi secara lengkap serta fokus bahasannya nggak lari ke sana-sini dan tentunya postingan tersebut dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang dimiliki pembaca. Selain 2 cara tersebut, kita juga bisa menjadikan bahasan tertentu yang sedang viral di waktu tertentu juga sebagai tema tulisan, ya.. biasanya yang sedang viral begitu kan banyak yang cari.


Dan yang sedang saya coba terapkan sekarang ini adalah dengan membuat tampilan blog sesederhana mungkin, penempatan widget yang rapi dan mudah dimengerti, menjadikan tampilan postingan lebih dominan agar pembaca nggak keganggu sama penampakan lain ketika sedang fokus membaca, menyuguhkan tampilan blog yang lebih fresh dengan paduan warna lebih ceria dari template lama saya yang mengemas warna monochrome. Karena, kadang biasanya pembaca masuk blog itu yang diperhatikan lebih dulu adalah tampilan blog-nya. Kalau enak dipandang mata biasanya dia nggak bakal buru-buru close tab. Terakhir tentunya dari tampilan yang sederhana tersebut bisa membuat loading blog lebih ringan.

Gambar pendukung yang menarik dan sesuai dengan tema pembahasan sebuah postingan juga bisa membantu untuk mendatangkan pembaca. Seperti yang saya sebut sebelumnya pembaca itu kadang lebih melihat tampilannya dulu dari pada isinya. Kalau dia nyaman dengan tampilan yang disuguhkan, kemungkinan dia akan dengan leluasa juga membaca postingan-postingan kita.

Blogwalking. Jujur saya sendiri jaraaang sekali blogwalking, tapi saya lihat di blog teman-teman blogger yang kolom komentarnya selalu ramai itu biasanya mereka yang rajin jalan-jalan ke blog tetangga, dan cara tersebut menurut saya sangat efektif buat mendatangkan pembaca dari.... sesama blogger(?). Tapi... sayang banget kegiatan tersebut kurang efisien buat saya. ~~~~\o/

Terakhir dari saya adalah membagikan link tulisan di semua media sosial yang kita punya. Ini biasanya yang paling banyak mendatangkan pembaca. Tapi bukan cara mudah juga sih, karena pembaca nggak asal klik link begitu saja, Judul Postingan yang mengundang rasa penasaran biasanya sering menjadi daya tarik ketika kita sedang membagikan postingan di media sosial, tentunya selain preview gambar pendukung yang biasanya muncul ketika link dibagikan.

Beberapa cara di atas adalah cara yang biasa saya terapkan dan menurut saya merupakan cara yang paling sederhana atau bisa dibilang mudah untuk menarik perhatian pembaca agar masuk ke blog kita. Tapi saya percaya, selain cara-cara yang saya sebutkan di atas, pasti teman-teman blogger memiliki banyak cara lain yang bisa diterapkan. Mungkin bisa ditambahkan di kolom komentar saya?


Sincerely,
Cara Sederhana Menarik Minat Baca Pengunjung Blog













2 comments:

  1. Setuju dengan cara-cara di atas. Untuk blogwalking memang efektif sih menurut saya. Cuma susah kalau harus page one, SEO saya nol besar.

    ReplyDelete
  2. saya biasanya dengan melakukan blogwalking sehingga website dapat memperoleh backlink dan dikenal para blogger

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com