Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Korelasi Media Sosial dengan Blogger

with 2 comments
Korelasi Media Sosial dengan Blogger
Credit; Pixabay

Di era digital ini kita pasti sudah nggak asing dengan yang namanya media sosial, sarana yang menghubungkan kita dengan sanak-saudara, teman, atau mereka yang berada jauh terpisah jarak dengan kita. Bukan hanya sebagai sarana komunikasi, sekarang ini media sosial juga merupakan salah satu "tempat" menjanjikan bagi para pebisnis, mempromosikan barang dagangan atau layanan jasa menjadi sangat praktis dengan adanya media sosial, pun dengan respon yang diperoleh, asal kita tekun dalam mengelola dan mempromosikan produk/jasa yang kita miliki.

Lalu apa korelasi antara media sosial dan blogger?

Kalau menurut saya, sih.. Blog itu merupakan bagian dari media sosial juga, kita bisa berinteraksi dengan teman/pembaca serta mengenalkan brand kita melalui postingan yang ditulis, hanya saja, cakupannya lebih detail, di mana kita bisa dengan leluasa dalam menuliskan "status", dalam ranah blogger, status sendiri bisa dikatakan sebagai postingan, bedanya.. Kalau di media sosial seperti facebook, twitter, wa/insta story, kita hanya menuliskan inti dari status, kalau nulis di blog kita bisa lebih jelas dengan menerapkan unsur 5W+1H, orang yang membaca tulisan di blog akan tau, latar belakang "status" yang kita bagikan tanpa menebak-nebak atau penasaran apa yang melatarbelakangi terbitnya status tersebut.

Tentunya, media sosial yang saya sebutkan di atas juga tetap memiliki pengaruh penting terhadap tulisan kita di blog. Misal dengan menjadikan sedikit kutipan di blog sebagai status di facebook atau twitter, agar kutipan tersebut dapat mengundang rasa penasaran mereka yang membaca status kita sehingga tergerak untuk mencari tau kelanjutannya dengan meng-klik tautan yang kita cantumkan dalam kutipan status. Hal ini tentu bisa menambah jumlah pembaca tulisan kita dan barangkali bisa menjadi pengunjung blog tetap juga kalau tulisan kita sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembaca.

Media sosial juga berperan penting sebagai wadah untuk kita para blogger agar bisa "merasa lebih dekat". Melalui status tentang kegiatan sehari-hari mereka, gathering apa yang sedang mereka ikuti, siapa saja teman blogger yang lagi kopdaran, jadi sedikit-banyak kita akan tau kegiatan offline para blogger itu seperti apa. Apalagi bagi blogger pinggiran seperti saya, yang cuma bisa menerawang di depan layar pc, bawaannya mupeng aja kalau lagi lihat temen-temen blogger share kegiatan offline mereka, ciyan banget lah pokoknya.
Selain itu, menemukan informasi-informasi tentang jadwal kegiatan blog pun akan semakin mudah melalui update dari grup komunitas maupun sesama blogger, seperti info lomba blog, info kegiatan gathering di beberapa daerah tertentu, ataupun info tentang penawaran job untuk para blogger.

Nah, sekarang sudah tau kan korelasi antara media sosial dengan blogger? Syukur-syukur kalau tulisan yang kita bagikan bisa berdampak positif bagi pembacanya, karena nggak semua tulisan di blog itu akurat,  pasti ada yang kurang, namanya manusia nggak ada yang sempurna. Jadi pembaca tetap harus meneliti keabsaan postingan tersebut. Intinya bijaklah dalam bersosial media. 

Yuk ah mari, maksimalkan penggunaan media sosial kamu dengan hal-hal positif, jangan hanya sebagai tempat kamu berbagai berita hoax saja. Oke?!


#BPN30dayChallenge2018 day 5, tema; "Media Sosial".

Salam :)
Korelasi Media Sosial dengan Blogger

2 comments:

  1. Yuk mbk kita optimalkan sosial media untuk hal positif. Say no to hoax. Makasih sharingnya mbak. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  2. Betul, di blog 'status' kita lebih panjang dan bercerita. hehehe, kadang klo mau bikin status panjang, aku mikir lagi, apa nggak lebih baik diposting di blog ya? hahaha Tentang perjalanan dan pertanyaan seringnya aku lembar ke komen blog. jawabnya itu sekalin.

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com