Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

5 Hal Sederhana Agar Kesehatan Jasmani dan Rohani Tetap Terjaga

with Leave a Comment
5 Hal Sederhana Agar Kesehatan Jasmani dan Rohani Tetap Terjaga

Tema tentang tips hidup sehat ini sebenarnya jauh dari "menu" saya sehari-hari. Diet makanan? Nggak pernah sama sekali, apapun makanan yang saya suka, saya selalu mengonsumsinya tanpa memerhatikan sebab-akibat terhadap tubuh di kemudian hari. Olahraga pun saya nggak memilik jadwal tertentu untuk melakukannya, paling sekedar jalan-jalan pagi biasa. Tapi setidaknya saya tetap melakukan hal-hal sederhana ini untuk menjaga jasmani serta rohani saya agar tetap sehat dan berada dalam  lingkup yang positif.


5 hal tersebut adalah;

1 Gelas Air Hangat di Pagi Hari

Segelas air hangat di pagi hari bisa sangat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya yakni memperlancar pencernaan. Air hangat dipercaya bisa menjadi pembersih saluran pencernaan alami, dan meminumnya di pagi hari sangat efektif untuk digunakan sebagai detoks racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan yang sudah kita konsumsi di hari sebelumnya. Selain itu, untuk wanita yang sedang dalam masa menstruasi, air hangat juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri di perut, air hangat yang kita minum di pagi hari bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga otot-otot dalam perut bisa terasa lebih rileks serta perut akan terasa tenang dan nyaman.

1 Sendok Makan Madu Sebelum Tidur

Madu merupakan salah satu cairan yang memilik banyak sekali manfaat dan dipercaya sebagai zat yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk madu ini biasanya saya minum 1-2 sendok makan sebelum tidur, dan saya benar-benar merasakan efeknya, badan jadi terasa lebih fresh dan kepala pun yang kadang terasa pusing setelah seharian bekerja, jadi bisa lebih ringan keesokan harinya. Selain itu, madu juga bisa digunakan sebagai pengganti gula dalam campuran teh, susu, atau minuman lainnya, hal ini tentu dapat mengurangi resiko berlebihnya kadar gula darah dalam tubuh kita.

1 Liter Air Mineral Setiap Harinya.

Sebagai ibu bekerja, air mineral memiliki peran penting dalam keseharian saya. Jadi, kalau saya terlalu fokus pada task yang saya kerjakan sampai lupa lupa nggak minum air atau air yang saya minum kurang cukup,  punggung saya akan terasa sangat kaku setelahnya, dan saluran pencernaan pun seakan ada yang nggak beres. Jadi saya selalu berusaha untuk menyiapkan sedikitnya 1 liter air di meja saya, sebelum memulai pekerjaan. Pada dasarnya, mengonsumsi air mineral itu sendiri merupakan hal utama yang harus kita perhatikan demi terjaganya kesehatan tubuh kita. Bukan hanya ibu bekerja, siapapun harus mengonsumsi air yang cukup bagi tubuhnya karena air putih bermanfaat untuk menetralisir segala lemak jahat ataupun toxic lain yang terkandung dalam setiap makanan yang kita konsumsi.

Hindari Berita yang Belum Jelas Kebenarannya.

Hoax, salah satu penyakit yang saat ini benar-benar harus dihindari. Bukan hanya mengakibatkan sakit hati, penyakit ini bahkan bisa menyebabkan hilangnya sebuah nyawa. Jadi, sebisa mungkin hindari isu-isu yang dibagikan melalui media sosial namun belum jelas kebenarannya. Mungkin akan muncul berbagai pertanyaan yang meragukan seperti.. Memang kenapa? Kita kan cuma bantu share kalau benar ya syukur, kalau hoax kan bisa dijadikan pengingat bagi yang membacanya. Tapi apakah kita tahu dampak yang disebabkan oleh info hoax tersebut, beberapa orang ada yang diliputi keresahan mendalam, di sisi lain ada yang debat kusir secara totalitas sehingga lupa batas, di mana semua kalimat-kalimat menyakitkan dan nggak layak, ditulis begitu saja oleh jari-jari polos kita, dan akhir dari perdebatan tanpa henti itu hanya akan menimbulkan permusuhan serta kebencian. Percayalah, itu nggak baik buat rohani kita, makanya seringkali saya sampaikan di setiap tulisan saya "Bijaklah dalam Bermedia Sosial" itu tentu saja demi hati, jiwa dan pikiran kalian agar selalu dalam keadaan tenang.

Berkumpul dengan Orang-orang Positif

Dalam bersosialisasi, kita akan dipertemukan dengan berbagai jenis sifat, sikap, dan kepribadian manusia, ada yang positif ada pula yang negatif. Sebagai orang yang faham betul bagaimana kehidupan sosial berlaku, norma-norma sosial yang harus dipatuhi, pun hukum sosial yang saat ini begitu mudah ditujukan pada seseorang, kita harus bisa menjaga diri dari orang yang cenderung berlaku ataupun berfikir negatif, dan mendekatkan diri kepada orang-orang yang memiliki energi positif. Hal ini lumrah, karena dalam fikiran kita pasti terdapat ketakutan-ketakutan akan masalah yang nantinya mungkin ditimbulkan oleh mereka yang suka menebar aura negatif, pun sebaliknya, berkumpul dengan orang di lingkup yang lebih positif akan membuat diri kita tenang, tanpa perlu resah akan terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Tapi meski begitu, segala sesuatu tetap terjadi atas kehendak Sang Pencipta, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa agar dijauhkan dari segala hal negatif, dan agar diberi ketenangan hati dengan selalu berfikiran positif.

Baiklah, sekian tips sederhana agar  kesehatan jasmani sekaligus rohani kita bisa terjaga dan selalu dalam lingkup energi yang positif, semoga bermanfaat dan.. Waktu dan tempat saya persilahkan bagi pembaca yang ingin menambahkan tips bermanfaat lain melalui kolom komentar yang tersedia.

#BPN30dayChallenge2018 day 12, Tema; "5 Tips Hidup Sehat Versi Kamu".

Elisa ^^
5 Tips Hidup Sehat Jasmani & Rohani

0 Komentar:

Post a Comment

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com