Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Liburan Menyenangkan Tanpa Keluar Banyak Uang?

with Leave a Comment
Tips Liburan Menyenangkan Tanpa Keluar Banyak Uang?

Liburan selalu identik dengan jalan-jalan atau bepergian ke taman hiburan, makan-makan pun kadang nggak boleh ketinggalan, dan setidaknya dibutuhkan persiapan matang dari segi fisik maupun keuangan. Nggak asik juga kan kalau pas jalan-jalan, eh.. tiba-tiba badan pegal-pegal, dan lagi ketika sedang dihadapkan dengan sovenir untuk buah tangan yang uwu-uwu, eh.. kitanya kehabisan uang. Tapi nggak selamanya liburan yang menyenangkan itu harus dengan mengeluarkan banyak uang, kok. Saya sendiri kalau hari libur gitu lebih sering di rumah dan tetap liburan saya berlangsung dengan sangat menyenangkan. 


Oke, tentunya banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan dengan hanya menghabiskan hari libur di rumah. Dan itu cukup untuk membuat hari libur kita jadi menyenangkan sehingga kita pun siap untuk menghadapi kenyataan ketika liburan akan digantikan dengan hari senin yang kadang mendebarkan ^^

Maraton film. Menikmati film keluarga di hari libur menjadi pilihan yang sangat sederhana, namun cukup membuat anak-anak excited. Jadi biasanya sebelum hari libur datang, saya sudah menyiapkan beberapa film keluarga untuk bisa dinikmati bersama anak-anak. Saya akan mengambil contoh liburan di akhir pekan /sabtu-minggu/, di mana pada hari itu kaka tetap masuk sekolah, karena hampir semua madrasah di tempat saya masih menerapkan libur di hari Jum'at. Jadi, kalau pagi pas kaka sekolah, saya nggak mau ngambil start buat mulai nonton duluan, kurang seru dan kasihan juga kalau ditinggal nonton. Siangnya pas sudah kumpul semua di rumah, saya ajak anak-anak buat istirahat tidur sebentar, lalu menjelang sore baru kita memulai sesi marathon filmnya dengan ditemani camilan-camilan favorit.

Membuat DIY atau mainan lego sama bocil juga bisa jadi hal yang menyenangkan, lo. Biasanya kita selalu mencoba bikin figur-figur baru dengan bekal tutorial di youtube. Meskipun sangat sederhana, mengisi hari libur dengan kegiatan ini bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri buat kita, karena bisanya kalau weekdays mereka saya tinggal kerja, jadi meskipun hanya di rumah, asal kita bisa berkumpul bersama, berbagi ide dan saran ketika akan mencoba membuat sebuah figur baru dari lego, dan mendengarkan celoteh-celoteh mereka yang tanpa henti agar bisa mendapat perhatian dari saya saja sudah angat-sangat membahagiakan.

Selain kegiatan indoor - di rumah aja maksudnya hehehe.. Kadang saya ajak anak-anak kuliner kecil-kecilan di dekat rumah juga. Berbeda denga bandrol jajanan di kota-kota, harga jajanan di daerah saya itu standar daerah pinggiran banget, murah meriah, jadi nggak perlu khawatir keluar uang banyak kalau lagi ngajak anak-anak kulineran. Biar nggak bosan liburan indoor, harus tetap diselingi dengan kegiatan outdoor kan ya.. Yassalam ini indoor sama outdoor udah kayak "liburan beneran" aja, padahal cuma di dalam rumah dan luar rumah XD

Kegiatan outdoor lain adalah.. jalan-jalan ke pantai yang banyak terdapat di sekitar daerah saya, mulai dari pantai lorena, pantai pasir putih, pantai mangrove, dan beberapa pantai lainnya.. Untuk bisa menikmati pantai-pantai tersebut biasanya cuma harus bayar parkir kendaraan, dan kalaupun ada, tiket masuknya hanya berkisar Rp 10.000 - Rp. 25.000 dan itu murah banget. Meskipun di daerah saya ada juga wahana bermain skala besar seperti Wisata Bahari Lamongan atau Maharani Zoo and Goa, saya kurang srek aja kalau mau ngajak bocil main ke sana, karena taman bermain seperti itu biasanya pasti bakal penuh sesak, apalagi pas weekend, duh kasian juga bocil, kalau saya ajak capek-capek antri tiket maupun antri wahana-wahana di dalam. Tapi kalau lagi pengen liburan kayak gitu biasanya saya mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Maklum, bawa anak kecil jadi persiapannya harus matang daripada nanti pas liburan hectic sendiri, kan..

Baiklah di atas adalah liburan menyenangkan tanpa keluar banyak uang versi saya. Sebenarnya sih, itu cuma siasat saja, gimana ya.. Emaknya sudah keduluan encok kalau mau ngajak main bocil aktivitas luar rumah jauh-jauh, apalagi Qeis ini anaknya super duper aktif banget, jadi seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau mau liburan versi orang-orang yang kekinian jaman now, saya harus benar-benar memiliki persiapan yang matang, mau itu hati, fikiran, kesiapan tenaga ekstra, dan tentunya uang jajan ekstra juga. Ibu-ibu liburan menyenangkan yang paling sederhana bareng bocil biasanya seperti apakah? Share dong, biar bisa dipraktikkan di rumah juga hihihi ^^

#BPN30dayChallenge2018 day 20, Tema; "Yang Dilakukan di Hari Libur".

Salam ^^
Liburan Menyenangkan Tanpa Keluar Banyak Uang?

0 Komentar:

Post a Comment

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com