Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Musim Hujan dan Nyamuk Nakal

with Leave a Comment
cara mencegah dan membasmi jentik nyamuk di musim hujan
Credit; Pixabay

Musim hujan sudah datang. Dan, biasanya bukan hanya batuk-pilek atau alergi saja penyakit yang harus diwaspadai selama musim dengan cuaca yang dingin ini, kita juga harus memerhatikan banyaknya genangan air di mana pada genangan tersebut biasanya menjadi tempat untuk berkembang biak nyamuk. Jangan sampai karena kita membiarkan genangan air dihinggapi nyamuk begitu saja, nyamuk tersebut dengan mudah menyebarkan telurnya yang berupa jentik nyamuk dan bisa bertumbuh dengan leluasa. Karena pada akhirnya kita juga yang akan merasa was-was dengan berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan. Lalu bagaimana agar kita bisa mencegah jentik nyamuk tersebut agar tidak semakin meningkat populasinya?



Beberapa hari yang lalu saya membaca tulisan salah seorang teman blogger tentang bagaimana cara mencegah dan membasmi jentik nyamuk di rumah. Untuk tahap-tahap pencegahan berkembangnya jentik nyamuk sendiri ternyata begitu mudah untuk dilakukan, seperti menguras bak mandi ataupun tempat penampungan lain yang sekiranya terdapat genangan air di sana, dengan jangka waktu 3 hari sekali, karena sebenarnya tempat bertumbuhnya jentik nyamuk ini justru bukan di air keruh melainkan air bersih seperti tempat kolam ikan atau bak di kamar mandi. Dan sebisa mungkin untuk menutup tempat-tempat penampungan air seperti tandon, sumur ataupun ember yang berada di dalam rumah agar nggak dijadikan sebagai sarang nyamuk. Mengubur barang yang sudah nggak digunakan, atau kalau mau barangnya bisa dimanfaatkan lagi, mungkin DIY bisa jadi solusi, dengan mencari tutorial DIY yang sekarang sudah banyak tersebar di google. Yang terakhir adalah dengan menggunakan antiseptik yang dicampurkan dengan air bak mandi atau tempat air lainnya. 

Selain hal tersebut di atas, Mbak Nur Aliah Saparida juga menuliskan di blog-nya bahwa hal-hal kecil seperti gelas minum, tatakan gelas yang berada di dispenser, atau tampungan air di belakang kulkas juga harus sering-sering dicek, agar tidak menjadi sasaran sarang jentik nyamuk. Selanjutnya untuk cara penggunaan antiseptik, abate atau fogging juga dijelaskan secara detail dalam postingan yang saya cantumkan link-nya di atas, karena ternyata terdapat tata-cara khusus dalam penggunaannya.

Tahap yang dilakukan dalam mencegah atau membasmi jentik nyamuk ini memang terbilang mudah, namun semua itu akan menjadi sangat berat ketika rasa malas menguasai diri kita. Apalagi seperti yang sudah saya tulis di awal, pada musim hujan seperti sekarang ini merupakan waktu yang tepat bagi nyamuk nakal untuk berkembang biak, mengingat akan ada banyaknya genangan air yang mudah untuk dihinggapi, maka dari itu, untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih, kita harus bisa melawan rasa malas tersebut. Oke?

#BPN30dayChallenge2018 day 16, Tema Pengganti; "10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking".


Salam ^^
cara mencegah dan membasmi jentik nyamuk di musim hujan

0 Komentar:

Post a Comment

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com