Personal Blog, Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Catat Nih! Keuntungan Punya Investasi Bagi Generasi Z dan Millenial

with Leave a Comment
Keuntungan Investasi Generasi Z dan Generasi Millenial dengan Pluang

Usia muda adalah usia yang paling pas untuk melakukan investasi. Bagaimana tidak, apabila kita melakukan investasi sedari dini, maka kemungkinan besar kita bisa sukses dalam usia yang relatif muda.

Tertarik dengan investasi anti ribet? Pakai aplikasi Pluang saja! Kamu bisa mengakses aplikasi ini dari hp untuk berbagai produk investasi.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari investasi sejak usia muda? Yuk, kita simak sama-sama informasinya di bawah!

1. Return Tinggi Bikin Untung Membludak
Sifat dari investasi adalah menanam modal sehingga di kemudian hari mendapatkan untung yang berlipat. Investasi sendiri bentuknya bisa macam-macam, mulai dari reksadana, emas, hingga saham. Tinggal disesuaikan dengan minat kalian sebagai investor.

Berapa sebenarnya nilai return alias balik modal dari investasi itu sendiri? Hal ini tergantung dari jenis investasinya.

Investasi yang cenderung memiliki risiko kecil biasanya nilai return-nya antara 2% - 7%. Sedangkan investasi yang memiliki risiko moderat hingga tinggi, nilai return-nya bisa mencapai 20%!

Yang menariknya lagi, jika kamu mencoba investasi reksadana di aplikasi Pluang, ada produk reksadana pendapatan tetap yang diberi nama UOBAM Dana Membangun Negeri yang bisa sekaligus berkontribusi pada pembangunan negara lho!

Pasalnya dana yang terkumpul sebanyak 80% akan dialokasikan ke obligasi BUMN dan pemerintah yang merupakan salah satu sumber pendanaan pemerintah untuk membiayai belanja pemerintah yang tertera pada APBN. Hitung-hitung mengejar untung sekaligus membantu negeri, menarik ya?

2. Siap - siap buat Dana Nikahan
Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda saat melakukan investasi. Ada yang tujuan keuangannya menjadi orang kaya, ada juga yang tujuan keuangannya adalah mempersiapkan dana pernikahan.

Pesta pernikahan hanya gerbang awal dalam mengarungi bahtera rumah tangga lho. Sebenarnya ada banyak sekali pengeluaran pernikahan di luar pesta pernikahan itu sendiri. Sebagai contoh, pastinya setelah menikah kamu membutuhkan perabot rumah tangga dan mengontrak rumah bukan?

Nah, rata-rata dana yang kamu butuhkan untuk pesta pernikahan dengan tamu undangan kira-kira 100 orang saat ini berkisar di angka Rp 40 juta. Belum termasuk membeli perabotan rumah tangga.

Kalau kamu tidak menyiapkan dana untuk persiapan menikah ini sejak dini, maka kamu akan kesulitan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan sesuai impian. Bahkan, banyak pasangan pengantin yang akhirnya terjerat hutang setelah melakukan pesta pernikahan.

Yuk, penuhi mimpi kamu untuk memiliki pesta pernikahan sesuai idaman serta bebas hutang dengan berinvestasi sejak usia muda!

3. Biaya Sekolah Anak
Investasi juga bisa menyelamatkan kamu dari tingginya inflasi biaya pendidikan anak. Sebagai bahan perbandingan kamu, biaya masuk kuliah jurusan komunikasi di universitas negeri pada tahun 2000 ada di kisaran Rp4 juta rupiah, kemudian pada tahun 2010 meningkat menjadi Rp 20 juta rupiah, dan pada tahun 2020 nilainya ada di kisaran Rp 40 juta rupiah.

Terlihat kan bahwa biaya sekolah juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Maka dari itu kamu perlu menyiapkan biaya pendidikan anak-anak sejak mereka masih kecil, atau bahkan sebelum kamu memiliki anak.

Pilihlah jenis investasi yang gampang dicairkan sewaktu-waktu sesuai dengan siklus pendidikan anak-anak, yakni di pendidikan dasar, tingkat lanjutan, hingga kuliah. Salah satu investasi yang cocok untuk kriteria tersebut adalah investasi reksadana serta emas batangan.

4. Menikmati Masa Tua yang Aman
Generasi Millennial atau gen Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 - 1995. Sedangkan generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1996 - 2010. Saat ini mereka adalah generasi produktif di Indonesia.
.
Dua generasi ini sudah terbiasa dengan hidup dengan banyak kemudahan dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Kamu pastinya tidak ingin gaya hidup ini berlalu setelah tua dan memasuki masa pensiun bukan?

Salah satu cara supaya kamu tetap dapat menikmati masa pensiun dengan aman dan nyaman adalah mempersiapkan dana pensiun melalui investasi. Persiapkan dana pensiun kamu dengan cermat supaya gaya hidup yang kamu miliki selama usia produktif masih bisa kamu nikmati setelah pensiun.

5. Membahagiakan Orang tua
Tujuan investasi bukan melulu untuk kebahagiaan diri. Bisa jadi orang berinvestasi dan mendapat banyak keuntungan justru karena ingin membahagiakan orang lain, contohnya orangtua.

Selama ini banyak sekali cerita anak-anak yang sukses bekerja keras dan mendapat banyak keuntungan dengan harapan untuk membahagiakan orang tua. Tidak sedikit anak muda yang punya impian ingin membuatkan rumah untuk orang tua, hingga ingin memberangkatkan orang tua untuk umroh dan haji.

Kamu bisa juga seperti itu. Caranya, investasikan uang kamu di instrumen keuangan dengan keuntungan besar yang hasilnya untuk membahagiakan keluarga kamu.

6. Passive Income tanpa Harus Kerja Keras
Investasi itu tidak seperti menabung, dimana uang kita diendapkan di bank dan tidak menghasilkan apa-apa. Investasi itu membiarkan uang kita bekerja sendiri tanpa kita perlu susah payah bahkan bisa jadi modal pembangunan negara. Sehingga investasi disebut juga dengan passive income.

Contoh sederhananya apabila kamu berinvestasi di instrumen Surat Berharga Negara (SBN), maka uang yang kamu tanamkan tersebut akan menjadi modal negara dalam melakukan pembangunan. Saat negara makin maju, pastinya kita juga akan mendapat pembagian keuntungan dari negara.

Kapan lagi coba membiarkan uang yang bekerja bagi kita dan mendukung pembangunan? Kamu sebagai generasi muda bisa mendapat passive income sekaligus menjadi pahlawan negara hanya dengan berinvestasi lho.

Itu dia deretan keuntungan melakukan investasi bagi generasi millennial dan gen Z. Semoga makin menginspirasi kamu untuk segera berinvestasi. Yuk, mulai investasi dari sekarang!










Save Dulu, Ini 7 Wisata Menarik di Jogja untuk Dikunjungi

with Leave a Comment
Rekomendasi 7 Wisata Alam Menarik di Jogja untuk Dikunjungi


Saat ini Jogja masih masuk dalam area PPKM Level 4 yang membuat banyak tempat wisata ditutup sementara waktu. Kota-kota di sekitar Jogja pun memiliki level PPKM yang berbeda-beda dengan tempat wisata yang buka secara terbatas. Tapi ini bukan berarti kamu tidak bisa liburan seru saat di Jogja lho!

Kamu bisa staycation dulu di hotel atau villa di kota mu yang punya pemandangan killer, lalu nanti setelah PPKM berakhir, baru bisa main ke tempat wisata. Yuk save dulu wisata menarik di Jogja berikut ini untuk referensi nantinya jika semua tempat wisata sudah buka.

1. Tebing Breksi
Tempat wisata unik di daerah Prambanan, Kabupaten Sleman ini menawarkan wisata dengan latar berfoto yang apik. Bebatuan breksi yang dulunya bekas tempat penambangan ini sudah dihias sedemikian rupa dengan ukiran-ukiran keren pada dindingnya. Dari atas tebing in kamu bisa menikmati pemandangan yang cantik lho! Belum lagi jika datang ke tempat ini saat matahari terbenam, pemandangannya begitu syahdu!

Selain berfoto ria, di Tebing Breksi juga menyediakan penginapan dengan tema camping yang seru. Kamu akan tidur di tenda-tenda yang disediakan dan jika cuaca cerah, kamu akan ditemani ribuan bintang yang bisa terlihat jelas dari sini lho!

2. Gerbang Banyu langit
Wisata yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini menawarkan tempat wisata alam yang asri dengan pemandangan yang ciamik. Di tempat ini terdapat area bermain di dekat Sungai Opak, ada juga ayunan dan ban karet.

Tapi spot yang paling disukai adalah menara bamboo yang punya tiga lantai yang dihubungkan dengan jembatan. Bangunan menara ini saja sudah unik, belum lagi pemandangan di sekitarnya. Dijamin kamu akan punya banyak stok foto keren dan bisa sekalian refreshing juga. Menarik ya!

3. Kalibiru Kulon Progo
Bergeser ke Kabupaten Kulon Progo ada kawasan wisata Kalibiru di Hargowilis yang pas sekali untuk dikunjungi. Suasananya yang asli khas pegunungan, belum lagi banyaknya spot foto keren yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto liburan yang menantang.

Dari kawasan wisata ini juga menawarkan pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dari ketinggian. Wisata Kalibiru sudah sangat dikenal keindahannya oleh warga lokal maupun wisatawan. Jadi saat PPKM selesai, yuk ngadem disini!

4. Grojogan Watu Purbo
Berada di Kabupaten Sleman, air terjun yang satu ini sempat viral di media sosial lho! Tak heran memang karena disini kamu bisa melihat air terjun dengan enam tingkat yang sangat keren. Tingkatan air terjun ini bukan dibuat manusia, melainkan bebatuan besar yang terbentuk secara alami.

Selain air terjun yang napak menjulang, pemandangan di sekitar air terjun ini juga juara. Kamu bisa berfoto di dekat jembatan atau di atas batu-batu yang menghiasi sungai dari aliran air terjun dengan latar belakang grojogan ini agar feed media sosialmu tak kalah menarik.

5. Heha SkyView
Tempat wisata yang menawarkan spot selfie dengan pemandangan begitu keren yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Jogja nantinya setelah PPKM usai. Di sini terdapat café dengan spot selfie yang unik dan kreatif yang menyuguhkan pemandangan kota Jogja dan sekitarnya dari ketinggian.

Berada di daera Guunung Kidul, Heha SkyView bisa jadi tempat makan yang unik karena kamu bisa mencicipi ragam kuliner sambil ditemani pemandangan yang begitu wow.

6. Puncak Kosakora
Bukit karst yang ada di atas Pantai Ngrumput di Gunung Kidul ini jadi spot paling sempurna untuk melihat indahnya sunset di Jogja. Sembari menunggu matahari terbenam, kamu isa duduk santai ditemani semilir angin khas pantai dan pemandangan yang menyejukkan mata dan hati; kombinasi birunya air laut, suara ombak yang menderu serta semak pepohonan.

Banyak juga yang menggelar tenda dan camping disini untuk berburu matahari terbit, melihat bintang di malam hari dan bermain di pantai yang sepi. Wah, pasti seru nih!

7. Lava Bantal
Berada di Bantul. Wisata yang satu ini menggabungkan wisata alam dengan wisata memacu adrenalin karena disini ada geo tubing seru yang bisa diikuti. Lava Bantal merupakan sisa lahar gunung yang mengendap dan mengeras sehingga membentuk kontur bebatuan yang unik.

Airnya yang jernih dan terlihat kebiruan semakin membuat tempat wisata ini begitu indah. Belum lagi suasana di sekitarnya yang asri, cocok sebagai destinasi untuk melepas penat dan seru-seruan ikut susur sungai (geo tubing) dengan naik ban.

Nah, sudah tidak sabar untuk bisa liburan lagi? Sabar, PPKM akan segera selesai dan tempat wisata pun bisa buka kembali. Kamu bisa sekalian staycation Jogja sambil main ke tempat wisata ini nantinya. Namun pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang basic dimanapun kamu berada ya untuk melindungi diri dari potensi terkena virus corona bahkan saat berlibur ke wisata alam. Jadi, setelah PPKM selesai kamu paling ingin mengunjungi wisata Jogja yang mana nih?


Wisata Alam Menarik di Jogja untuk Dikunjungi Setelah PPKM









Senyumku Membuat Manajemen Keuangan Lebih Cerah

with Leave a Comment
Senyumku mencatat keuangan dengan mudah


Menjadi ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja itu gampang-gampang susah. Selain harus pandai mengatur waktu untuk bisa mendapatkan quality time bersama keluarga, seorang ibu juga harus pandai mengatur mood agar suasana rumah selalu kondusif; baik itu dari segi kenyamanan, ketenangan, kebahagiaan, dan terutama dari segi keuangan. Wah.. Bayangin aja kalau mood saya selalu dan melulu naik-turun atau bahasa gaholnya mood swing, bisa ancur itu seisi rumah kalau saya nggak bisa mengontrol dengan baik emosi saya. Buibu lain pasti ada juga lah yang seperti saya.

Saya sendiri sudah cukup lama menyandang status sebagai ibu bekerja, sudah pernah melalui galaunya "kehabisan waktu" bersama keluarga, dan pernah juga merasakan pikiran kacau karena uang kantor selisih antara data dan realita, ditambah lagi jatah belanja bulanan minus tiba-tiba. Yah.. namanya seni kehidupan, ya, adaaa aja keseruan buat ngejalaninnya.

Tapi dalam hal ini, permasalahan soal keuangan lintas jabatan merupakan salah satu masalah riskan yang akan berakibat fatal kalau sampai dibiarkan begitu saja, bagi saya sendiri yang Alhamdulillah dipercaya oleh perusahaan untuk bertanggung jawab atas uang muka ratusan unit rumah, sekaligus memiliki peran sebagai manager keuangan keluarga, setelah melalui berbagai macam kejadian up and down tentang keuangan yang meskipun terselesaikan dengan mudah karena alhamdulillah jalannya rizki itu ternyata bisa dari berbagai arah, saya tetap mencari tau, apa yang kurang tepat dari manajemen yang telah saya terapkan.

Dan tentu yang pertama kali saya teliti lagi adalah catatan keuangan, yang biasa saya tulis secara manual di atas kertas, jadul banget nggak sih, kurang srek aja kalau rekap di hp atau laptop tanpa coretan-coretan pemanis. Tapi kalau sekarang sih sudah banyak ya aplikasi keuangan digital yang bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran harian, mingguan ataupun bulanan agar semakin mudah pengaturannya. Salah satunya seperti Aplikasi Senyumku. Duh, baru baca namanya aja sudah dibikin tersenyum saya, apalagi pas pakai Aplikasi Senyumku langsung ya, pasti bakal senyum-senyum terus lihat hasilnya :))

Buat yang belum tau, Senyumku adalah produk dari PT Bank Amar Indonesia yang dulunya dikenal dengan PT Anglomas International atau Amin Bank dan didirikan pada 15 Maret 1991 di Surabaya. 

Aplikasi Catatan Keuangan Senyumku

- Aplikasi Catatatan Keuangan Digital
Merupakan aplikasi keuangan digital yang bisa digunakan untuk mencatat aktivitas keuangan seperti menabung, mencatat cashflow pengeluaran sekaligus pemasukan bulanan, mingguan, bahkan harian di mana saja dengan hanya menggunakan smartphone. Menariknya dari aplikasi senyumku ini adalah.. kita bisa menyesuaikan pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan dana yang ada di beberapa e-wallet kita. Karena kita bisa menambahkan berbagai macam e-wallet dan memberinya nama sesuai kegunaan masing-masing dalam fitur catatan yang ada pada Aplikasi Senyumku ini.

- Tabungan Digital dengan Fitur Celengan
Selain catatan keuangan, melalui Senyumku kita juga bisa membuka rekening untuk menabung dengan memanfaatkan fitur andalannya yang bernama celengan, di mana nantinya pada fitur celengan tersebut kita bisa mengalokasikan uang yang ditabung sesuai dengan pos-pos yang dibutuhkan, dengan begitu tabungan kita akan aman dari tangan-tangan jahil yang pengen belanjain saldo yang ada di tabungan, karena sebelum top up udah dibaca dulu label posnya buat apa XD

- Deposito dengan Saldo Rp. 100.000
Nah dengan fitur deposito ini, kita bisa bebas menyimpan uang dengan memilih periode 1-12 bulan yang nantinya akan mendapat bunga hingga 8% pertahunnya (S&K berlaku), kemudahan lain yang disajikan oleh aplikasi Senyumku adalah hanya dengan saldo minimal Rp. 100.000 kita sudah bisa menikmati fitur deposito ini. Mudah banget nggak, sih. Jadi nggak perlu nunggu uang terkumpul puluhan juta dulu baru buka deposito di Senyumku.

Kalau saya sendiri mungkin bakal lebih memaksimalkan fungsi catatan keuangannya sih, apalagi bisa input pengeluaran dan pemasukan yang ada di e-wallet juga, ya meskipun secara manual, paling enggak cashflow jadi lebih terkontrol dan tentunya manajemen keuangannya juga semakin cerah karena nggak ada tuh dana keluar dadakan dengan dalih "lagi butuh powerbank nih, dan ini urgent banget", kalau udah lihat histori cashflow kan bisa jadi alarm biar nggak bablas kalau mau belanja-belanja. Btw kalau kalian pakai aplikasi catatan keuangan apa? Atau malah masih pakai cara jadul karena lebih suka tulis-menulis secara manual?

Aplikasi Catatan Keuangan Senyumku







ZenCore; Senyata-nyata "Jalaran Tresno Soko Kulino"

with 7 comments
ZenCore


Halo Buibu yang setiap hari harus siap siaga memantau anak-anak selama PJJ alias Pelajaran Jarak Jauh atau istilah kekiniannya sekolah online.. Masih sehat jiwa dan raga, kah? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT ya, Buibu, biar bisa selalu ikut mendampingi perkembangan buah hati sekaligus dalam memahami puluhan materi sekolah yang diberikan selama PJJ.

Pilihan antara PJJ dan Sekolah tatap muka ini bagi saya sendiri bagai makan buah simalakama, pengennya sekolah segera kembali normal, masuk Senin sampai Jumat agar anak bisa mengikuti pelajaran dan menerima materi seperti biasa, tapi.. gimana dong keadaan masih seperti ini, malah bikin resah juga kalau dipaksa masuk sekolah. Terus kalau PJJ juga saya berasa kurang maksimal penyampaian materinya, jadi setiap kali Kakak yang sekarang ini ada di kelas 8 bilang "Mah.. Aku belum paham materinya ini, ngerjain tugasnya gimana, Mah?", biasanya kalau sudah begitu saya auto mikir buat cari materi tambahan di Google atau Youtube. 

Membuat Pas Foto Tanpa Harus ke Studio? Bisa Banget!

with 8 comments
Cara Cepat Edit Pas Foto Daftar Sekolah Lamaran Kerja SKCK dari Aplikasi Android

Jadi beberapa bulan yang lalu, waktu musim PPDB - Pendaftaran Peserta Didik Baru, Adik saya yang mulai masuk ke kelas 10 SMA mendadak banget butuh Pas Foto, padahal biasanya kalau habis lulusan sekolah kan sudah satu paket dapatnya, mulai dari buku kenangan, dokumen-dokumen kelulusan, dan ada Pas Foto dari sekolah lama juga. Tapi.. tau sendirikan, bagaimana sistem kelulusan sekolah di awal pandemi lalu? Semua serba terbatas, kegiatan sekolah diminimalisir, bahkan Ujian Akhir Nasional pun ditiadakan. Pokonya antara "senang" dan sedih menghadapi situasi seperti itu.

Nah.. karena kegiatan lain selain pelajaran sangat dibatasi, acara pengambilan foto kelulusan pun akhirnya dijadwal ulang, dan sayangnya waktu pendaftaran di sekolah baru hasil Pas Fotonya belum keluar. Jadi lah saya ikut mikir, gimana ya caranya bisa dapat pas foto dalam waktu 1 hari tanpa harus pemotretan dulu ke studio foto? Terus saya bilang ke adik "Udah pakai foto lama aja biar nanti tak edit background-nya sesuai syarat" pede banget bilang gitu padahal belum tentu hasilnya sesuai dengan yang dia inginkan XD. Tapi namanya juga usaha.. kan sah-sah aja segalanya dicoba asal dengan cara yang baik-baik kan..

Dan nemulah saya dokumen kelulusan dia waktu Madrasah yang di dalamnya ada pas foto menempel di lembar Ijazah nya. Saya scan pas fotonya diperbaiki sedikit dan akhirnya jadi. Tapi.. kadang mau diupayakan seperti apapun, kalau hasilnya nggak sesuai ekspektasi dia yaaa.. mau gimana lagi kan ya. Katanya sih fotonya udah jadul, udah beda sama dia yang sekarang, jadi mintanya yang ter-update. Ealah.. anak muda emang beda banget nggak sih, dikasih yang mudah eh.. nggak cocok juga, akhirnya tetep juga berangkat ke studio foto dengan resiko foto nggak bisa jadi cepet, kalau kepepet baru deh pakai yang sudah saya buat tadi -_-"

Nah.. karena sudah kepalang paham caranya bikin file pas foto pakai hp, jadi sekalian ini saya buatin tutorial bikin pas foto tanpa ribet harus datang ke studio foto juga. Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk edit pas foto dengan aplikasi HP (Di sini saya pakainya HP Android ya)

Tutorial Mudah Membuat Pas Foto dengan Aplikasi HP


Tutorial Membuat Pas Foto dengan Aplikasi HP Canva

- Pertama siapin dulu foto terbaik kamu, terserah mau pakai background apapun, mau di taman, di dapur, depan kamar mandi, pada akhirnya semua background bisa diatur.

- Selanjutnya pastikan kamu sudah punya aplikasi Canva di smartphone mu, atau bisa juga mengaksesnya melalui website canva.com. Tapi di sini saya bakal kasih tutorialnya yang versi smarphone ya...

- Kalau sudah pasang Canva, langsung masuk ke aplikasinya, dan membuat draft dengan meng-klik ikon (+) di pojok kanan bawah untuk membuat custom size. Jadi karena di Canva nggak ada ukuran pas foto langsung yang 2x3, 3x4, atau 4x6, kita bikinnya pakai custom size aja ya kakak-kakak.

- Setelah masuk ke laman custom size, sesuaikan ukuran pas foto yang ingin kamu pakai atau yang sedang kamu butuhkan. Untuk ukuranya bisa disesuaikan sendiri ya, terserah mau pakai yang cm, mm, inc, atau pixel. Kalau saya seringnya pakai pixel, sih..

Cara Membuat Ukuran Pas Foto dengan HP

- Ukuran draft canva sudah ditentukan dan siap dieksekusi, selanjutnya bisa klik icon (+) di pojok kiri bawah untuk menambahkan foto yang sudah disiapkan sebelumnya.

- Ketika foto sudah ter-upload di draft canva, bagi pengguna canva pro bisa langsung menggunakan fitur effects yang terdapat di dalamnya untuk menghapus background asli foto, tapi buat yang pakai canva gratis, bisa membaca cara membuat gambar JPG menjadi background transparan lebih dulu untuk menghapusnya. 

- Setelah background awal sudah berhasil dihapus, terakhir tinggal ganti warna background sesuai dengan yang di butuhkan.

Nih saya tambahin tutorial versi videonya biar makin greget..




Mudah dan simpel banget nggak, sih.. bisa dilakukan #DiRumahAja jadi aman meski ada PPKM, edit Pas Foto nya sambil rebahan juga bisa banget, nggak perlu capek-capek datang ke studio foto, toh zaman sekarang ini serba mengutamakan soft file, mau kirim berkas pendaftaran sekolah ataupun surat lamaran kerja, sekarang dikirimnya cukup lewat online saja. Jadi worth it banget kalau kamu mau praktikin tutorial membuat pas foto dengan hp ini, mau itu pas foto surat nikah, buat lamaran kerja, SKCK, atau buat yang lain. Semua bisa!!

Sekian tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat!! Dan.. Stay Safe, Stay Healthy buat semuanya. #Hug


Sincerely,











Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .