Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Saatnya Pelajar Berhijrah dari Media Sosial Mainstream Menuju Blog yang Penuh Manfaat

with 26 comments
7-manfaat-blog-bagi-pelajar-remaja


Pertumbuhan media sosial di Indonesia semakin menemui puncaknya. Dikutip dari kominfo.go.id dari 400 responden, terdapat 98 % remaja dengan usia rata-rata pelajar SMP s/d SMA tahu akan internet, dan 79.5% di antaranya adalah pengguna internet yang menjadikan media sosial sebagai sarana utama untuk berkomunikasi. Mulai dari Facebook, Twitter sampai dengan media sosial berbagi video Snapchat atau Vine.

Berdasar hasil penelisikan yang saya peroleh dari berbagai sumber, jarang yang menyebutkan Blog sebagai media sosial yang digunakan oleh remaja/pelajar saat ini. Mungkin para remaja/pelajar masih awam akan fungsi dan kegunaan dari Blog itu sendiri. Selain cenderung menyukai hal-hal praktis seperti berbagi status singkat; "Aque Agy Cedhieh, Nieeh" di media sosial, mereka mungkin lebih memilih untuk berbagi konten di beranda media sosial, lebih mudah dan praktis, terlepas faham atau enggak, akan konten tersebut.

7-manfaat-blog-bagi-pelajar-remaja

Sebenarnya, kalau menurut saya, Blog memilik banyak sekali manfaat bagi remaja dengan usia rata-rata pelajar SMP s/d SMA. Manfaat tersebut bisa berupa:

Kemudahan Berbagi Informasi 

Melalui blog, remaja/pelajar bisa dengan mudah menuliskan informasi tentang pelajaran yang dikuasainya. Selain bermanfaat bagi diri sendiri sebagai catatan, tulisan tersebut juga bisa memberikan manfaat bagi pelajar lain yang membutuhkan informasi serupa.

Menambah Wawasan

Untuk menghasilkan sebuah tulisan di blog, tentunya seorang pelajar juga harus mengumpulkan berbagai macam referensi sebagai dasar penulisan serta memperkuat keabsahan tulisannya. Sehingga secara nggak langsung, selama proses pencarian referensi remaja/pelajar tersebut juga memperoleh informasi lain yang memiliki keterkaitan dengan bahasan yang mereka kumpulkan.

Melatih Keterampilan dan Kreatifitas Menulis

Hobi Menulis mungkin merupakan alasan pertama ketika seorang remaja/pelajar memutuskan untuk menekuni dunia blogging. Tentunya semakin sering menulis di blog, maka keterampilan dan kreatifitas menulis mereka akan semakin berkembang dan nggak hanya berkutat pada kolom status media sosial saja.


Media Aktualisasi Diri

Melalui blog, remaja/pelajar bisa dengan bebas mengembangkan, mengeksplor lebih jauh, sekaligus membagikan apa saja kemampuan positif yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Bukan nggak mungkin, dari tulisan di blog, orang bisa termotivasi ataupun terinspirasi untuk melakukan hal positif yang sudah mereka bagikan tersebut.

Media Komunikasi dan Sosialisasi

Manfaat satu ini hampir sama dengan manfaat yang dimiliki oleh media sosial semacam Facebook, Twitter, dsb. Blog sebagai sarana komunikasi; berupa komentar pembaca yang memiliki antusias terhadap tulisan remaja/pelajar tersebut, sehingga menimbulkan percakapan-percakapan ringan antar pembaca dan penulis. Serta sarana sosialisasi diri melalui tulisan mereka di blog.

Menuangkan Ide

Remaja/Pelajar bisa dengan mudah menuangkan ide, uneg-uneg dalam fikiran mereka dengan menuliskannya di blog. Semacam diary, remaja/pelajar bisa menyimpan, membaca ulang ide yang sudah mereka tuangkan dalam blognya.

Menghasilkan Tambahan Uang Saku

Ini adalah manfaat tambahan yang bisa didapatkan oleh remaja/pelajar dalam dunia blogging. Uang saku tambahan, entah itu dari vendor yang menyewa jasa menulis mereka untuk mengulas produk dari vendor tersebut, ataupun dari banner iklan yang bisa dipasang di blog.

Dari presentase di atas, jumlah remaja/pelajar yang menggunakan media sosial bukanlah jumlah kecil lagi. Dan untuk memperoleh manfaat lebih dari kegiatan ber-media-sosial, mungkin ada baiknya para remaja/pelajar untuk berhijrah dari media sosial mainstream tempat menuju media sosial yang lebih menjanjikan banyak manfaat seperti blog sendiri. Setuju? Pasti setuju, dong.. #LAH

Sumber:
  • dailysocial.id
  • kominfo.go.id

Sincerely

7-manfaat-blog-bagi-pelajar-remaja

26 comments:

  1. wa pake data
    nah buat hasilkan uang saku saya ga fokus itu he
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah berusaha buat fokus sama yang itu, Mbak. Hahaha :D

      Delete
  2. "Ini adalah manfaat tambahan yang bisa didapatkan oleh remaja/pelajar dalam dunia blogging. Uang saku tambahan, entah itu dari vendor yang menyewa jasa menulis mereka untuk mengulas produk dari vendor tersebut, ataupun dari banner iklan yang bisa dipasang di blog."


    hahaha ini sih saya yang udah sepuh juga pengennn tapi susah :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau soal uang saku, mau Balita mau yang Sepuh, semua pasti mau, Mas. Termasuk saya. XD

      Delete
  3. Antara Blog dan Media Sosial bisa saling bersimbiosis. kayak widget disamping kiri blog ini. hehe ^^

    @adibriza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mas. Selain buat bikin status galau-galau, media sosial emang bisa banget buat promosi blog. :)

      Delete
  4. Ngeblog bisa jadi tempat buat nyari tambahan uang saku :)

    @witri_nduz

    ReplyDelete
  5. banyak yang bisa dihasilkan. tapi pelajar kurang sadar sih, soalnya juga kurang ngerti juga kalau ga diberi informasi begituan. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
  6. Bener, daripada uang saku buat bli kuota, kan lebih baik dapet uang saku dari ngeblog :D

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Dari blog bisa saja dapat uang saku. Dan dari uang saku bisa buat ngeblog juga. #mbulet

      Delete
  7. Mungkin karena kurang mencari tahu seputar perkembangan para blogger dan apa yang bisa mereka dapatkan dari berbagi konten menarik dan informatif jadi belum banyak pelajar yang tertarik. Semoga saja ke depannya semakin banyak lagi blogger remaja usia sekolah.

    @gemaulani

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sudah merasakan uang saku dari Blog, padahal memulainya saat selesai kuliah. Andai saya mulai saat pelajar dulu (*masih belum kenal internet kakak :))

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  9. sebetulnya kita yang lebih senior harus bersyukur para pelajar mggak banyak yg ngeblog. soalnya mereka lebih open-minded. jangan-jangan nanti kita kalah saingan sama mereka. hihihi...

    *komentar nggak mutu*

    ReplyDelete
  10. Pelajar butuh edukasi khusus tentang blog biar gk salah dan mereka tahu asiknya ngeblog itu juga bisa nambah uang saku. :)

    ReplyDelete
  11. Setuju ngeblog bermanfaat banget. Remaja bisa dapet uang saku tambahan terus traktir emaknya. Eh,

    ReplyDelete
  12. Kayaknya blog harus disosialisasikan lagi sebagai social media kepada pelajar. Selama ini mereka menganggap Social media cuma Facebook, Instargram, dan Twitter. Blog belum termasuk hehe

    ReplyDelete
  13. Nah..nah yang terakhir itu banyak yang minat.tapi blog berbeda dengan media sosial dibutuhkan keterampilan untuk mengembangkannya

    ReplyDelete
  14. Iya, mbak El. makanya di sekolah-sekolah udah mulai dikasi tugas untuk buat blog (tugas komputer biasanya. atau TIK) namun ya itu, remajanya lebih tertarik ama yang gapake banyak mikir, tinggal cekrek upload dan langsung diliat banyak orang, gak bisa warblog lagi. kayaknya sih gitu. makanya gak gitu banyak diminati. syukurnya, yang minat berarti orangnya emang bagus.

    ReplyDelete
  15. Tidak banyak orang suka menulis, ini menjadi salah satu hal yang sulit ketika mengajak mereka untuk menulis blog. Hmmm, @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  16. blog, anti mainstream yeaaah.. :D

    hayuuuk pelajar rame-rame go blog! :)

    @QuelleIdee07

    ReplyDelete
  17. Semoga kedepannya lebih banyak pelajar yang ngeblog ya


    @Leon_Sps

    ReplyDelete
  18. Aku meracuni adekku mbak buat bikin blog, berhasil sih tapi cuma 5 bulan habis itu dia bilang "bingung mbak mau nulis apa", haha.. skrng emakku yang minta dibuatkan blog buat jualan katanya.. the power of blog :D

    ReplyDelete
  19. Kebanyakan remaja emang sukanya yg prsktis2 ya, Mbak. Jadi gak mau ribet dengan ngeblog yg butuh tenaga lebih untuk satu blogpost aja :)

    ReplyDelete
  20. Blog adalah rumah sendiri di "Kawasan" Internet. Sedangkan Media Social adalah numpang. makanya mereka (sosmed) "menutupi" para pelanggannya dari dunia luar. Tulisan yang bagus. Salam kenal.

    ReplyDelete
  21. Aku kok ngeliat, remaja sekarang minatnya di dunia tulis-menulis dikit ya? Mereka kayaknya lebih tertarik menggunakan media sosial buat pamer-pameran foto (Instagram) sama pamer lagi di mana (Path) aja. jarang banget ada yg curhat di blog kayak akoeh inih.

    WKWKWKWK.

    ReplyDelete
  22. Kalau menurut ane sih Blog lebih dewasa ketimbang sosmed lain mbak :D
    ya selain itu kita bisa dapat income / teman baru / pengalaman baru / ilmu baru / dan lebih kreatif lagi :D

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com