Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Kegiatan Sederhana Sebagai Media Terapi Self Healing.

with 5 comments
Kegiatan Sederhana Sebagai Media Terapi Self Healing.
Cr. Pixabay

Setiap orang pasti pernah melewati masa-masa sulit dalam hidupnya yang kadang bisa menyebabkan luka dan meninggalkan trauma. Bahkan bagi sebagian orang, permasalahan seperti saldo pulsa yang tetiba tersisa 0 rupiah karena lupa kalau masa berlaku paket internet sudah habis pun bisa menjadi boomerang tersendiri yang sungguh sangat meresahkan hati dan pikiran, dan nggak menutup kemungkinan bisa berimbas pada stabilitas emosi juga.

Sama halnya dengan penyebab luka serta trauma yang datangnya tak disangka-sangka, penawar untuk kembali menenangkan emosi pun kadang bisa kita temukan secara tak terduga.


Self Healing, metode penyembuhan diri sendiri yang bisa dilakukan secara mandiri oleh mereka yang sedang mengalami trauma. Tentunya ada berbagai macam metode yang bisa diterapkan setiap orang, dari metode yang paling sederhana hingga metode yang memerlukan usaha maksimal demi kembali terciptanya ketenangan jiwa. 

Kalau self healing versi saya sendiri, adalah dengan melakukan kegiatan sederhana sehari-hari yang bisa membuat emosi saya jadi terkendali, sehingga bisa sedikit lupa dengan masalah ataupun trauma yang sedang dihadapi. Tentunya banyak dong ya, kegiatan sehari-hari yang bisa dilakukan, seperti;

Menyibukkan Diri dengan Tugas Rumah atau Kantor.


Menyibukkan diri dengan beberes rumah, masak-memasak dan mecoba resep baru bagi ibu-ibu yang memang setiap harinya menghabiskan waktu di rumah. Atau bagi pekerja 8-5 per hari, bisa dengan mengerjakan tugas kantor; menyelesaikan data atau berkas yang meskipun deadline-nya masih lama untuk mengalihkan pikiran dari keresahan yang sedang dihadapi, selain pekerjaan beres lebih awal, fokus kita juga nggak melulu bertuju pada masalah yang ada.

Membaca Buku Favorit.


Kalau kamu memiliki hobi baca buku, membaca habis koleksi buku yang kamu miliki juga bisa menjadi alternatif lho.. meskipun sudah pernah dibaca, usahakan saja pilih buku favorit, biasanya kalau kesukaan kan mau dibaca berkali-kali tetap nggak bakalan bosan.

Saya sendiri karena lebih suka baca fiksi, biasanya saya lebih memilih baca-baca novel atau cerita di website fanfiction yang kadang bikin heran banget, kok bisa ya para author itu bikin kisah cerita dengan berpuluh-puluh episode dan konflik serta plot twist yang astaganaga nggak terduga banget, ya.. mengingat para penulis di fanfiction ini adalah sekumpulan manusia yang mengidolakan seseorang, dan notabene kebayakan dari mereka berada pada tahap tersebut juga hanya bertujuan untuk bersenang-senang, tapi bisa sedalam itu, dan cerita yang dihasilkan pun bisa dibilang sudah setara novel-novel terbitan agen penerbit besar /oke skip/.

Mungkin kalau saat ini yang lagi banyak-banyaknya digemari muda-mudi Indonesia itu webtoon ya, tapi saya malah belum pernah menjejakkan jari saya ke komik online tersebut.


Kegiatan Sederhana Sebagai Media Terapi Self Healing.
Cr. Pixabay

Melakukan Kegiatan yang Disukai.


Di zaman seperti sekarang ini, metode self healing juga bisa ditemukan dari kegiatan sesederhana berjelajah di media sosial lho. Ketika setiap orang sudah bisa dengan leluasa mengekspresikan kreatifitas serta kegemaran tanpa batas, banyaknya situs media sosial online juga bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi sekaligus motivasi dalam menciptakan konten yang menarik.

Nah, sebagai individu yang grapyak di era millenial ini, tentunya kita harus bisa memanfaatkan segudang informasi yang tersebar di media sosial, mencari tutorial DIY seperti yang pernah saya tulis dengan tema Akun Instagram yang Bermanfaat misalnya.

Atau buat yang ingin ketje macam youtuber gitu, kamu bisa curhat sambil di-video-in, bagikan di channel youtube atau media sosial mikro semacam Instagram lah, selain bisa sedikit bikin hati lega, syukur-syukur kalau ada tanggapan kocak dari netizen sang maha benar, bakal jadi hiburan banget, kan XD. Tapi tetap ya, harus ingat batasannya.. gitu saja sih..

Menenggelamkan Diri dalam Dunia Blog.


Blog juga merupakan salah satu tempat pelarian terbaik untuk bisa dijadikan sebagai media self healing. Kenapa? Dalam mengelola blog, kan banyak sekali proses yang harus dilalui tuh, mulai dari yang sederhana sampai yang njelimet sekalipun. Contoh kecil blog sebagai media self healing adalah ketika kita akan menerbitkan tulisan baru.

Proses membuat tulisan baru itu, kalau bukan tipe-tipe curhat yang "nulis aja terus, yang penting lega" akan melewati fase riset tema, pengumpulan bahan, penentuan kata kunci, merangkai kata sehingga menjadi kalimat yang enak dibaca dan masih banyak lagi.

Nah, biasanya saya sendiri akan tenggelam dalam proses yang menyenangkan sekaligus bikin deg-degan tersebut, nggak jarang ketika saya melakukan penjelajahan dalam menemukan bahan, saya akan menemukan berbagai hal menarik baru yang seketika bisa meningkatkan energi positif dalam diri saya. dan alhamdulillah, bisa dikatakan, kegiatan nge-blog ini merupakan salah satu metode self healing yang efektif dan efiien bagi saya.

Intinya, kamu bisa melakukan kegiatan sederhana di sekitarmu atau kegiatan yang kamu suka ketika kamu sedang mengalami luka hati yang menyebabkan keresahan tiada henti, bahkan kalau dibutuhkan, kamu juga bisa mengabaikan keberadaan orang-orang di sekitar kamu. Untuk sementara, fokuskan waktu dan ruang hanya untuk dirimu sendiri.


Salam,
Kegiatan Sederhana untuk Metode Self Healing






. . .

5 komentar:

  1. Blogging bagi saya sarana healing yang menyenangkan mbaak, selain liat sunrise dan sunset, bahagianya bisa menulis dengan hati. pun menulis selalu menyembuhkan hehehe makasih sharingnyaa mbak, salam kenal ~

    BalasHapus
  2. bener banget, saya lebih milih nge blog dari pada mengerjakan pekerjaan kantor atau rumah pas lagi ada masalah. kalau mengerjakan pekerjaan malah tambah mumet hehe

    BalasHapus
  3. Bener lebih baik menyibukkan diri di hal-hal yang produktif ya mbaaa....

    BalasHapus
  4. kalo saya slain blogging ya curhat coret-coret di kertas atau a notes.. heuheu. kalo di kertas abis dicatet terus di sobek.. hehe

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .