Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Tersesat Gara-gara Tutorial

with 6 comments

Jadi ceritanya minggu lalu saya dibuat pusing dengan instalasi wifi di laptop yang tetiba hilang, bukan hilang juga, sih, lebih tepatnya saya hapus sendiri. Yak, itulah hasil dari grasa-grusu dan rasa penasaran mendalam kenapa hotspot smartphone saya nggak ke-detect sama wifi laptop, bukannya case closed malah nambah lagi masalahnya, kerasa banget sudah jatuh tertimpa tangga nya #halah.


Tentunya saya pun nggak asal hapus dong ya, kalau nggak ada inisiator, petunjuk, arahan, atau bahasa keren versi content creator-nya adalah TUTORIAL!! Jadi korban tutorial itu ternyata nyesek, dan nggak cuma cari pasangan, cari tutorial pun harus yang benar-benar cocok dengan kita #uhuk. Permasalahan baru membuat saya bertekad harus bisa menyelesaikannya sebelum jam kerja berakhir, browsing dari pagi sampai siang, gimana cara balikin instalasi wifinya, ya meskipun tutorial sebelumnya justru malah menjerumuskan saya ke problem unexpected ini, tetap pantang menyerah adalah koentji. Oke, kalau soal hapus-menghapus instalasi wifi, mungkin karena saya yang harus lebih teliti lagi ketika membaca dan memahami tutorialnya, yatapi saya sudah baca berulang-ulang kali dan memang seperti itu petunjuknya ya lord -_-". 

Dari hasil misi browsing pemecahan masalah, saya menemukan berpuluh-puluh tutorial yang mengarahkan untuk download ulang driver a, b, c, dst.. jadilah saya mengunduh berbagai macam driver wlan dari berbagai versi dan brand, mulai dari Qualcomm, Broadcom, Ralink, dan arahan-arahan untuk menggunakan driver wlan utility pihak ketiga pun saya iya-in saja, ya maklum bukan ahlinya kan.. Di sini saya sengaja nggak coba pakai driver dari intel, soalnya laptop asus saya itu pake prosesor AMD, dan saya melompat ke kesimpulan bahwa driver intel nggak bakal compatible. Dan.... dari semua driver yang sudah saya unduh, dan sekaligus saya instal, saya praktikan tutorialnya juga, semua nggak berhasil dan berujung nihil #sigh.


Hampir mengibarkan bendera putih dan menyerahkan permasalahan tersebut ke tukang servis laptop dengan bertanya-tanya ke WAG blogger lamongan, barangkali ada yang punya info servis laptop panggilan, akhirnya saya menemukan titik terang. Bukan, bukan tempat servis, meskipun setelahnya juga Mbak Triana, salah satu member di grup WhatsApp Blogger Megilan Community - BMC [ini nama komunitas Blogger asli Lamongan, lho..], merekomendasikan salah satu tempat servis laptop atau lebih dikenal dengan Specialist Service Computer yang bernama Poetra COMPUTER, tapi alamatnya lumayan bagi saya yang tinggal di Lamongan, alamat tempat servisnya di Jl. Siwalankerto Timur, Surabaya sana. Sementara saya carinya malah yang bisa dipanggil, alhasil meskipun sudah diiming-imingi kalau tempat servis tersebut pasti bakal memberikan pelayanan maksimal mulai dari ketelatenan para staff dalam mendengar keluhan serta menangani permasalahan laptop saya, saya harus bisa merelakan penawaran tersebut karna terhalang jarak Surabaya - Lamongan yang lumayan membentang #halah.


Oke lanjut, jadi titik terang yang saya peroleh adalah... masukan dari Mas Rudi [atau kalau nggak salah lebih sering beredar di dunia maya dengan nama Belalang Cerewet (?), member di grup WhatsApp BMC juga]. Beliau mengarahkan untuk cek cd driver bawaan asus, oke noted, tapi masalahnya driver asus saya ketinggalan di kantor lama saya, ya nggak mungkin juga harus ke Paciran dulu buat ambil driver, bisa bener-bener mandek dong nanti pekerjaan saya #soksibuk. Tanpa pikir panjang, masuklah saya ke website resmi asus dan mencari-cari driver wifi / wlan yang support dengan tipe laptop asus saya.

[insert clappings hand sounds]

Alhamdulillah ya Allah.. case closed!! Ternyata driver yang sebenarnya dan yang cocok, compatible dengan laptop saya, dengan antengnya bertengger di laman driver website asus sendiri. Astaga, emang ya, orang kalau sudah keduluan panik, hal yang sederhana seperti ini pun menjadi rumit, yang ada malah terlihat drama, ck. Akhirnya saya menemukan file yang compatible dengan laptop asus yang saya miliki, nama file-nya; WLAN_Ralink_Win7_64_Ver50380. Finally saya berhasil menyelesaikan permasalahan yang sudah bikin saya pusing seharian. Wifi sudah kembali normal, pekerjaan beres dan.. siap kembali berselancar di dunia digital versi #DigitaLife


Sincerely,






6 comments:

  1. Aku yakin mbaknya nggak baca sotorialnya di techijau dot kom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. Iya deh iyaaa.. Actually, awalnya aku mau tanya-tanya di dabelyu sekalian bikin rame, Tapi.. Malu aku tuh..

      Delete
    2. Wkwkwkw pemilik blognya dimarahin sama pengunjungnya wkwkwkwkwk

      Delete
    3. Apalah aku dibanding suhu :')

      Delete
  2. Alhamdulillah nih ya Mbak sudah kembali seperti semula lagi nih

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com