Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Persiapan, Syarat dan Cara Daftar BPJS Online Mudah dan Cepat

with Leave a Comment
Persiapan, Syarat dan Cara Daftar BPJS Online Mudah dan Cepat

Sekarang ini, fasilitas BPJS tidak hanya bisa dinikmati oleh para pegawai atau karyawan. Masyarakat umum juga bisa merasakan fasilitas kesehatan yang diberikan oleh pemerintah ini. BPJS mandiri bisa didapatkan dengan melakukan pendaftaran di kantor BPJS atau daftar BPJS online melalu situs resmi BPJS. Pendaftaran online hampir sama dengan offline. Terdapat persiapan, syarat dan langkah yang harus ditempuh. Apa saja syarat dan langkahnya? Berikut ini ulasan yang bisa Anda simak;


1. Siapkan KK dan KTP 
Meskipun pendaftaran BPJS dilakukan secara online, para peserta tetap harus mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), NPWP, alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah itu peserta tinggal mengisi formulir secara lengkap sesuai yang tertera di laman website. Mulai dari nama hingga kelas yang dipilih.

Sebagai catatan, untuk anak yang baru lahir atau belum memiliki KTP tetap bisa mendaftar sebagai peserta dengan mencantumkan nomor KK milik orang tuanya.

2. Tempat Mendaftar
Jika Anda melakukan proses daftar BPJS online melalui smartphone atau PC, bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Demikian juga jika melakukan pendaftaran online melalui kantor BPJS, tidak harus berada di wilayah tempat tinggal Anda. Di kantor mana pun Anda bisa melakukannya.

3. Fasilitas Kesehatan
Layanan BPJS menawarkan berbagai fasilitas kesehatan secara bertingkat. Para peserta dapat memilih fasilitas tingkat pertama sesuai dengan alamat domisili terakhir. Tidak harus sesuai dengan KTP, jadi diharapkan fasilitas tersebut bisa digunakan di mana pun.

4. Kartu Peserta
Usai melakukan pendaftaran baik offline atau online, para peserta berhak mendapat kartu. Yang mendaftar secara online bisa mencetak kartunya sendiri. Atau disebut E-ID. Kartu ini hanya berlaku untuk BPJS mandiri. Jadi akan menghemat waktu dan tidak perlu antre.

Kartu ini bisa difungsikan setelah Anda melakukan pembayaran di bank sesuai virtual account yang diberikan.

5. Jumlah Iuran 
Para peserta BPJS wajib melakukan pembayaran paling lambat 14 atau 30 hari seusai menerima virtual account. Lebih cepat melakukan pembayaran maka hak dan kewajiban sebagai peserta akan didapat. Jika tidak melakukan pembayaran selama 3 bulan, maka fasilitas BPJS untuk sementara tidak dapat digunakan. Besar iuran tergantung dari kelas yang dipilih. Semakin tinggi kelas, iuran pun akan semakin banyak.

6. Wajib Satu Keluarga 
Sesuai peraturan terbaru, apabila bukan berasal dari perusahaan atau instansi, maka wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga. 

Cara Pendaftaran BPJS Online

Untuk melakukan pendaftaran BPJS online bukanlah hal yang sulit. Langkah-langkah yang harus ditempuh antara lain:

1. Buka situs BPJS kesehatan online yang bisa diakses dari perangkat yang Anda gunakan
2. Isi data diri sesuai yang tertera dalam situs
3. Pilih kelas BPJS yang sesuai dengan yang Anda inginkan
4. Simpan dan tunggu konfirmasi lewat email yang disertakan. Pada langkah ini Anda akan mendapatkan virtual account dan bisa Anda cetak.
5. Telah mendapatkan virtual account Anda bisa mulai melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk. Setelah melakukan pembayaran, BPJS Anda telah bisa digunakan.

Pembayaran BPJS online, saat ini tidak hanya bisa dilakukan di bank. Dengan adanya platform online semakin mudah. Anda juga bisa membaca https://www.cekaja.com/info/6-langkah-mudah-cara-daftar-bpjs-kesehatan/ untuk membantu Anda mendapatkan layanan serta informasi daftar BPJS online dan membantu menentukan keputusan finansial yang tepat bagi Anda.



Sincerely,











0 Komentar:

Post a Comment

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com