Personal Blog, Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Bintang untuk Si Merah Royalta Set Pan

with Leave a Comment
Review Royalta Pan Set Warna Merah isi 7A

Meski ber-status sebagai seorang working mom, namanya ibu rumah tangga, kita tetap harus faham tentang alat tempur yang dibutuhkan saat memasak di dapur. Karena pada kenyataannya, alat-alat dapur itu sungguh banyak jenisnya, bukan hanya tentang panci dan wajan saja. Jujur, sebagai ibu rumah tangga, saya sendiri termasuk buibu yang telat banget kepoin apa saja yang harus ada di dapur, mulai dari jenis panci, wajan, spatula dan segala turunannya. Bahkan bisa dibilang nggak ada ketertarikan sama sekali untuk tau dasar-dasarnya.

Tapi.. Makin ke sini, saya makin berfikir, kalau diingat-ingat saya belum punya alat per-dapur-an sama sekali, bahkan yang paling sering digunakan seperti wajan pun nggak punya. Alasannya karena banyak faktor sih, salah satunya adalah.. perkakas dapur Ibuk sudah banyak, jadi buat apa beli, lagian kalau emang butuh kan bisa pinjam aja, toh saya jarang masak juga, daripada nampang buat pajangan doang mending uangnya dimanfaatin buat yang lain yang tingkat urgency-nya lebih "tinggi" #SelaluAdaCelah

Dan kok ya kebetulan banget.. pas lagi mikirin investasi untuk alat per-dapur-an, eh.. pas kocokan arisan musholla, nama bocil yang keluar ^^. Alhamdulillah.. Saya anggap ini adalah niat baik yang Allah ijabah #halah. Padahal biasanya seneng aja gitu, tiap dapat arisan selalu bikin perencanaan-perencanaan nggak masuk akal, misalnya "asik.. uang jajan bulan ini nambah" kadang "a-khir-nya bisa check-out-in barang-barang yang ada di keranjang" pokoknya ada.. aja hal-hal menggoda pas lagi dapat arisan, alhasil uang arisan surut dengan sendirinya, iya sih, kadang sebagian dimasukin tabungan atau buat tambah-tambahan pas ada kebutuhan dadakan, tapi seringnya buat belanja ini-itu yang ujungnya "lah.. uang arisan kemarin pada kemana ya?" - _-

Nah.. Daripada kejadian seperti itu terulang lagi.. lebih baik memanfaatkan uang arisan kali ini secara maksimal kan ya, jadi kalau udah siap nempatin rumah sendiri dan mau masak air nggak perlu bingung nyari panci XD. Akhirnya saya memutuskan menggunakannya untuk membeli seperangkat alat dapur YANG bisa saya pakai, dengan pertimbangan harga, bahan, jenis, dan intensitas pemakaiannya, maklum saya ini tipe Buibu yang setahun sekali belum tentu ngoprek isi dapur /maapkeun swam/
:3

Setelah tau mau dibawa ke mana uang arisan tersebut, langsung aja saya menuju TOKO OREEENS! Dengan mengetikkan keyword "Set Panci" dan astagaaa.. seketika saya ingin menertawakan diri sendiri, hasil pencarian yang keluar bejibun, Bund!! Entah saya yang kelewat clueless atau gimana tapi bener-bener banyak banget pilihannya. Dan membuncah lah rasa kepo yang mendalam ini, tapi positifnya dengan begitu saya jadi nambah pengetahuan lagi tentang tetek-bengek peralatan masak. Jadi dari hasil pencarian yang saya temukan, ternyata pan set itu ada beragam jenis merk, bahan, kegunaan, dan harga, mulai dari harga 150K sampai 500K untuk ukuran pan set yang saya targetkan, bahkan ada yang sampai 1 jutaan juga. Wow banget. Dan untuk bahannya, ternyata bahan yang digunakan untuk membuat sebuah wajan-panci itu juga banyak sekali macamnya, tapi kali ini saya ambil 3 contoh saja ya.. 

1. Lapisan PTFE.
Wajan-panci dengan lapisan ini biasa dikenal dengan teflon, dan karena wajan-panci teflon ini merupakan salah satu wajan-panci antilengket angkatan pertama, banyak orang mengira bahwa teflon adalah jenis dari wajan itu sendiri. Wah saking hits-nya sampai semua wajan yang memiliki bentuk serupa jadi ikut-ikut diberi nama teflon. 

2. Marble/Granite/Ceramic Coating
Wajan antilengket satu ini terbuat dari aluminium yang dilapisi marmer/granit/keramik di atasnya. Lapisan tersebut membuat wajan nggak gampang lengket dan mudah dibersihkan. Dapur pun kadang terlihat lebih estetik karena wajan-panci dengan bahan marble/granite coating ini biasanya desainnya lucu-lucu, selain itu warnanya juga beragam, nggak monoton pada monochrome saja. Dan tentu, dengan tampilan menarik seperti itu, harga jadi relatif lebih mahal, Gaes. 

3. Stainless steel
Wajan dengan lapisan plat alumunium atau tembaga ini bukan termasuk jenis wajan  antilengket. Sehingga noda api atau bekas masakan seringnya susah dibersihkan. Meski begitu, wajan ini biasanya banyak digunakan sama pedagang-pedagang makanan untuk menggoreng bahan yang membutuhkan banyak minyak. Karena bukan termasuk wajan-panci antilengket, beberapa info menyebutkan bahwa dengan melakukan seasoning sebelum digunakan bisa membuat wajan-panci tersebut menjadi nggak lengket. 

                                


Tapi perlu diingat juga, masing-masing bahan tentunya membutuhkan perawatan yang maksimal, terlebih untuk wajan-panci yang memiliki lapisan PTFE (Teflon) dan marble/granite/ceramic coated jangan sampai lapisan tersebut tergores dan mengelupas karena akan bahaya bagi kesehatan, makanya juga lebih direkomendasikan memakai spatula berbahan silikon agar saat memasak irus, centong, dan sebangsanya nggak mudah menggores lapisan wajan-panci yang sedang digunakan.

Oke lanjut ke tujuan awal.. 

Nah.. setelah mencari tau bahan, melihat review yang menampilkan reaksi langsung saat wajan-panci digunakan untuk memasak, dan tentunya yang sesuai keinginan sekaligus budget, saya pun memutuskan untuk membeli Royalta Pan Set Warna Merah, merupakan wajan-panci antilengket yang menggunakan bahan marble coating, di mana di dalam 1 set tersebut berisi 7 item yang terdiri dari:

1 Steamer Diameter 24cm
1 Tutup Kaca untuk Steamer
1 Saringan Steamer
1 Sauce Pan Diameter 18cm
1 Tutup Kaca untuk Sauce Pan
1 Fry Pan 24cm
1 Wok Pan Diameter 24cm

Bagi saya dengan mendapatkan 4 alat untuk memasak beserta aksesoris tambahaannya dengan harga 350 ribuan itu sungguh sangat memuaskan, apalagi bahannya juga bukan yang "parah banget", ditambah lihat review langsung yang bener-bener nyata antilengketnya meskipun punya saya sendiri belum saya coba. Jadi dengan mempertimbangkan penjelasan-penjelasan di atas, menurut saya Royalta Pan Set ini layak mendapat bintang 4+, dan kalau dilihat dari segi harga, bahan, serta jenisnya.. Pan set ini recommended juga buat Buibu muda nan milenial

Sekian tulisan kali ini.. Semoga bermanfaat..

Sincerely,
Review Royalta Set Pan Merah








0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .