Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Review Aplikasi blu By BCA Digital

with 28 comments
Review Aplikasi blu

Industri digital kreatif saat ini sedang menjadi trend serta "lapak" yang menjanjikan sekaligus diminati banyak orang, khususnya milenials. Maklum, teknologi digital semakin canggih, jadi nggak ada salahnya memanfaatkan kesempatan yang ada.

Bicara soal teknologi digital, selain industri kreatif, sekarang ini industri di sektor keuangan juga tampak bersaing dalam menyajikan inovasi baru dalam menyeimbangi kecanggihan tersebut, seperti toh.. dompet dan tabungan digital yang mulai muncul dan tersedia dalam berbagai macam pilihan.

Yuk Kenalan Sama blu by BCA Digital!

Salah satu tabungan digital terbaru saat ini adalah blu by BCA Digital. Yup!! BCA Group sebagai perusahaan inovativ akhirnya ikut serta dalam meramaikan perkembangan industri keuangan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan mengeluarkan Aplikasi tabungan digital yang memang sedang menjadi trend gaya hidup masa kini.

Aplikasi blu by BCA Digital sendiri termasuk dalam inovasi layanan perbankan yang dikembangkan oleh anak perusahaan BCA Group, yakni PT. Bank Digital BCA atau BCA Digital, jadi blu ini berbeda dengan BCA konvensional yang sudah hadir lebih dulu.

Dan sesuai dengan nama digital yang digunakan, fokus blu saat ini lebih ke transaksi Digital, jadi tanpa menggunakan kartu Debit atau kartu fisik lainnya, meski begitu, kamu tetap bisa melakukan tarik tunai dan setor tunai saldo blu BCA Digital melalui ATM BCA konvensional, karena data blu by BCA Digital sudah terintegrasi dengan layanan yang dimiliki oleh BCA.

Sebelum melanjutkan Review Aplikasi blu ini, agar kamu nggak bingung karena cuma baca caranya tanpa praktik secara langsung, pastikan di smartphone sudah terpasang aplikasinya ya, atau kalau belum ada, bisa download aplikasinya di Play Store bagi pengguna Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu. Dan untuk pengguna iPhone, kamu juga bisa cek di App Store:  https://apps.apple.com/us/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Cara Mudah Membuat Tabungan blu by BCA Digital Secara Online

Seperti tabungan digital pada umumnya, sebelum menggunakannya kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan menyiapkan KTP serta NPWP (bagi yang sudah punya).

Ssstt.. tenang blu by BCA Digital ini sudah terdaftar resmi di OJK kok, jadi nggak perlu khawatir, data diri yang masuk ke sistem pendaftaran pasti aman di tangan meraka. Ya.. sekelas BCA kan pasti tingkat sekuritasnya tinggi lah ya.

Untuk Review Aplikasi blu kali ini.. karena ini bener-bener merupakan Review Jujur Aplikasi blu dari saya, saya akan menuliskan secara menyeluruh tentang cara mendaftar di aplikasi tabungan digital tersebut.

Mulai dari data apa aja yang perlu disiapkan dan dilengkapi, bagaimana dengan hanya menggunakan smartphone kamu sudah bisa mendapatkan nomor rekening yang bisa digunakan untuk transaksi, dan nilai plusnya adalah rekening atau bluAccount tersebut bisa aktivasi langsung setelah melakukan video call dengan haloblu (sebutan untuk customer service blu) tanpa harus bolak-balik isi formulir ke bank.

Siapkan Berkas untuk Mengisi Data Pembukaan Rekening blu BCA Digital 


Jadi yang harus disiapkan untuk membuat akun di blu by BCA Digital adalah:

  • 1. Nomor HP. Pastikan kamu memakai nomor aktif dan bukan nomor yang hanya digunakan untuk whatsapp-an aja, karena nanti blu akan mengirimkan kode OTP melalui SMS, dan.. pastikan juga ada saldo pulsa di nomor tersebut.

  • 2. E-KTP. Untuk aplikasi blu by BCA Digital sendiri memiliki beberapa syarat yang nantinya akan dikonfirmasi melalui data dari E-KTP yang didaftarkan. Berikut beberapa syarat awal sebelum lebih lanjut mendaftar di blu;
  • - Pemilik akun harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki E-KTP
  • - Merupakan Warga Negara Indonesia
  • - Tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain
  • Nah, pastikan sebelum klik lanjut, kamu sudah memenuhi ketiga syarat tersebut, Gaes.

  • 3. NPWP. Sebenarnya ini opsional sih, tapi kalau memang sudah punya, mungkin lebih baik disiapkan aja, toh nanti bakal terdeteksi juga kalau kamu sebenarnya emang udah terdaftar sebagai wajib pajak.

  • 4. Alamat Email, Password, dan PIN. Untuk keamanan ganda, kamu juga perlu menyiapkan ketiga poin tesebut secara teliti.

  • 5. Yang terakhir nih, pastikan koneksi internetmu lancar jaya ~

Aplikasi Jujur Aplikasi blu

Tahapan Membuka Tabungan blu by BCA Digital

Setelah semua persiapan sudah lengkap, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuka rekening tabungan digital secara online;

Tahap I
  • - Masukkan nomor HP yang akan dipakai
  • - Masukkan alamat email dan kode referral/voucher: ELISAJUM2.
  • - Setelah itu masukkan password dengan kriteria minimal 8 karakter dan terdiri dari huruf besar, kecil, simbol, serta angka.

Tahap II
  • - Langkah selanjutnya adalah mengambil gambar dari E-KTP. Yang harus diperhatikan adalah.. ambil gambar E-KTP nya harus sejelas mungkin karena pengisian data seperti; Nomor Induk KTP, Nama, Alamat, dan Tanggal Lahir nantinya akan terdeteksi melalui hasil dari foto E-KTP tersebut. Jadi kita nggak perlu ketik-ketik buat isi data diri lagi.
  • - Setelah pengambilan gambar E-KTP beres, siapkan diri buat melengkapi data pengenalan wajah dengan mengambil foto selfie, saat pengambilan gambar wajah harus terlihat jelas, jadi masker, kacamata, dan benda yang sekiranya menutupi wajah, harus dilepas.
  • - Yang terakhir untuk kelengkapan data diri adalah dengan mengambil gambar NPWP. Seperti halnya pengambilan gambar E-KTP, gambar NPWP pun juga harus terlihat jelas, karena dengan hasil gambar tersebut blu akan mendeteksi data nomor pokok wajib pajak kamu. Untuk NPWP ini opsional, jadi bisa disertakan, bisa juga dilewati bagi yang belum memilikinya.

Tahap III
  • - Setelah semua data diri beres selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman yang menghubungkan tabungan BCA dengan akun blu by BCA Digital, ini opsional juga, tapi karena saya sudah excited banget dengan Aplikasi blu by BCA Digital ini, saya langsung menghubungkan tabungan BCA saya ke blu.
  • - Oke lanjut.. setelah proses integrasi antar bluAccount dan Tabungan BCA, kamu akan masuk ke halaman Syarat & Ketentuan dan melakukan video call dengan tim haloblu untuk melanjutkan verifikasi dengan menyiapkan E-KTP dan melakukan verifikasi Pengenalan Wajah seperti sebelumnya.
  • - Setelah berhasil verifikasi, kamu akan bisa secara langsung mengatur PIN untuk kegiatan transaksi di Aplikasi blu, atau bisa juga mengatur biometrik (atau lebih dikenal dengan fingerprint) untuk persyaratan login, tapi itu opsional juga, jadi bisa dilakukan di lain waktu.
  • - Terakhir.. jangan lupa proses verifikasi email juga harus diselesaikan ya, biar lebih aman lagi akunnya.

Dan.. tadaaa.. bluAccount-mu sudah bisa digunakan!!

Review blu by BCA Digital

Setelah bluAccount berhasil dibuat, tahapan Review Aplikasi blu selanjutnya adalah fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, aplikasi blu by BCA Digital ini beda lo sama mobile BCA dan sejenisnya. Bisa dilihat dari fitur blu by BCA Digital yang akan saya bahas pada Review Jujur Aplikasi blu sesudah ini, blu menawarkan beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih spesifik.

Jadi.. karena sekarang sudah ada blu by BCA Digital.. selanjutnya saya bakal manfaatin bluAccount ini untuk pemasukan yang saya peroleh dari hasil blog, sekalian nanti dibuatin posnya sendiri, paling nanti tabungan yang ada di bluAccount cuma dipakai untuk pemeliharaan blog aja.

Saya yakin sih, dengan menggunakan bluAccount sebagai rekening penyimpanan dari hasil blog, uangnya bakal lebih terkelola dengan baik.

Rencana saya di atas tentu sejalan dengan misi blu by BCA Digital yang disampaikan oleh Ibu Lanny Budianti selaku Direktur Utama BCA Digital saat launching aplikasi blu by BCA Digital pada hari Kamis, 22 Juli 2021 lalu yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom, yakni menyediakan layanan perbankan untuk para Digital Savvy melalui one stop smart solution banking, dengan 3 segment target pasar yang meliputi:

- Financially Mature - Dengan icon Benni yang artinya Berani Investasi.

Financial Mature di sini meliputi para digital savvy dengan tingkat finansial yang terbilang sudah mapan, jadi harapan kedepan mereka bisa menyiapkan dana untuk investasi masa depan dengan adanya fitur bluDeposit yang disediakan oleh blu by BCA Digital.

- Financially Independent - Dengan icon Lea yang artinya Lebih Kaya.

Untuk segment ini ditujukan pada digital savvy yang tingkat finansialnya sudah stabil, sehingga dianggap mampu mengatur dan menyiapkan dana sesuai pos masing-masing, seperti pos untuk kebutuhan sehari-hari, pos untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, ataupun pos khusus untuk dana darurat. Mereka yang termasuk dalam segment ini juga dapat memanfaatkan fitur bluSaving dengan kemudahan pembagian pos yang diberikan

- The Youngest - Dengan icon Utta yang artinya Utamakan Tabungan.

Merupakan segment digital savvy yang belum memiliki pendapatan tetap, misal seperti pelajar atau mahasiswa. Harapannya agar mereka bisa mengatur ke-stabil-an antara pemasukan dan pengeluaran dengan memanfaatka adanya fitur Cash Flow di Aplikasi blu by BCA Digital.


Aplikasi blu by BCA Digital



Fitur blu by BCA Digital 

- Home

Pertama kamu akan masuk ke laman Home, di sana kamu bisa melihat nomor rekening beserta saldo yang terdapat pada bluAccount-mu, selain saldo dan nomor rekening di laman home juga terdapat highlights atau update terkini dari blu, dan kamu juga bisa melihat transaksi favorit di bagian paling bawah laman home.

- Tracker

Selanjutnya kamu bisa geser ke kiri untuk masuk ke laman tracker, pada laman ini kamu bisa melihat histori transaksi sekaligus Cash Flow setiap bulannya. Jadi kamu bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran dengan meninjau cash flow tersebut sebagai acuan.

- Simpanan

Terakhir dengan menggeser ke kanan setelah laman home, kamu akan masuk ke laman simpanan. Simpanan di sini memiliki beberapa fitur yang sangat menarik, lho.. Berikut fitur yang terdapat pada laman simpanan atau pocket:

1. bluSaving
Merupakan rekening tabungan digital yang bisa diberi nama sesuai pos atau kebutuhan. Kelebihan dari bluSaving sendiri adalah: 
  • - Bisa autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving,
  • - Untuk goal-nya bisa diatur sesuai kebutuhan,
  • - Budgeting jadi mudah dan terarah,
  • - Bisa membuat sampai dengan 10 pos bluSaving

Wah.. Pas banget untuk kamu yang punya banyak wishlist, dan mau nabung buat goal-in keinginan kamu.

Kalau saya sendiri, bakal saya manfaatkan untuk alokasi penghasilan dari blog, karena selama ini benefitnya selalu masuk ke tabungan utama, alhasil uangnya kecampur sama pos lain, padahal kalau khusus yang dari blog maunya ditabung aja nggak buat dipakai macam-macam, tapi.. karena kecampur jadi satu, adaaa aja alasan buat "gapapa ah, pakai ini dulu" ujung-ujungnya lupa balikin -_-".

2. bluGether
Merupakan rekening tabungan digital yang berfungsi seperti tabungan bersama. Tapi hanya pemilik akun (disebut juga dengan Creator) yang membuka bluGether saja yang bisa mengelola tabungan tersebut, meski begitu member dalam bluGether bisa memonitor transaksi apa saja yang dilakukan oleh Creator, karena setiap ada transaksi, member akan mendapatkan notifikasi. Jumlah member sendiri bisa sampai 20 lebih, jadi bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan uang kas, patungan buat beli kado, bahkan bisa juga digunakan sebagai tempat menyimpan uang arisan. Mantap banget kayaknya, nih..

3. bluDeposit
Merupakan rekening tabungan digital yang berfungsi untuk simpanan dana berjangka waktu 1 sampai 12 bulan dengan dana minimal Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). Dan apabila sudah masuk jatuh tempo, maka simpanan dana pokok beserta keuntungannya akan secara langsung masuk ke bluAccount. Selain itu kalau kamu ada kebutuhan mendadak, kamu juga bisa menarik uang deposito sebelum jatuh tempo tanpa penalty, dan tentunya tanpa keuntungan juga, ya..

Nah.. terlihat banget kan bedanya dengan fungsi produk BCA lainnya? Fitur yang disajikan pun bisa membantu kamu untuk menabung dengan lebih terarah, ini karena fungsi bluSaving yang bisa membedakan pos per tabungan.

Jadi meskipun memiliki embel-embel yang sama-sama BCA-nya, fitur dan sistem yang diterapkan masing-masing produk sangat berbeda, kalau BCA masih menggunakan kartu ATM dan harus datang ke kantor cabang langsung untuk proses verifikasi data dan sebagainya, dengan blu by BCA Digital semuanya bisa dilakukan secara online hanya melalui aplikasi blu.

Dan tentunya saya yakin kedepannya akan ada berbagai inovasi baru yang ditambahkan ke Aplikasi blu by BCA Digital yang lebih bermanfaat bagi pemilik bluAccount.

Baiklah sekian Review Jujur Aplikasi blu by BCA Digital ini.. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan semoga ada juga yang tertarik buat mencoba.


Aplikasi blu by BCA Digital






. . .

28 komentar:

  1. Dari beberapa bank aku pake aplikasi mbankingnya. Yang paling mudah dan ngga ribet salah satunya BCA ...

    BalasHapus
  2. Wah BCA selalu yang terdepan dalam inovasi

    udah puluhan tahun saya pakai BCA dan gak mau pindah ke lain hati

    karena nyaman banget, praktis dan serba dipermudah

    BalasHapus
  3. Fiturnya blu BCA komprehensif, semakin memudahkan nasabah untuk menabung

    BalasHapus
  4. BCA ini di masa pandemi pun sangat inovatif ya kak.. SAya jadi penasaran ingin buka rekening BLU juga. Sepertinya cocok utk investasi

    BalasHapus
  5. Jadi Blu by BCA ini beda dengan aplikasi BCA Mobile yang sudah ada, ya?
    Sasarannya kawula muda atau yang mengaku kawula muda (seperti saya) nih.
    Kalau lihat fitur gether, tampaknya memang asyik nih untuk kas event atau semacamnya.

    BalasHapus
  6. Wouuuw BCA menegeluarkan aplikasi yang kekinian banget ini, bluBCA.

    Suka deh sama semua fitur Pocketnya, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. Itu tuuuh yang bluSaving, lebih memudahkan untuk memanage saving karena bisa dikelompokkan sesuai rencana saving ya.

    BalasHapus
  7. wahh saya baru tahu nih aplikasi blu ini. Sekarang semakin banyak yaa aplikasi perbankan yang bisa kita pilih

    BalasHapus
  8. Btwe, warna cyan sama turquoise memang mirip sih aku juga ga bisa bedainnya, hehe. Wah BCA terus berinovasi ya, sesuai dengan apa yang kita butuhkan saat ini. Diriku sudah pakai BCA sejak lama, tapi baru tau ada aplikasi blu. Menarik

    BalasHapus
  9. Wah, wah, kian komplet saja BCA. Saya pikir , fitur ini kian memudahkan nasabah ya. Ee, tapi sayang bangeeet malah akun rek BCA ku sudah mati.

    BalasHapus
  10. BCA mah juara... secata mbankingnya aja sudah unggul ketimbang yang lain..sekarang muncul blu..menarik..patut di coba nih

    BalasHapus
  11. Sesungguhnya aku baru tau BCA ada mengembangkan aplikasi ini...
    berarti ini terintegrasi dengan mbanking BCA yg biasa ya?

    BalasHapus
  12. Keren banget BCA inovatif ya. Kini ada fitur blu yang serba digital, bisa semua. Nasabah ga khawatir deh. Praktis banget, hemat waktu, hemat biaya. Pantaslah kalau BCA selalu terdepan dalam layanannya.

    BalasHapus
  13. Bisa buat misahin beberapa tabungan biar lebih manageable dengan blusaving, n fitur vludepositnya juga keren g kena penalti meski diambil sebelum jatuh tempo

    BalasHapus
  14. Kalau udah punya rekening di BCA, boleh nambah rekening lagi di aplikasi ini, ya? Pernah mau nambah rekening, tetapi waktu itu ditolak. Padahal saya sreg nabung di bank ini

    BalasHapus
  15. dengan kemudahan seperti ini jadi tertarik untuk install di smartphone nh. Bakal ngebantu kehidupan di zaman modern nih

    BalasHapus
  16. Keren dan mantrap. Fitur dari blue BCA yang bisa melakukan verifikasi dengan VC.
    Cuma aku mau tanya, bila tidak ada NPWP gemana, apa bisa daftar?

    BalasHapus
  17. Saya juga dulu saat buka tabungan via online by BCA. Jadi emang praktis banget dan mudah. Belum cobain blu by BCA ini, lebih simpel kayanya dibandingkan datang langsung ke Bank.

    BalasHapus
  18. Wah sekarang ada layanan terbaru dari BCA yaitu aplikasi blu by BCA yah Kak, memudahkan transaksi dan cardless

    BalasHapus
  19. Asik juga ya...kalau kita memanfaatkan bluDeposit.
    Jadi bisa menabung dengan tekun tanpa bisa mengambilnya dalam waktu dekat. Biasanya ada perjanjian sampai berapa lama, kak?

    BalasHapus
  20. Memang BCA Digital ini paham betul apa yang dibutuhkan warganet saat ini, Mbak. Dengan membaca review aplikasi blu di sini, aku jadi paham dan semakin tertarik buat buka bluDeposit buat tabungan masa depan. Ya daripada investasi yang menggiurkan tapi bodong, mending ditabung di aplikasi blu. Bisa kendalikan pengeluaran lewat pos-pos yang sesuai kebutuhan. Aku udah daftar dan memang cepat. Dulu pernah verifikasi app apa gitu susah banget, KTP buram dikit ga mau. Aplikasi blu sangat memudahkan.

    BalasHapus
  21. Ini klo yg udh jadi pengguna dr Bank BCA, ga akan menyia-nyiakan kesempatan buat install aplikasi blu by BCA Digital ini deh. Aku baru thu loh trnyata BCA punya aplikasi tabungan digital gini. Mw install jugaa ahh

    BalasHapus
  22. @Pujiaman Zulfikar: Kalau sesuai info di aplikasi blu sendiri, NPWP masih opsional, kak. Bisa dicantumkan bisa juga enggak.

    BalasHapus
  23. Aku banget ini, Selama ini setiap ada job dari blog, selalu masuk ke tabungan utama, uangnya kecampur sama pos lain deh jadinya...Sip, bisa nih pakai aplikasi Blu by BCA Digital sebagai solusi

    BalasHapus
  24. Aplikasi Blu by BCA Digital ini inovasi yang sangat keren untuk urusan perbankan. Solusi mudah buat punya akun tanpa ribet. Bisa nabung dengan mudah dan mengelola simpanan dengan sangat praktis lewat fitur2nya yang beragam. Cocok buat jadi tambahan tempat penyimpanan yang nggak mau dicampur2 dengan simpanan utama. Terima kasih reviewnya yang sangat lengkap dan mudah dipahami mbak.

    BalasHapus
  25. Wah samaan Kak. Aku belum punya tabungan khusus penghasilan dari blog. Jadi aja penghasilan blog itu masih kecampur dari uang nafkah suami. Jadi kan bingung ya ngitungnya ama misahinnya. Berarti enak ya kalau pakai aplikasi blu. Bisa buka tabungan tanpa harus datang ke banknya. Jadi keidean buat aku

    BalasHapus
  26. aku juga sudah punya blu account ini mbak
    senang banget sama fitur bluSavingnya
    bisa bikin 10 rekening ya

    BalasHapus
  27. aku belum punya tabungan khusus nih ... etapi enak juga ya ... punya tabungan khusus jadi tidak tercampiur uang-nya, mau coba ah

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .