Membuat Pas Foto Tanpa Harus ke Studio? Bisa Banget!

Cara Cepat Edit Pas Foto Daftar Sekolah Lamaran Kerja SKCK dari Aplikasi Android

Jadi beberapa bulan yang lalu, waktu musim PPDB - Pendaftaran Peserta Didik Baru, Adik saya yang mulai masuk ke kelas 10 SMA mendadak banget butuh Pas Foto, padahal biasanya kalau habis lulusan sekolah kan sudah satu paket dapatnya, mulai dari buku kenangan, dokumen-dokumen kelulusan, dan ada Pas Foto dari sekolah lama juga. Tapi.. tau sendirikan, bagaimana sistem kelulusan sekolah di awal pandemi lalu? Semua serba terbatas, kegiatan sekolah diminimalisir, bahkan Ujian Akhir Nasional pun ditiadakan. Pokonya antara "senang" dan sedih menghadapi situasi seperti itu.

Nah.. karena kegiatan lain selain pelajaran sangat dibatasi, acara pengambilan foto kelulusan pun akhirnya dijadwal ulang, dan sayangnya waktu pendaftaran di sekolah baru hasil Pas Fotonya belum keluar. Jadi lah saya ikut mikir, gimana ya caranya bisa dapat pas foto dalam waktu 1 hari tanpa harus pemotretan dulu ke studio foto? Terus saya bilang ke adik "Udah pakai foto lama aja biar nanti tak edit background-nya sesuai syarat" pede banget bilang gitu padahal belum tentu hasilnya sesuai dengan yang dia inginkan XD. Tapi namanya juga usaha.. kan sah-sah aja segalanya dicoba asal dengan cara yang baik-baik kan..

Dan nemulah saya dokumen kelulusan dia waktu Madrasah yang di dalamnya ada pas foto menempel di lembar Ijazah nya. Saya scan pas fotonya diperbaiki sedikit dan akhirnya jadi. Tapi.. kadang mau diupayakan seperti apapun, kalau hasilnya nggak sesuai ekspektasi dia yaaa.. mau gimana lagi kan ya. Katanya sih fotonya udah jadul, udah beda sama dia yang sekarang, jadi mintanya yang ter-update. Ealah.. anak muda emang beda banget nggak sih, dikasih yang mudah eh.. nggak cocok juga, akhirnya tetep juga berangkat ke studio foto dengan resiko foto nggak bisa jadi cepet, kalau kepepet baru deh pakai yang sudah saya buat tadi -_-"

Nah.. karena sudah kepalang paham caranya bikin file pas foto pakai hp, jadi sekalian ini saya buatin tutorial bikin pas foto tanpa ribet harus datang ke studio foto juga. Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk edit pas foto dengan aplikasi HP (Di sini saya pakainya HP Android ya)

Tutorial Mudah Membuat Pas Foto dengan Aplikasi HP


Tutorial Membuat Pas Foto dengan Aplikasi HP Canva

- Pertama siapin dulu foto terbaik kamu, terserah mau pakai background apapun, mau di taman, di dapur, depan kamar mandi, pada akhirnya semua background bisa diatur.

- Selanjutnya pastikan kamu sudah punya aplikasi Canva di smartphone mu, atau bisa juga mengaksesnya melalui website canva.com. Tapi di sini saya bakal kasih tutorialnya yang versi smarphone ya...

- Kalau sudah pasang Canva, langsung masuk ke aplikasinya, dan membuat draft dengan meng-klik ikon (+) di pojok kanan bawah untuk membuat custom size. Jadi karena di Canva nggak ada ukuran pas foto langsung yang 2x3, 3x4, atau 4x6, kita bikinnya pakai custom size aja ya kakak-kakak.

- Setelah masuk ke laman custom size, sesuaikan ukuran pas foto yang ingin kamu pakai atau yang sedang kamu butuhkan. Untuk ukuranya bisa disesuaikan sendiri ya, terserah mau pakai yang cm, mm, inc, atau pixel. Kalau saya seringnya pakai pixel, sih..

Cara Membuat Ukuran Pas Foto dengan HP

- Ukuran draft canva sudah ditentukan dan siap dieksekusi, selanjutnya bisa klik icon (+) di pojok kiri bawah untuk menambahkan foto yang sudah disiapkan sebelumnya.

- Ketika foto sudah ter-upload di draft canva, bagi pengguna canva pro bisa langsung menggunakan fitur effects yang terdapat di dalamnya untuk menghapus background asli foto, tapi buat yang pakai canva gratis, bisa membaca cara membuat gambar JPG menjadi background transparan lebih dulu untuk menghapusnya. 

- Setelah background awal sudah berhasil dihapus, terakhir tinggal ganti warna background sesuai dengan yang di butuhkan.

Nih saya tambahin tutorial versi videonya biar makin greget..




Mudah dan simpel banget nggak, sih.. bisa dilakukan #DiRumahAja jadi aman meski ada PPKM, edit Pas Foto nya sambil rebahan juga bisa banget, nggak perlu capek-capek datang ke studio foto, toh zaman sekarang ini serba mengutamakan soft file, mau kirim berkas pendaftaran sekolah ataupun surat lamaran kerja, sekarang dikirimnya cukup lewat online saja. Jadi worth it banget kalau kamu mau praktikin tutorial membuat pas foto dengan hp ini, mau itu pas foto surat nikah, buat lamaran kerja, SKCK, atau buat yang lain. Semua bisa!!

Sekian tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat!! Dan.. Stay Safe, Stay Healthy buat semuanya. #Hug


Sincerely,











Comments

Marfa Umi said…
Multifungsi ya jadi si Canva ini, enakan kalau premium. Udah cukup lewat hp juga kalau mau ganti background foto, bisa cepet.

Keriwehan kemarin ada hikmahnya juga ya Mbak, jadi blogspot dan juga bisa dimanfaatkan sewaktu juga nih tentunya, hihi
Yudichu said…
Wah makasih tips dan triknya mba! Memang CANVA membantu banget, kemarin sempet buat cv di sana juga haha.
Dian Ravi said…
ehhhhhhhh ternyata bisa bikin pas foto pake canva semudah itu ya? aku selama ini kalau harus pake hp tuh ya bikin foto biasa aja, cari background polos. trus pas nyetaknya diakalin banget. hahahahaha dasar aku.
besok-besok aku pakai ah caranya
Rudi G. Aswan said…
Canva ini memang multifungsi ya Mbak. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di era digital. Bikin infografik dan banner digital juga hayuk, praktis pemakaiannya. Kalau aku bikin pas foto biasanya otak-atik di Photoshop, padahal ya belum ahli. Kudu sabar banget. Kalau tahu bisa di Canva mendingan bikin di sini pas fotonya hehe. Makasih :)
Canva memang the best ya. Selain bisa bikin pas foto, Canva juga membantu sekali untuk membuat konten yang menarik.
Saya juga sering pakai Canva, Mbak, tapi di laptop bukan di hp
lendyagasshi said…
Ini adeknya si Baekhyun, kwkwkw...
Jadi inget dulu zaman kerja, kalau butuh pas foto bekgron merah atau biru, tinggal ke Fuji Image terus nanti bawa pas foto yang lama, tinggal di reproduce.
Kini,
Ada teknologi secanggih canva. Jadi bisa reproduce sendiri doonk...

Nuhun yaa...life hack yang sangat berharga.
Ririe Khayan said…
Jadi inget, pas tahun lalu diminta pas foto untuk melengkapi pendaftaran ujian kompetensi. Mendadak dan ujug-ujug banget, sementara saya saya dalam perjalanan mudik ke Jawa Timur, ceki-ceki di HP gak ada jenis foto yang diminta.

Akhirnya rikues sama teman utk dieditin foto yang ada, asal jadi pas foto saja. Padahal dengan Aplikasi HP Canva, bisa ya edit foto langsung dijadiin pas foto.

Wah bener juga ya bisa pakai canva. Kalau zaman dulu suamiku yang edit pakai adopt photo shop apa ya. Sekarang ada canva jadi lebih mudah

Popular Posts