Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Babak Baru Kehidupan: Pulang Kampung Menuju Langgeng

with Leave a Comment
Di Rumah Bareng Shopee


Memasuki hari terakhir di bulan ke 9 tahun 2021. Tentu sudah banyak sekali lika-liku kehidupan yang kita lewati di masa pandemi ini. Ada yang semakin berkembang, ada juga yang memilih untuk tetap bertahan, tapi nggak sedikit pula yang mulai tumbang.

Bagi saya, masa ketidak pastian yang disebabkan oleh pandemi ini memang harus kita hadapi, karena nggak mungkin juga kan, kita pasrah saja dan terombang-ambing dengan peraturan di mana yang bikin peraturan juga belum tau pasti bagaimana cara tepat untuk mengatasi ini semua.

Hidup itu kadang di atas, kadang juga di bawah, tapi ketika saya bilang untuk saat ini banyak dari kita yang benar-benar diuji mental dan fisik bahkan hanya dengan tujuan mencari sesuap nasi untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam, di sisi lain banyak juga yang berhasil menghadapi masa ketidak pastian ini dengan memanfaatkan kemudahan teknologi dalam wujud banyaknya toko online yang mulai bermunculan.

Ya, semua memang tergantung niat, usaha, dan kesiapan mental kita.

Hobi Baru Selama di Rumah



Tapi, terlepas dari banyaknya toko online baru yang menjadi penolong dalam memenuhi berbagai kebutuhan keluarga, saya dan suami justru baru saja mulai membuka toko offline di rumah. Hah? Di masa pandemi seperti ini? Iya :)

Tentunya setelah melalui "perdebatan panjang" dan dengan berbagai pertimbangan yang menurut saya memang harus segera diputuskan demi ketenangan hati pun pikiran, dan akhirnya solusi terbaik saat itu adalah suami resign dari pekerjaan. Memang terdengar egois, ketika orang lain berjuang untuk bertahan hidup di masa pandemi, suami malah melepas sumber penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan kami sekeluarga. Tapi.. begitu lah hidup, sawang sinawang, semua memiliki permasalahanya sendiri-sendiri dan untuk masalah yang sedang saya hadapi ini mau nggak mau saya harus segera mengambil langkah terbaik untuk menyelesaikannya, bukan?

Oke sekian curcol-nya. Mari kita lanjut ke cerita intinya.

Toko Langgeng. Begitu saya dan suami memberi nama usaha baru kami, sebenarnya nggak jauh-jauh dari bidang pekerjaan yang sebelumnya suami lakoni; tentang material bangunan, tapi untuk lebih spesifiknya, toko baru kami lebih berfokus pada material listrik yang menjual lampu, kabel, klaim, senter, lampu emergency, lampu variasi, dan beberapa jenis material listrik lainnya.

Tentu kami benar-benar memulai usaha ini dari 0, pengetahuan yang nggak begitu luas tentang pasaran harga material listrik, pun tempat yang bisa kita ambil barangnya secara grosir. Tapi, kalau sudah niat, apalagi dibarengi usaha dan mental yang kuat, apapun bisa dilakukan, kan?

Akhirnya dengan niat baik ini dan rasa percaya diri yang tinggi, saya mulai membuka aplikasi belanja online andalan saya; Shopee. Ya.. Berbekal dengan pengalaman berbelanja dari rumah di marketplace warna orens ini, saya mulai mencoba mengetikkan kata kunci lampu LED grosir, di mana banyak sekali hasil pencarian dan pilihan yang muncul dengan berbagai penawaran harga, tapi tentu saya nggak asal check out dong, ya, ada beberapa faktor yang saya jadikan bahan bertimbangan agar barang yang saya beli aman sampai tujuan dan selamat sampai di tempat saya, faktor tersebut antara lain;

- Provinsi atau kota seller shopee berada, ini tentu untuk meminimalisir resiko kerusakan selama pengiriman. Dan karena tempat saya berada di Lamongan, jadi saya lebih fokus ke seller yang ada di Jawa Timur
- Selain meminimalisir resiko kerusakan selama di ekspedisi, dengan memilih area yang dekat dengan tempat saya pun bisa memangkas ongkos kirim juga.
- Seller yang memiliki rating tinggi. Ya, ini juga menjadi pertimbangan saya, jadi nggak asal harga murah langsung saya beli saja, tapi pelayanan dan ulasan after-service nya pun saya jadikan poin khusus, karena kan kita kulakan ya, dan pasti dalam jangka panjang, kalau nggak cocok sama seller-nya kan nanti ribet sendiri :')
- Terakhir adalah benefit lain yang bisa didapatkan. Nah.. Di shopee kan ada banyak banget voucher yang dibagi ke pelanggan tuh, mulai dari Cashback Xtra, Murah Lebay, Flash Sale, Diskon toko dan masih banyak lagi. Jadi.. karena shopee sudah berbaik hati memberikan voucher, kita juga harus dengan senang hati memanfaatkanya dong..

Etapi emang bisa ya dapat benefit berlipat-lipat sesuai yang kita inginkan? Bisa banget! Tentunya dengan memanfaatkan fitur filter yang terdapat pada Shopee, di sana saya menggunakan filter; Xtra Gratis Ongkir, dan Cashback Xtra, dan lokasi seller sesuai kriteria saya.

Dengan menerapkan itu semua, akhirnya bertemulah saya dengan produk yang saya rasa cocok untuk dijadikan langganan kulakan. Dan saya bersyukur banget karena ternyata, selain lampu, saya juga menemukan seller shopee yang menyediakan peralatan listrik dengan harga grosir, tentunya dengan pelayanan yang ramah, respon yang cepat, dan memenuhi semua faktor yang saya sebutkan di atas juga.

Moment di Rumah yang Tak Terlupakan



Bagi saya, layaknya balita yang semangat saat mereka sedang belajar melangkahkan kaki mungilnya setapak demi setapak, moment pertama yang saya rasakan ketika memulai usaha Toko Langgeng dengan berfokus pada bahan bangunan dan material listrik yang sudah berjalan sekitar 2 bulan lebih ini pun merupakan moment di rumah yang tak terlupakan dan yang sangat membahagiakan, apalagi dengan dukungan para seller shopee dan shopee itu sendiri ketika saya masih belum tau di mana, apa dan bagaimana saya mulai mengisi barang yang akan saya jual di toko nantinya.

Dan beruntungnya lagi, sekitar pertengahan bulan lalu, waktu mengikuti kegiatan blogwalking di salah satu grup whatsapp blogger yang saya ikuti, saya membaca salah satu blog yang membagikan info kalau shopee lagi bikin Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah, alhasil saya tertarik untuk membagikan moment berharga ini untuk dituliskan di blog. Sekalian sebagai bentuk terima kasih saya kepada Tim Shopee dan Seller-nya. 

Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca blog ini, atau paling enggak petunjuk bagi yang mau memulai usaha online maupun offline, petunjuk kalau apapun yang kamu butuhkan, di Shopee itu semua ada dan semua bisa. Period.


Sincerely,
#NgeBlogDariRumah







Kerja Lebih Nyaman dengan QuBisa

with 55 comments

Aplikasi Siap Kerja dari QuBisa

Duh.. Judulnya keren banget sih, Kak..

Iya.. akibat lamanya PJJ bocil selama pandemi ini, mau nggak mau saya jadi ikut berjibaku dengan platform pendidikan dan banyak menemukan Aplikasi belajar online yang saat ini mulai bermunculan, dan bukan hanya itu, ternyata di dalam salah satu aplikasi tersebut terdapat Kursus online gratis dengan berbagai macam materi yang bisa meningkatkan kemampuan diri juga.

Nah.. makanya saya jadi dapat inspirasi buat bikin judul keren begitu, Gaes.. kerennya lagi, selain menyediakan materi yang mendukung kita untuk meningkatkan kemampuan diri, dalam platform pendidikan tersebut juga menyediakan beragam materi tentang cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling dalam dunia kerja, jadi menurut saya platform ini juga layak disebut dengan Aplikasi siap kerja. Semacam sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui lah, Gaes..

Sampai sini ada yang penasaran nggak sama aplikasi yang saya maksud? Seperti judul artikel ini, nama Aplikasi belajar online atau Kursus online gratis yang saya maksud di atas adalah Aplikasi belajar online QuBisa. Hayoo.. Ada yang masih belum kenal dengan QuBisa ini nggak? Hah? Masih? Wah parah.. Tapi gapapa.. saya nggak pelit pengetahuan kok.. Jadi, nih saya kasih sedikit informasi tentang asal-usul dari aplikasi untuk Kursus online gratis slash Aplikasi siap kerja yang bakal kasih kamu banyak manfaat dan insight positif, baik itu dalam bidang dunia kerja, pendidikan, ataupun perkembangan diri.

QuBisa merupakan Aplikasi belajar online atau platform pendidikan dan pembelajaran terpercaya dengan banyak sekali manfaat, memiliki 200+ instruktur, 2.000+ materi microlearning dan 120.000+ pengguna atau murid. Mengikuti perkembangan teknologi di era modern saat ini, tentunya semua orang ingin serba praktis dan cepat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Apalagi dengan perkembangan internet yang saat ini hampir semua orang sudah bisa menikmatinya. Tentu ini juga berpengaruh pada dunia pendidikan, di mana buibu  yang sedang berjuang bersama anak-anak mereka dalam menghadapi PJJ yang ingin mengetahui dan menerapkan cara belajar efektif agar belajar gak ribet, atau kalian yang sedang berusaha mencari cara meningkatkan personal branding atau upskilling dan reskilling sebelum memasuki dunia kerja pun bisa banget memanfaatkan aplikasi QuBisa ini kapanpun dan di manapun secara online. Nah, dari latar belakang tersebut dan minimnya lembaga yang menyediakan materi belajar online secara gratis, akhirnya QuBisa hadir memberikan solusi agar pemberi materi dan penerima materi bisa bertukar pikiran dengan cepat dan tepat.

Oke, lanjut ke pengalaman saya selama menggunakan Aplikasi siap kerja ini dan mengikuti Kursus online gratis dengan tema; 3 Prinsip Dalam Memaknai Pekerjaan serta menonton video tentang Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosi saat bekerja. Duh berat banget temanya XD Tapi nggak tau kenapa asyik aja pas ikut kursus yang materi nya bisa diakses secara gratis dan lifetime ini.

Cara Meningkatkan Personal Branding dengan QuBisa

Berikut beberapa poin penting yang saya pelajari dalam memaknai pekerjaan dan yang bakal bikin kamu siap terjun di dunia kerja dengan QuBisa:

- Bekerja sebagai Bentuk Ibadah dan Kewajiban 
Menjadikan pekerjaan kita sebagai bagian dari ibadah kepada Allah, dan kewajiban dalam memenuhi kebutuhan hidup. Karena ketika kita memaknai pekerjaan sebagai life support dalam menafkahi sandang pangan dan papan  keluarga, maka bisa dianggap bahwa kita sudah berhasil menjalani hidup yang layak. Dan menurut saya bekerja itu nggak melulu tentang kesuksesan dan gaya hidup saja, manfaat dan hasil dari pekerjaan kita akan terasa memiliki nilai lebih besar daripada nilai uang yang kita dapatkan apabila kita memaknai pekerjaan sebagi wujud usaha kita dalam memenuhi kebutuhan dan menjalankan kewajiban.

- Bekerja untuk Meningkatkan Kemampuan Diri
Pekerjaan tersebut menambah kualitas hidup secara intelektual, skill dan knowlegde, dalam artian menambah keinginan kita untuk terus berkembang dan memacu diri kita untuk mau terus belajar hal baru. Karena jika kita hanya stuck pada satu bidang atau rutinitas saja, maka kita akan terjebak dalam situasi nyaman atau comfort zone di mana kegiatan yang kita kerjakan akan menjadi monoton, sehingga membuat kita mudah puas karena menganggap bahwa diri kita sudah ahli dalam bidang tersebut, memang itu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi kita, namun hal tersebut bisa juga menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan yang kita miliki.

- Bekerja dan Kesempatan Berkontribusi secara Sosial
Memberi kesempatan kita untuk berkontribusi secara sosial sesuai dengan bidang pekerjaan yang kita miliki. Dalam hal ini, setiap pekerjaan yang kita lakoni pasti memiliki sumbangsih terhadap kehidupan sosial di sekitar kita. Misalnya saya yang saat ini bekerja di bidang property, tanpa sadar saya memiliki kontribusi sosial dalam membantu user untuk memiliki hunian impian yang mereka inginkan. Wah.. kadang saya ikut terharu ketika user menerima kunci rumah mereka. 

Aplikasi siap kerja QuBisa

Nah, ketiga poin di atas merupakan pengetahuan yang sebelumnya nggak saya sadari sama sekali selama melakukan pekerjaan saya saat ini. Itulah kenapa QuBisa menjadi Aplikasi siap kerja favorit yang bakal saya rekomendasikan juga untuk kalian para pencari kerja agar lebih siap lagi menghadapi dunia kerja, maupun buat yang sudah kerja agar lebih mantap dalam menjalankan pekerjaannya saat ini. Karena selain Kursus online gratis yang saya ikuti di atas, masih banyak lagi tema yang bisa memberi insight positif untuk kalian semua.

Dan.. kebetulannya lagi.. sekarang QuBisa juga sedang mengadakan lomba menulis blog nih..  Tenang, kamu bisa download aplikasi QuBisa lebih dulu di Play Store untuk Smartphone Android dan di App Store untuk pengguna iOS, QuBisa juga bisa diakses melalui website bagi yang lebih mengutamakan cara belajar efektif dan belajar gak ribet menggunakan PC. Ya.. Siapa tau menang, kan jadinya Ilmu dapet, hadiah pun disabet #halah.

Okay sekian cerita singkat pengalaman saya menggunakan Aplikasi belajar online dan mengikuti Kursus online gratis di dalamnya.. Kalian share juga dong pengalaman keren yang kalian dapatkan setelah mendaftar jadi murid di QuBisa..



upskilling dan reskilling dengan QuBisa













Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .