Ciri GERD yang Dirasakan Ketika Asam Lambung Naik

Ciri-Ciri GERD Asam Lambung

GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan, sehingga akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal tersebut bisa terjadi karena katup lambung yang tidak berfungsi secara optimal sehingga lebih mudah terbuka.

GERD tersebut juga bisa disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak baik. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan katup yang tidak berfungsi optimal dan mengalami berbagai ciri-ciri GERD yang dapat dirasakan yaitu:

1. Heartburn

Apabila sudah mempunyai masalah GERD, maka sebaiknya jaga pola makan dan juga kebiasaan yang dapat menyebabkan kondisi tersebut muncul kembali. Misalnya dengan menghindari makan sebelum tidur, jangan tiduran setelah makan, menghindari makanan pedas berlebihan, dan juga berbagai jenis makanan lainnya yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Apabila hal tersebut tidak diperhatikan maka akan mengalami gejala GERD yang dirasakan yang pertama adalah heartburn. Gejala ini akan bisa membuat khawatir karena berpikir mempunyai masalah pada jantung. Karena sakit yang dirasakan adalah di bagian dada yaitu rasa seperti terbakar hingga keluarnya keringat dingin. Heartburn ini merupakan keluhan yang paling umum dirasakan bagi penderita GERD. Heartburn ini dapat dirasakan dan akan lebih parah ketika setelah makan dan juga memburuk apabila berbaring atau duduk. Rasa nyeri terbakar yang dialami tersebut disebabkan oleh asam lambung yang naik ke pipa kerongkongan.

2. Regurgitasi

Gejala GERD selanjutnya ketika sedang kambuh adalah regurgitasi. Kondisi ini merupakan rasa pahit yang dirasakan di bagian belakang mulut hingga ke tenggorokan. Regurgitasi ini juga akan lebih parah apabila setelah makan. Apabila mengalami regurgitasi ini akan membuat mulut merasa tidak enak karena terasa pahit. Seperti merasakan ada aroma dan rasa ketika akan muntah. Regurgitasi ini bisa terjadi karena membungkuk ketika makan, olahraga tanpa pemanasan, makan dalam porsi yang besar, dan karena mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan mengalami regurgitasi.

3. Bau Nafas yang Tidak Sedap

Selain dapat mengalami rasa pahit di bagian mulut dan kerongkongan, hal tersebut juga akan berdampak pada bau mulut yang keluar. Ketika GERD sedang kambuh maka akan menyebabkan bau nafas yang tidak sedap. Bau nafas ini merupakan ciri dari asam lambung naik sehingga akan mengganggu ketika berinteraksi dengan orang lain. Selain bau nafas, asam lambung naik juga menyebabkan sulit untuk menelan karena seperti ada benjolan yang ada di kerongkongan. Hal ini disebut juga sebagai disfagia yaitu ketika terasa makanan yang ada di tenggorokan dan tidak segera turun ke lambung.

4. Batuk kronis

Ciri-ciri Gerd selanjutnya adalah mengalami batuk kronis. Apabila sudah mengalami batuk dalam jangka waktu lama dan telah diobati obat batuk tetapi tidak mempunyai hasil, maka hal tersebut bisa jadi karena asam lambung naik. Batuk kronis dapat dialami karena merupakan reaksi tubuh saat ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut merupakan pertahanan alami yang akan dilakukan tubuh. Batuk juga merupakan pertahanan bagi penderita GERD ketika asam lambung naik.

5. Panas dalam

Ciri ketika GERD kambuh yang terakhir adalah mengalami panas dalam. Hal ini juga akan diikuti dengan rasa nyeri ketika menelan makanan yang dikonsumsi. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung yang menyebabkan iritasi yang terjadi pada pita suara.

Untuk mengatasi gejala ini dan lainnya seperti di atas bisa langsung untuk mengkonsumsi Promag. Obat ini sudah dikenal ampuh sebagai obat maag, GERD, dan gangguan lambung lainnya dengan hasil optimal.

Itulah beberapa ciri yang bisa kamu rasakan saat GERD kambuh, tapi kamu bisa membaca website resmi dari promag untuk mengetahui ciri – ciri gerd yang lebih lengkap, beserta cara untuk mengatasinya jika hal tersebut sudah terjadi, dan saya akhiri sampai di sini dulu sampai jumpa lagi di pertemuan yang akan datang.


Sincerely,
Lifestyle Blogger




Comments

Popular Posts