Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Kelas Gratis BRT Network: Ciptakan Blog Berkualitas

with 1 comment
Kelas Gratis BRT


Berbeda dengan Kelas Gratis BRT bulan Juni lalu yang satu hari setelah pendaftaran saya langsung diterima masuk di kelasnya, untuk Kelas SEO Gratis BRT Network bulan Desember kali ini benar-benar bikin saya was-was, karena calon peserta harus melalui sistem pendaftaran yang sangat ketat, dan wajib membawa paling enggak 2 teman yang mau direkomendasikan untuk ikut kelasnya juga. Wah.. saya auto mikir keras dong mau ngajakin siapa.

Tapi namanya usaha kan ya, link form pendaftaran yang saat itu dibagikan ke grup akhirnya saya bagikan juga di Status WhatsApp, mau ada yang nyantol atau enggak, biar tuhan yang menentukan #eh. Dan ketika pengumuman siswa terpilih, saya berpikir, niat baik memang seringnya mendapat hasil yang baik pula :). Ya, usaha kecil tersebut akhirnya mengantarkan saya pada pintu kelas SEO terbaik yang pernah saya ikuti.

Dan saya resmi diterima menjadi siswa kelas online gratis yang diadakan BRT Network untuk menutup tahun 2021 ini. Seneng? Banget! Nggak nyangka aja bisa terpilih dari 200 lebih pendaftar. Alhamdulillah..

Tentang Kelas SEO Gratis BRT Network

Kelas ini sebenarnya merupakan kelas "suka-suka" yang dibuat oleh tim BRT Network, jadi nggak setiap bulan ada. Bertujuan agar Blogger bisa lebih mengenal dalaman blog yang dikelolanya sehingga blog tersebut bisa dibilang berkualitas dari segi SEO-nya.

Sampai minggu ini, sudah ada 3 tugas yang harus diselesaikan oleh para siswa, dan tugas tersebut juga sebagai penentu apakah siswa tersebut dianggap mampu dan layak untuk meneruskan kelas atau harus dieliminasi karena nggak bisa menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

Tim Tutor Kelas yang Solutif dan Cekatan

Dalam kelas SEO gratis dari BRT Network kali ini terdapat 6 tutor yang akan mengarahkan kita di setiap materi. Tentunya masing-masing tutor memiliki tugas berbeda sesuai dengan jenis platform menulis yang digunakan yakni Blogspot dan WordPress.

Dan karena saya merupakan salah satu dari puluhan siswa pengguna Blogspot, selama kelas SEO tanpa bayar ini berlangsung, jujur saya lebih fokus pada penjelasan dan arahan yang diberikan oleh Kak Gilang, Mas Priyo, Bang Zen, dan Mbak Marita mengenai penyelesaian masalah pada materi SEO on Page yang meliputi Common, OpenGraph Social Media, dan Structured Data yang terdeteksi setelah melakukan pengecekan di Meta SEO Inspector.

Kelas SEO online Gratis Terbaik

Meski nggak menutup kemungkinan Mbak Monic juga ikut membantu dalam setiap penyelesaian, tapi di kelas ini saya lebih menganggap Mbak Monic berperan sebagai guru BP yang siap siaga mengingatkan kita para siswa yang melanggar tata tertib dan peraturan kelas agar lebih disiplin lagi :))).

Deg-deg-an-nya lagi, berbeda dengan sebelumnya, di kelas online gratis BRT yang sekarang sepertinya kita juga akan mendapat materi coding dari Bang Zen, duh kayaknya harus banyak-banyak makan wortel biar matanya tetap stay on selama pelajaran coding :')

Selain materi-materi di atas, kemungkinan akan ada tugas akhir juga yang akan dibagikan oleh Bapak Kepala Sekolah (read: Mas Punto) nantinya, karena menurut pengalaman dari kelas sebelumnya, tugas dari Mas Punto adalah tugas terakhir yang paling menyenangkan dari Kelas SEO BRT Network dan yang paling berhasil bikin saya utak-atik puluhan link selama berhari-hari, pun tugas yang akhirnya membuat saya jadi tau puluhan jurnal asing juga, sungguh pengalaman yang bikin punggung dan pinggang saya meradang tapi senang #ehgimana.. 

Materi Kelas SEO on Page BRT Network

Berbekal dari kelas sebelumnya, saya agak sedikit tenang karena ketika memasuki materi kelas seperti:

- Pemasangan atau Perbaikan SSL Blog,
- SEO on Page dengan menggunakan Meta SEO Inspector,

Blog saya masih masuk di zona aman, jadi masih bisa agak santai dengan sedikit membantu mencari solusi bagi siswa lain yang blog-nya terdeteksi memiliki masalah pada SEO on Page-nya.

Materi baru yang saya terima di Kelast BRT Networt bulan Desember ini adalah materi 18 Parameter dalam menulis artikel dari Mas Punto, dan.. yah.. tulisan ini merupakan tugas ke 3 yang harus memenuhi 18 parameter yang sudah dijabarkan dengan jelas oleh Mas Punto di grup. /semoga lolos please/

Suka Duka Mengikuti Materi Kelas SEO Gratis

Menurut saya.. 2 kali mengikuti kelas gratis BRT Network, 2 kali juga saya merasakan dagdigdug ketika mencari solusi di setiap tugasnya, apalagi kalau sudah masuk detik-detik eliminasi, doh.. mata rasanya panas dan berkunang-kunang mengejar deadline tugas yang belum tuntas.

Meski begitu, setiap kali berhasil menyelesaikan tugas, rasanya tuh nggak ada namanya usaha yang sia-sia. Rasa penasaran untuk menyelesaikan masalah yang ada di blog ketika masuk pada materi SEO on Page seakan terbayar lunas, belum lagi saat menemukan formula yang tepat setelah berjam-jam atau bahkan berhari-hari mata menatap lekat ratusan script demi terciptanya blog berkualitas, rasanya tuh terharu, puas, bahagia, nano-nano banget pokoknyaaa..

Dan meski kadang bikin kepala puyeng, mata berat, dan jari-jari linu, kelas ini tetap wajib diikuti oleh blogger yang memang ingin memperbaiki kualitas blog-nya, apalagi bagi kita para blogger yang menjadikan hobby tulis-menulis ini sebagai salah satu sumber rizki, ya seperti yang sudah kita tau, brand sekarang juga sangat teliti dalam menggandeng blogger untuk diajak kerjasama.

Kelas SEO Gratis BRT Network Ciptakan Blog Berkualitas

Kata Peserta: Kelas Gratis BRT Network Terbaik 

Memasuki materi tugas ke 3 di kelas SEO gratis, kita dibagi menjadi 10 kelompok yang setiapnya terdiri dari 7 siswa dan tergabung di grup kecil. Sesuai peraturan, kita harus bisa saling mengingatkan, sama-sama cari solusi, dan menyelesaikan tugas 1, 2, dan 3 secara maksimal, dan apabila ada salah satu dari anggota yang nggak menyelesaikan tugas, maka 1 kelompok tersebut akan ter-eliminasi semua. Berasa lagi ikut ajang pencarian bakat nggak, sih? XD

Tapi baiklah, challenge accepted! Seperti biasa menyatukan isi kepala banyak orang itu bukan sesuatu yang mudah, Ketika ada yang dengan semangat mengerjakan tugas, setiap beberapa jam update perkembangan, ketika itu juga ada yang harus dicolek berkali-kali baru muncul, adil nggak adil sih, tapi namanya sudah siap mengikuti kelas kan harus siap juga dengan peraturan yang ditentukan, bukan?

Yang kita lakukan pertama kali saat sudah tergabung di grup kecil adalah sharing mengenai Kelas SEO Gratis lewat WhatsApp dan berbagi pendapat serta pengalaman singkat selama mengikuti Kelas BRT Network, tentu ada berbagai macam pendapat dan pengalaman dari masing-masing siswa.

Kalau versi Mas Yonal selaku pemilik blog www.yonalregen.com, berikut adalah pengalaman singkatnya:
Belum genap sepekan mengikuti kelas ini, menurut saya kelas BRT network sangat membantu para blogger untuk memperbaiki kinerja dan atau mengoptimasi blognya masing-masing dari sisi SEO-nya, baik on page maupun off page.

Dan selanjutnya adalah Mbak Diah yang sering mambagikan tulisannya di www.diahalsa.my.id. Beliau juga menyampaikan pengalaman dan pendapatnya seperti di bawah:
Kelas BRT Desember ini benar-benar lengkap. Materi yang disajikan oleh para Coach juga jelas dan detail jadi kita bisa belajar dan langsung mempraktikkannya. Kesehatan blog jadi jauh lebih baik. Moga setelah ini tetap semangat untuk utak-atik lagi jika suatu saat terjadi kesalahan pada blog, biar kesempatan dilirik brand lebih besar dan bisa bersaing sehat juga dengan blog-blog yang udah langganan dapat job. Kelas BRT keren! 
Nah. akhir kata. dari berbagai pendapat dan pengalaman di atas, saya yakin ilmu SEO on Page, SEO off Page, dan ilmu penting lain yang dibagikan di Kelas SEO Gratis BRT Network ini akan sangat bermanfaat, karena dengan ilmu tersebut, dapat dipastikan bisa menjadikan blog kita lebih berkualitas lagi dari segi SEO-nya. Dan tentunya akan berpengaruh juga pada peng-indeks-an Google. Tapi itu kalau kita bersungguh-sungguh saat menyimak materi yang dibagikan.

Dan jangan lupa juga, meski sudah lulus dari Kelas Gratis BRT Network, kita harus tetap mempraktikkan materi yang sudah diberikan oleh para tutor, oke? Oke! 


Sincerely,
Belajar SEO bersama BRT Network















1 Komentar:

BlogSabda.com said... Reply Comment

wah asyik banget dapat kelas gratsi dari BRT Network, apalagi pelajarannya tentang SEO yang bisa bantu blogger untuk meningkatkan kemampuan saing blog di google search

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .