Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Tips Membangun Rumah Modern yang Berkualitas

with 1 comment
tips membangun rumah modern berkualitas

Sebagai bagian dari developer yang telah membangun ribuan rumah di wilayah Jawa Timur, sekarang ini saya sedang tertarik dengan apa saja spesifikasi yang dibutuhkan sebuah rumah agar bangunannya bisa berdiri kokoh. Semua ini nggak lain dan nggak bukan karena order bangun rumah milik teman-teman kantor yang saya turunkan beberapa bulan lalu.

Duh, bayangin tiap kali mereka pada bahas denah rumah, material, dan berbagai spesifikasi rumah lain dengan mandor yang khusus diundang ke kantor, saya cuma bisa diam di pojokan. Tapi hal itu akhirnya membuat saya berfikir, "Emang rumah berkualitas itu yang seperti apa sih? Yang bangunnya bagaimana? Apakah yang material atasnya menggunakan atap genteng metal?" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan sesi tanya-jawab dengan bagian administrasi proyek, dan memang ada beberapa komponen dari sebuah bangunan rumah yang harus diperhatikan dengan teliti seperti;

1. Pondasi Rumah

Jika kita berbicara mengenai bangunan, tentu hal pertama yang akan terpikirkan dan menjadi prioritas adalah pondasi. Yap! Hal ini karena pondasi merupakan bagian yang paling dasar dari sebuah bangunan, karena nantinya akan berfungsi untuk menopang keseluruhan bangunan.

Pondasi yang kuat akan menghasilkan bangunan rumah yang kokoh. Jika menggunakan pondasi dengan kualitas tinggi, maka wajib memilih rangka baja ringan terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam konstruksi suatu bangunan.

2. Kuda kuda dan Genteng Metal

tips membangun rumah modern berkualitas
Rangka Baja Ringan BlueScope Zacs®


Sederhananya, kuda-kuda adalah konstruksi bangunan yang berguna untuk mengokohkan bagian atap yang umumnya terbuat dari kayu, rangka atap baja ringan atau atap baja metal. Kuda kuda dalam konstruksi bangunan memiliki sifat yang cukup krusial maka harus memilih tukang baja ringan yang tepat agar perhitungan estimasi kebutuhan material yang sesuai dengn rumus jarak antar kuda kuda dapat diaplikasikan dengan baik. Dengan mengingat bahwa saat ini material baja ringan menjadi populer, maka harus cermat dalam memilih material dan tukang baja ringan.

Sedangkan atap atau genteng merupakan salah satu bagian lain yang erat kaitannya dengan sebuah bangunan rumah. Meski begitu, setiap atap ternyata memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Kita harus tau apa saja yang menjadi spesifikasi dari sebuah atap sebelum memutuskan untuk memilihnya sebagai pelindung atap pada rumah kita.

tips membangun rumah modern berkualitas
Genteng Metal BlueScope Zacs®

Kalau sekarang ini memang lebih banyak yang membangun rumah dengan atap baja metal atau atap baja ringan karena dipercaya memiliki daya tahan lebih kuat dan tahan lama dalam melindungi rumah dari berbagai jenis cuaca dan membuat rumah lebih nyaman. Misalnya seperti BlueScope Zacs® yang hadir sebagai pelindung bijaksana keluarga Indonesia dengan menghadirkan inovasi teknologi atap metal inovatif terbaik seperti teknologi cool, natural yang dilengkapi dengan garansi resmi untuk perlindungan karat serta warna. Pilihan dan harga genteng metal nya pun sangat bervariasi.

3. Kusen, Pintu, dan Jendela Rumah

Kusen, pintu dan jendela memiliki peran yang penting bagi sebuah bangunan rumah, selain bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik, ketiga komponen tersebut jika dibuat dengan menggunakan bahan yang tepat, makan akan memiliki daya tahan yang lama dan tentunya bisa membuat kantong kita aman karena nggak perlu menyiapkan dana lain ketika kusen, pintu atau jendela ternyata cepat keropos.

Di sisi lain, Jendela juga memiliki peran utama dan penting sebagai jalan masuknya sinar alami ke dalam rumah sehingga rumah bisa lebih terang dan tentu hal tersebut bisa mengurangi pemakaian listrik di pagi-siang hari.

Selain sebagi sumber cahaya, jendela juga bisa dimanfaatkan sebagai ventilasi yang berperan dalam pertukaran udara dari luar ke dalam rumah, tapi meski begitu kita juga bisa menambahkan angin-angin dengan menggunakan roster di dinding-dinding rumah yang dirasa memerlukan ventilasi lebih.

4. Dinding dan Interior Rumah

Dalam hal ini, dinding rumah dapat memengaruhi nilai estetika suatu rumah modern. Dinding yang berfungsi untuk membatasi antara satu ruang dengan ruang lainnya wajib menggunakan material yang berkualitas. Misalnya, dinding metal BlueScope Zacs® yang telah terbukti 100 tahun di Australia dan memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) Selain untuk keamanan dan keselamatan penghuni rumah modern, dinding metal BlueScope Zacs® juga memiliki varian warna yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan konsep rumah modern.

tips membangun rumah modern berkualitas
Dinding Metal BlueScope Zacs®

Nah, dari sesi tanya-jawab saya dengan bagian administrasi proyek, ketiga komponen tersebut di atas lah yang benar-benar harus diperhatikan pemilihan material dan pemasangannya. Sebenarnya masih ada banyak lagi sih, tapi karena kemaren keburu dia balik ke kantor kita yang ada di proyek, yaudah saya ambil poin-poin pentingnya saja dari bagian bawah: gunakan rangka baja ringan kuda kuda, genteng metal, dan dinding metal berkualitas demi keluarga tercinta.

Oke, sekian sharing kali ini semoga bermanfaat buat kalian yang sedang berencana membangun rumah atau yang sedang membutuhkan ya...

Sincerely,
tips membangun rumah modern berkualitas








1 Komentar:

Anisa AE said... Reply Comment
This comment has been removed by a blog administrator.

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .