Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

5 Tips Atur Keuangan yang Cocok untuk Fresh Graduate

with Leave a Comment
Cara Mudah Mengatur Keuangan bagi Pemula

Setelah lulus dari perguruan tinggi atau fresh graduate dan baru mulai bekerja. Tentunya, kamu harus mulai belajar untuk mandiri. Baik itu secara emosional maupun finansial. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah berlangsung lama tersebut. Namun, sangat penting untuk membiasakan diri untuk memulai kebiasaan finansial yang lebih baik. 

Bicara saja memang mudah, namun untuk mempraktekkannya rasanya tidak semudah membalik telapak tangan. Lantas bagaimana cara memulai membiasakan diri dengan kebiasaan finansial yang lebih baik? 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengatur pengeluaran tiap bulannya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Digital Banking untuk membuat anggaran bulanan yang lebih baik, caranya dengan memeriksa pengeluaran bulanan dalam beberapa bulan sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa membuat anggaran yang jelas untuk biaya bulanan. Selain itu, berikut ini beberapa tips mengatur keuangan yang bisa dilakukan oleh fresh graduate.

Tips Atur Keuangan untuk Fresh Graduate

Nah, buat kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatur keuangan yang lebih baik, demi kemampuan finansial di masa yang akan datang.

1. Langsung Buka Tabungan

Banyak fresh graduate yang bertanya bagaimana cara menabung jika gaji bulanan masih sangat rendah? Ingat, ini bukan tentang berapa banyak yang kamu hasilkan, tetapi bagaimana kamu mengelola keuangan. Jika kamu disiplin, gaji yang kamu terima sebagai fresh graduate selalu bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satu jenis tabungan yang paling mendasar adalah tabungan darurat. Sejak usia dini, cobalah untuk mengumpulkan tabungan darurat di tahun pertama bekerja. Sebagai fresh graduate, kebutuhan yang kamu perlukan untuk hal-hal lain masih rendah. 

Sehingga kamu dapat menyimpan lebih banyak uang untuk tabungan. Berkat kemajuan teknologi Digital Banking saat ini, pembukaan rekening tabungan baru dapat dilakukan semudah dengan menggunakan aplikasi bank PermataMobile X.

2. Mulai Investasi Minim Risiko

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengelola keuangan pribadi, terutama dengan berinvestasi. Namun, pasti lebih baik memulai lebih awal untuk menuai manfaat maksimal. Sebagai fresh graduate, kamu dapat mulai berinvestasi dengan risiko minimal. 

Contoh investasi risiko minimal yang bisa Anda coba adalah investasi permanent (permanen).  Instrumen keuangan yang ditawarkan oleh bank ini memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening tabungan biasa. Dengan memanfaatkan Digital Banking kamu bisa membuka deposito kapan saja dan di mana saja.

3. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Mengetahui cara membedakan antara keinginan dan kebutuhan sangat penting agar kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Kebutuhan adalah pengeluaran yang penting untuk hidup dan bekerja, seperti halnya makan, sewa rumah, gas, listrik, asuransi, dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan adalah pengeluaran yang membantu hidup lebih nyaman, termasuk barang-barang yang dibeli untuk bersenang-senang atau bersantai.

4. Buat Anggaran Bulanan yang Detail

Anggaran bulanan adalah rencana tentang bagaimana kamu akan membelanjakan uang setiap bulan. Anggaran bulanan sangat penting karena banyak pengeluaran berulang seperti sewa, utilitas, pembayaran kartu kredit, dan pembayaran pinjaman lainnya terjadi setiap bulan. Oleh sebab itu, siapkan anggaran bulanan yang terperinci.

Anggaran dimaksudkan untuk memudahkan perencanaan pengeluaran sebelum terjadi. Anggaran juga dapat membuatmu lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang dan membantu memprioritaskan pengeluaran. 

Aplikasi perbankan seperti halnya Digital Banking bisa dengan mudah kamu gunakan untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan. Bahkan melalui PermataMobile X, kamu dapat memeriksanya hingga 12 bulan.

5. Fokus ke Gata Hidup Sendiri, Bukan Orang Lain

Tips finansial bagi fresh graduate yang terakhir adalah fokus pada gaya hidup sendiri, bukan orang lain. Jangan menghabiskan uang dalam jumlah besar hanya karena kamu ingin tetap mengikuti tren. Hindari kebiasaan boros yang membebani keuangan.

Nah buat kamu yang ingin pengelolaan uangmu lebih tertata rapi, khususnya dalam hal anggaran bulanan, kamu bisa menggunakan Digital Banking dari PermataBank. Sebab, aplikasi bank tersebut menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat disayangkan jika kamu tidak mencobanya.

tips mengatur keuangan dengan tepat untuk fresh graduate

Keunggulan Digital Banking PermataBank

Buat kamu yang masih ragu saat ingin menggunakan PermataMobile X. Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh PermataBank untuk Digital Banking yang sudah dibuatnya sejak tahun 2018 lalu.

1. Sama halnya dengan Digital Banking pada umumnya, pastinya kepraktisan menjadi nilai utama. Dimana kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti, buka rekening, bayar tagihan, cek mutasi, pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan) hingga pembayaran investasi bisa dilakukan dengan satu aplikasi bank saja.

2. Tidak hanya sangat praktis dan menawarkan pengalaman yang user friendly saja. Digital Banking dari PermataMobile X dihadirkan dengan ratusan fitur yang sangat memudahkan proses transaksi yang dilakukan oleh nasabahnya. Misalnya saja fitur Digital Token + Mobile PIN yang menggantikan fungsi SMS OTP, serta Mobile Cash yang sangat berguna untuk tarik tunai tanpa menggunakan kartu.

3. Meski tidak menggunakan SMS OTP lagi, fitur terbaru berupa Digital Token + Mobile PIN dinilai sangat aman untuk tiap transaksi yang dilakukan. Selain itu, masih ada fitur Face ID dan Finger Print yang mempermudah login ke aplikasi bank tanpa harus memasukkan User ID dan password sesering mungkin.

Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Namun, jika kamu bisa memulai dari hal yang paling kecil dan diterapkan secara terus-menerus, mencapai kemampuan finansial di masa tua sangatlah memungkinkan. Terlebih jika kamu menggunakan Digital Banking yang bisa mempermudah kegiatan transaksi perbankan yang kamu lakukan tiap bulannya. 

Dengan mengandalkan Digital Banking dari PermataBank ini, kamu juga bisa mengecek transaksi yang sudah kamu lakukan dalam 12 bulan terakhir. Alhasil, kamu bisa memantau rekening tabungan dengan mudah. Mengingat begitu berguna aplikasi bank ini, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri jadi salah satu nasabah PermataBank.


Sincerely,

Cara Mengatur Keuangan yang Tepat





0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .