Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Rencana InvestasiKu untuk Masa Depan dengan Gaji Bulanan

with 2 comments
Belajar investasi di aplikasi InvestasiKu bagi pemula

Sebagai Ibu bekerja, saya kadang galau karena mikir begini:


"Gimana ya nanti kalau saya sudah nggak kerja lagi?"

"Jadi nggak bisa bantu meringankan pekerjaan suami, dong?"

"Lalu kebutuhan sekunder anak-anak nanti gimana, ya? Padahal penghasilan saya selama ini seringnya buat nyenengin anak-anak, beli barang atau jajan ini-itu :("

Dan banyak pemikiran-pemikiran lain yang akhirnya membuat saya over thinking terus jadi pusing.

Hal di atas membuat saya benar-benar ingin belajar tentang investasi lebih dalam lagi. Di mana hal itu sangat mungkin bisa dilakukan di tengah perkembangan teknologi finansial yang semakin pesat. Apalagi dengan adanya platform serta aplikasi keuangan yang mudah digunakan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone yang kita miliki.

Jenis-Jenis Investasi


1. Deposito


Jujur, di tengah maraknya jenis investasi saat ini, yang pernah saya coba hanya metode investasi aman jenis deposito saja, karena sudah beberapa kali membuat akun deposito di bank digital dan deposito BPR pada akhir tahun lalu. Dan menurut saya metode investasi deposito merupakan investasi paling aman dan minim resiko bagi seorang pemula. Tapi, tentu masih ada banyak jenis investasi lain yang bisa dipelajari lebih dalam lagi.

2. Reksa Dana


Selain deposito yang pernah saya coba di atas, ada juga jenis investasi reksa dana yang bisa djadikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi investor yang memiliki modal kecil atau investor yang nggak punya banyak waktu atau bahkan keahlian untuk mempertimbangkan risiko atas sebuah investasi.

Metode investasi Reksa Dana di atas berdasarkan pada UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27), yang menjelaskan bahwa Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Yup, jenis investasi ini nantinya akan memanfaat manajer investasi yang berperan besar terhadap pengelolaan investasi reksa dana. Jadi kita sebagai investor nggak perlu pusing setiap hari memantau perkembangannya.

3. Obligasi


Selanjutnya adalah investasi dalam bentuk obligasi. Sederhananya obligasi ini sama seperti perjanjian surat utang dengan jangka menengah panjang dan dapat dipindahtangankan. Dalam obligasi tersebut berisi janji dari pihak penerbit surat utang untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi. Obligasi biasanya diterbitkan oleh Korporasi maupun Negara.

Dari sedikit penjelasan yang saya kutip dari website resmi BEI, Obligasi ini sepertinya investasi khusus skala besar, ya? atau gimana kalau menurut kalian yang sudah malang-melintang di dunia investasi ini? Ada penjelasan lebih detail kah? Feel free buat sharing di kolom komentar, ya..

4. Saham


Nah.. Akhirnya sampai pada penjelasan investasi yang saat ini sedang hype karena menjadi salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular, SAHAM. Hal ini karena banyak dari perusahaan yang sering menerbitkan saham ketika sedang memutuskan untuk menunjang pendanaan perusahaan tersebut.

Dan di sisi lain, saham juga merupakan metode investasi yang banyak digunakan investor karena dipercaya bisa memberi keuntungan yang besar dan menarik. Tentunya dengan risiko yang nggak main-main juga ya, karena seperti quote yang banyak diketahui oleh investor, "High Risk, High Return".

Dan.. dari beberapa jenis investasi yang saya tuliskan, selain deposito yang sudah pernah saya coba di bank digital atau deposito BPR, kita bisa mempelajari jenis investasi lain di atas melalui aplikasi InvestasiKu.

Mengenal InvestasiKu


Tentu, sebelum mencoba lebih jauh, dan sebagai warga Indonesia yang melek literasi finansial, saya lebih dulu memastikan kalau latar belakang serta tingkat keamanan dari Aplikasi Investasi bernama InvestasiKu ini sudah aman karena merupakan salah satu produk dari PT Mega Capital Sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Cara Melakukan Registrasi di Aplikasi InvestasiKu


Setelah memastikan keamanannya, selanjutnya adalah menjelajah lebih jauh dengan memasang aplikasi sekaligus melakukan pendaftaran yang prosesnya nggak sampai 1 hari sudah selesai. Dan berikut yang harus disiapkan untuk proses registrasinya:

1. Install aplikasinya lebih dulu melalui link ini: kode referral InvestasiKu
2. Siapkan nama pengguna, email, nomor hp aktif yang bisa menerima SMS.
3. Sudah punya password yang unik untuk mengisi form pendaftaran setelah tahap di atas.
4. Setelah melengkapi data nama, email, nomor hp dan password, selanjutnya adalah memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS pada nomor hp yang digunakan.
5. Ketika kode OTP sudah berhasil diverifikasi, berikutnya adalah mengambil foto/gambar KTP.
6. Lalu mengisi identitas diri seperti alamat saat ini, nomor NPWP, data Bank yang nantinya akan digunakan untuk proses pencairan investasi.
7. Dan tadaaa.. Akun InvestasiKu sudah berhasil dibuat.

Program Investasi bagi Pemula di InvestasiKu


Selain mudahnya proses registrasi, program yang terdapat dalam aplikasi InvestasiKu juga bermanfaat sekali bagi kamu yang baru belajar bermain saham. Karena di sana nantinya kamu bisa mengikuti program belajar investasi sebagai berikut:

1. Trading Idea


Yup. Jadi nanti akan ada informasi tentang saham yang disajikan oleh tim InvestasiKu melalui akun media sosial instagram secara live setiap pukul 08.30 pagi, tanpa dipungut biaya. Dari hasil live diskusi tersebut nantinya kamu akan mendapatkan ide dan insight sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan saham yang kamu pilih.

2. Bonus Poin


Selain margin hasil dari saham atau jenis investasi di InvestasiKu yang lain, kamu juga akan mendapatkan poin di setiap transaksi investasi yang kamu lakukan. Dari poin tersebut nantinya bisa digunakan untuk pembelian atau transaksi pada merchant CT Corpora sebagai perusahaan yang bekerjasama dengan InvestasiKu.

Beberapa merchant yang ditawarkan oleh CT Corpora sendiri adalah brand es krim yang dimakan Kyungsoo dan Baekhyun pas lagi di airport: baskin robbins, bisa juga dialokasikan sebagai tambah-tambahan budget saat ada rencana liburan dengan menukarkan poin untuk booking hotel di ibis hotel, atau bisa juga dengan menukarkan poin ketika sedang belanja di Transmart, dan beberapa produk CT Corpora lainnya.

3. Akademi InvestasiKu


Program satu ini menurut saya adalah program yang cocok banget diikuti oleh pemula seperti saya, karena melalui Akademi InvestasiKu ini, kita akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan dari modul yang berisikan video mulai dari pengertian paling dasar tentang saham, tips investasi, sampai dengan analisa teknikal dan analisa fundamental.

Duh saya baru baca gini saja sudah signal lost.. ya maklum sih, namanya juga baru mau belajar investasi, kan. Sebagai pemula memang harus pelan-pelan belajarnya, dan butuh lebih giat dan detail lagi buat memahami materi tentang investasi di InvestasiKu, biar pas invest nggak lost terus.

Dan.. Untuk Bapak/Ibu yang saat ini masih menjadi pekerja 9 jam setiap harinya a.k.a karyawan, dan nggak mau galau seperti saya kalau mikir udah resign atau pensiun, tenang.. nggak ada kata terlambat untuk belajar, kamu bisa mulai dengan Install aplikasi InvestasiKu lebih dulu dan belajar tentang segala jenis instrumen investasi di InvestasiKu for better tomorrow.

Urusan jadi enggaknya kamu mulai berinvestasi dengan menyisihkan gaji bulanan saat ini.. bisa dibicarakan lagi dengan kekasih hati. Biar jelas di awal dan nggak bikin cekcok pas tau jatah gaji bulanan tiba-tiba berkurang, karena pasangan juga harus tau kalau misal kamu ada rencana investasi untuk masa depan rumah tangga yang lebih cerah lagi.. pasti ayang makin cinta sama kamu <3

Oke sekian belajar singkat mengenai investasi di InvestasiKu yang Alhamdulillah sedikit mengurangi kegalauan saya karena ternyata salah satu instrumen investasinya sudah ada yang saya terapkan.. Buat yang masih penasaran, dan ingin tau apakah sudah ada upaya atau bentuk investasi yang ternyata sudah dimiliki, gass lah download aplikasi InvestasiKu pada link yang tertera di cara pendaftaran sebelumnya atau kalau malas scroll ke atas lagi bisa juga langsung klik gambar di bawah ini: 

Belajar investasi bagi pemula

Sekian pembahasan tentang investasi dari seorang pemula, sedikit-banyak semoga tetap membawa manfaat ^^


Sincerely,
Review Aplikasi InvestasiKu by Lifestyle Blogger






. . .

2 komentar:

  1. Terobosan baru nya ada di bonus poin ya. Menariknya juga ada akademi investasinya juga, jadi lebih bisa belajar banyak sepertinya

    BalasHapus
  2. Sebelum berinvestasi memang penting untuk mengukur seberapa kapasitas kita dan mental kita. Apa kita tipe yang pengen aman saja, atau tipe yang berani mencoba intrumen2 investasi dengan return tinggi. Semua tentu ada plus minusnya. Yang salah itu jika kita gak ngapa2in sama sekali. Hehehe.

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .