Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Cara Mengatasi Mood Swing Ketika Menstruasi Adalah...

with Leave a Comment
Cara Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi


Jadi.. Seperti yang kita tahu, menstruasi adalah proses keluarnya darah dari Miss V yang disebabkan oleh luruhnya lapisan pada rahim wanita. Dan.. Biasanya menstruasi juga dikenal dengan sebutan haid, di mana hal tersebut sangat normal dialami oleh wanita.

Tapi meski menjadi rutinitas wajib setiap satu bulan sekali, siklus menstruasi wanita itu kadang berubah-ubah, dan dalam kasus saya, hal tersebut berpengaruh banget sama naik-turun-nya suasana hati ketika moment PMS atau Pra Menstruasi tiba.

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara mengatasi mood swing ketika menstruasi yang biasa saya lakukan, saya mau sedikit bercerita tentang pengalam menstruari ter-bikes (read: bikin kesel) yang pernah saya alami.

Jadi, dulu banget, saya pernah dibikin kesel sama salah satu kasir mini market yang ternyata ketahuan mark up struk belanja saya, dan saat itu saya sedang mood swing parah, selain karena masuk siklus menstruasi hari ke dua, permasalahan di kantor yang membuat waktu pulang kerja jadi mundur juga semakin membuat mood swing saya menjadi-jadi. 

Alhasil ketika sampai rumah, saya jadi uring-uringan karena lupa tujuan awal mampir ke mini market yang sebenarnya. Yup, pembalut yang menjadi alasan utama mapir ke mini market justru malah nggak kebeli. Bikes banget, kan?

Otomatis lah, saya curhat habis-habisan di blog, karena terpaksa harus minta tolong ayank buat beliin pembalut, dan itu baru pertama kalinya saya minta tolong ke beliau untuk membelinya, tanpa arahan apapun karena sudah terlanjur bete pol. 

Menstruasi Adalah hal yang normal bagi Wanita



Alhamdulillah-nya curhatan saya tersebut ternyata menjadi salah satu tulisan evergreen, dan banyak membantu wanita di luaran sana paham akan jenis kode kedaluwarsa yang tertera pada kemasan pembalut wanita. Alasannya tentu karena waktu beli pembalut, ayank asal ambil saja tanpa cek kode produksi dari pembalut tersebut, ya kalau masih bagus kondisinya, kalau sudah kedaluwarsa kan bisa makin meledak-ledak suasana hati saya.

Cara Mengatasi Mood Swing Ketika Menstruasi


Nah, berawal dari kejadian tersebut, saya jadi sedikit belajar mengatasi mood swing saat sedang menstruasi. Dan berikut adalah beberapa cara yang biasa saya lakukan. 

1. Menikmati Makanan atau Minuman Favorit


Hal pertama yang sering kali saya lakukan ketika tanda-tanda mood swing lagi menyerang adalah dengan memakan makanan, camilan, snack, atau minuman favorit.

Kalau makanan, saya lebih memilih snack dengan varian rasa cokelat karena memang itu varian favorite saya. Selain itu, cokelat juga dipercaya bisa meningkatkan dopamine, yakni partikel/senyawa dalam otak yang dapat memicu rasa bahagia. Dan mungkin itu juga yang sedikit berhasil mengatasi mood swing saya selama ini.

Selain cokelat, dengan meminum minuman favorit pun bisa banget membantu memperbaiki mood. Dan.. minuman favorit saya itu kopi-kopian dan menurut beberapa portal kesehatan, konsumsi kafein saat menstruasi itu nggak direkomendasikan. Tapi balik lagi, fokus saya kan mengatasi mood swing saat menstruasi, jadi menurut saya nggak masalah selama saya merasa bahagia. Kalau menurut kalian bagaimana? 

2. Minum Air Putih untuk Kebutuhan Cairan


Air putih sendiri memiliki manfaat untuk memenuhi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Karena manfaat tersebut, saya berusaha membiasakan diri agar nggak lupa untuk minum air putih di sela-sela kegiatan biar nggak lemes ini badan. 

Apalagi ketika sedang haid, saya selalu menyediakan 1-2 botol air putih di meja kerja, kadang menyiapkan air hangat juga ketika mood saya dibikin kacau karena perut keram selama menstruasi, dan bagi saya, hal tersebut bisa banget mengurangi stres dan membuat saya jadi lebih rileks.

Nah, dengan cara tersebut, biasanya mood swing pun bisa teratasi karena ketika suasana hati nggak menentu, pikiran yang tenang dan tubuh yang santai bisa menjadi penyeimbang yang tepat. 

Menjaga Mood dengan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Kesukaan saat PMS



3. Tidak Tidur Terlalu Malam


Salah satu cara tersulit yang harus saya kalahkan :D.

Bagaimana enggak, saya tuh kalau tidur agak susah, apalagi kalau siangnya minum kopi, alamat bakal melek sampai pagi.

Tapi.. Demi ketenangan jiwa dan raga, dan agar mood swing-nya nggak lama-lama, tentu ketika menstruasi saya harus berusaha mengalahkan kesulitan tersebut. Paling enggak, pukul 8 malam sudah tidur lah, ya.

Karena jangan sampai kamu berangkat kerja dengan keadaan seperti zombie; kurang tidur, mood berantakan, sementara siklus menstruasi lagi deras-derasnya. JANGAN SAMPAI! 

That's why, menjaga pola tidur sangat membantu saya mengatasi mood swing ketika menstruasi.

4. Kompres Perut dengan Air Hangat


Ini dia cara yang paling saya sukai karena efeknya bisa langsung dirasakan.

Jadi, setiap kali saya merasakan keram perut saat menstruasi, saya langsung mengambil air hangat yang saya masukkan ke dalam botol yang kemudian saya tempelkan di perut. Alhamdulillah cara itu selalu berhasil membuat rileks otot-otot keram yang dengan  teganya meremas-remas perut saya.

Dan tentu cara tersebut sangat efektif mengatasi mood swing saya saat menstruasi.

Saya yakin, selain 4 cara mengatasi mood swing ketika menstruasi yang sudah saya tulis di atas, kalian juga punya cara tersendiri dalam menghadapi permasalahan tersebut, karena.. meski menstruasi adalah hal yang normal bagi kita, kita tetap harus bisa melaluinya dengan tenang dan nyaman bukan? 

Oke sekian sharing kali ini.. Dan kalau kalian punya cara yang berbeda dengan saya, kalian bisa sharing pengalaman kalian di kolom komentar, ya ^^



Sincerely, 
Lifestyle Blogger

















. . .

0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .