Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

PINA Aplikasi Perencanaan Keuangan yang Tepat Agar Cashflow Tetap Sehat

with 14 comments
Aplikasi Perencanaan Keuangan


Memutuskan untuk membeli rumah yang sudah lama saya tutup kavling-nya di siteplan tentu bukan perkara yang mudah, kedepannya pasti butuh aplikasi perencanaan keuangan yang tepat agar cashflow tetap sehat serta pemasukan dan pengeluaran uang bisa tertata secara efektif dan efisien, sehingga nggak mengganggu stabilitas keuangan keluarga di masa depan. Maklum, ada tambahan tanggung jawab yang harus saya penuhi alias nyicil rumah. Alhamdulillah. 

Jujur setelah swam memberi lampu hijau untuk melakukan deposit, dan Pak Bos memberi ACC permohonan keringanan pembayaran tunai bertahap selama 1.5 tahun, selain bahagia, saya juga sempat overthinking. Mikir, gimana ya kebutuhan anak-anak kedepannya, bisa nggak ya bayar sisanya, renovasi rumah dengan desain industrial nya nanti bakal habis berapa, dan keresahan-keresahan lainnya.

Berawal dari keresahan tersebut, akhirnya saya membuat simulasi catatan keuangan secara manual untuk mengetahui perkiraan keuangan saya untuk kedepannya, tapi berujung bingung sendiri karena kebanyakan coretan sana-sini.

Dan opsi jalan ninja lainnya adalah dengan mencoba mencari aplikasi catatan keuangan pribadi di playstore, la kok ternyata ada yang lucu pakai gambar icon nanas, buah nanas ya, bukan nanas adeknya Raffi Ahmad #halah.

Seperti biasa, saya itu lemah kalau sama yang lucu-lucu, akhirnya saya auto download aplikasi catatan keuangan pribadi bergambar nanas tersebut.
 

Berkenalan dengan Aplikasi Perencanaan Keuangan bernama PINA


Oke. Jadi aplikasi lucu yang saya maksud di atas itu bernama PINA.

PINA adalah aplikasi perencanaan keuangan yang di dalamnya kita bisa membuat catatan keuangan pribadi dan akan membantu kita untuk merancang keuangan agar dapat mencapai kebebasan finansial di masa depan. 

Dalam perannya sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi, di PINA kita bisa tracking pengeluaran serta pemasukan di akun keuangan atau e-wallet yang sudah kita hubungan dengan akun PINA.

Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi


Nah, kalau versi saya sendiri, karena selain ShopeePay yang kebetulan belum ada pilihannya di PINA, saya menghubungkan akun GoPay yang menjadi opsi akun keuangan kedua yang sering saya gunakan untuk bertransaksi. Dan bener banget, lho.. Semua transaksi yang saya lakukan bisa sinkron secara otomatis dengan menggunakan salah satu fitur yang ada di PINA!

Selain itu, PINA juga merupakan aplikasi investasi terpercaya yang menyediakan tools investasi online untuk membantu kita mencapai target goal, dan memberikan saran finansial yang bisa mengarahkan kita untuk membuat keputusan finansial yang tepat. 

Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi kita para pemula yang awalnya memang sama sekali nggak paham poin-poin penting yang harus dipertimbangkan ketika akan memutuskan untuk membuat investasi.

Dari sedikit pengalaman pertama saya tersebut, tentu keputusan men-download Aplikasi Perencanaan Keuangan bernama PINA adalah keputusan yang tepat. Karena setelah aplikasi catatan keuangan pribadi tersebut terpasang di HP, saya langsung meng-eksplor fitur-fitur di dalamnya dan menemukan semua yang saya butuhkan perihal catat-mencatat arus keluar-masuk keuangan saya.

Fitur Aplikasi PINA Membuat Perencanaan Keuangan Jadi Mudah


1. Budgeting Otomatis Dengan Fitur Save


Karena alasan saya menggunakan aplikasi PINA adalah untuk merencanakan keuangan masa depan biar nggak amburadul karena ada tanggung jawab tambahan, maka fitur yang pertama kali saya gunakan adalah fitur save yang bisa mengelola budgeting dengan efektif dan efisien alias mudah.

Dan.. sejujurnya.. baru pertama kali ini saya menghubungkan sebuah aplikasi budgeting dengan akun keuangan yang sebelumnya menurut saya sebagai orang awam itu sangat riskan, tapi setelah membaca visi-misi dan mencoba navigasi PINA yang sangat mudah dipahami sehingga dapat mengarahkan pengguna baru seperti saya untuk mengambil langkah tepat selanjutnya, akhirnya terhubung lah akun GoPay saya dengan PINA.

Setelah menghubungkan GoPay dengan PINA dan seluruh riwayat transaksi di GoPay secara otomatis keluar, saya tinggal memasukkan pengeluaran-pengeluaran tersebut ke kategori sesuai kegunaannya. Misal ada riwayat transaksi pembayaran BPJS, kita tinggal masukin ke kategori budget kesehatan, atau ada debit untuk subscription Netflix, tinggal masukin aja ke kategori Hiburan. Pokoknya sesuai yang saya singgung di atas lah, ya, navigasi PINA ini sangat mudah.

Aplikasi Budgeting dengan Saran Finansial Terpercaya

Lalu buat yang ingin budget bulanannya bisa tertata sesuai keinginan, kita juga bisa menyiapkan kategori budget bulanan sebelum melakukan sinkron riwayat transaksi akun keuangan kita dengan PINA.

Jadi misal nih, budget bulanan saya untuk pembayaran dan belanja dengan menggunakan akun Gopay itu 5 juta, nanti tinggal dibagi-bagi saja sesuai kebutuhan, untuk kesehatan berapa, kecantikan berapa, hiburan, kebutuhan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya.

Jadi bisa dibilang kita punya kontrol batasan pengeluaran untuk masing-masing kategori. Tapi ingat.. Jangan semua-semua dimasukin ke kategori hiburan loh, ya XD.

Di akhir acara, dengan menggunakan grafik yang ada di fitur save, nanti kita bisa me-review pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya untuk memastikan bahwa finansial kita balance alias tidak besar pasak daripada tiang.

2. Fitur Invest dengan Portofolio Berbasis Risiko


Berikutnya adalah fitur Invest. Nah ini, nih.. salah satu tren yang banyak diikuti orang tapi banyak juga dari mereka yang kurang paham sistemnya bagaimana.

Sebagai aplikasi investasi terpercaya yang sudah resmi terdaftar di OJK, ksei dan juga IDX, di aplikasi PINA kita bisa bebas memilih investasi dengan memanfaatkan tools yang dapat memberikan rekomendasi berbagai pilihan investasi yang terpercaya.

Jadi, meski baru pertama kali coba bikin target goal di fitur invest, saya dengan percaya dirinya top up dana goal untuk dialokasikan ke saldo akun RDN yang saya buat sebelumnya.

Alasan utama saya bikin goal di PINA sendiri adalah.. karena selain mikirin perencanaan keuangan masa depan, saya harus mikirin isi perabot rumah juga dong, ya. Makanya.. saya bikin goal juga di PINA dengan tujuan untuk bikin workspace khusus blogging di rumah baru nantinya.

"Sabar ya, Bu. Bertahap dulu. Kalau goal yang ini beres, nanti lanjut bikin goal lainnya."
*ngomong sama Buibu yang ada di cermin*

Aplikasi Investasi Terpercaya

Nah, di situlah nanti tools PINA akan beraksi membantu kita untuk mengelola dan memonitor top up dana yang akan masuk ke saldo RDN, dan memasukkan dana tersebut ke investasi saham atau reksadana terbaik sesuai portofolio yang cocok dengan tujuan dan kemampuan kita.

Wah.. sampai sejauh ini ya saya pakai aplikasi PINA, padahal sudah pernah coba aplikasi investasi lain, tapi anti top up-top up banget karena takut hasilnya nggak sesuai harapan.

Tentunya saya juga nggak asal top up lah, ya.. Selain karena navigasinya yang mudah, kan sebelumnya saya sudah dapat rekomendasi investasi dari PINA melalui tools yang menganalisa tingkat risiko serta memonitor kestabilan portofolio dari aset yang saya masukkan di fitur NetWorth. Makanya saya berani top up dana goal di PINA.

3. Fitur NetWorth, Mengelola Aset dengan Satu Pintu


Bicara soal aset, tentu sedikit banyak kita pasti punya tabungan lah ya. Nah, aset-aset tersebut bisa banget kita kelola di PINA dengan menggunakan fitur NetWorth ini.

Dan astaga.. sumpah bocor banget saya di PINA, segala akun BPJS Ketenagakerjaan juga saya hubungan dengan PINA masaaa. Tapi ya gimana ya, untuk memperoleh rekomendasi investasi terbaik, memang kita harus blak-blak-an dong. Kalau sembunyi-sembunyi kan nanti tools dari PINA nggak bisa memonitor serta menganalisis portofolio kita dengan jelas, kita juga nanti yang rugi, kan.

Selain itu, dengan menambahkan aset yang kita miliki di fitur NetWorth, saya rasa kita bisa tahu juga kapasitas serta kemampuan kita seberapa, bisa menebak-nebak perkiraan finansial kita kedepannya bagaimana.

Dan selama status aset yang sudah dimiliki posisinya aman, mungkin kita bisa mulai membuat target goal baru untuk menambah aset lain, agar pengeluaran kita bisa terkontrol dengan baik dan bisa menjadi investasi jangka panjang juga.

Dengan kata lain, uang lebihan setiap bulannya jadi nggak melulu buat hedon saja karena ada goal baru yang harus dicapai untuk masa depan yang lebih cerah #halah. 

4. Temukan Insight Bermanfaat di Fitur Classroom 

Dan.. Fitur terakhir yang sudah saya coba di PINA adalah.. Fitur Classroom!!

Wah.. Jarang-jarang lo ada aplikasi keuangan yang menyediakan classroom khusus artikel yang mengulas tentang berbagai macam tips finansial yang pastinya sangat bermanfaat bagi kita. Tips keuangan di dalam Classroom PINA sendiri memiliki kategori yang meliputi: Money & Life, Financial Wellbeing, dan Investing. 

Jadi selain mendapat rekomendasi investasi dari tools yang bisa menganalisa portofolio kita, kita juga bisa mempelajari poin penting dalam investasi melalui artikel yang dibagikan di Classroom, juga mendapatkan tips finansial yang pasti akan membantu kita untuk membuat perencanaan keuangan dengan lebih baik lagi. Paket komplit banget kan? 

Oke, dari rangkain fungsi dan manfaat fitur-fitur di atas, sudah jelas banget kalau saat ini yang saya butuhkan untuk mencatat keuangan saya adalah aplikasi perencanaan keuangan dengan icon nanas yang super gemesin bernama PINA ini.

Aplikasi untuk merencanakan keuangan masa depan


PINA; Aplikasi Perencanaan Keuangan yang Tepat Agar Cashflow Tetap Sehat


Setelah membuat budget, menghubungkan akun keuangan dan menambahkan aset di PINA, saya jadi tahu, bagaimana arus finansial saya selama ini, paling enggak saya bisa memonitor pengeluaran, pemasukan, serta aset yang saya miliki hanya dengan satu aplikasi perencanaan keuangan.

Dan tentunya Cashflow juga bisa lebih sehat karena saya jadi punya kontrol penuh atas pengeluaran uang melalui fitur budgeting yang sudah saya buat sebelumnya. Jadi nggak perlu was-was memikirkan perencanaan keuangan kedepannya meskipun ada tanggung jawab tambahan yang sudah menunggu. Tinggal kontrol dengan aplikasi budgeting PINA beres lah.

Program Promo Cashback Up To 10 Juta dari PINA 


Fyi nih.. Ternyata saat ini PINA juga memiliki program promo dengan memberikan tambahan modal investasi berupa cashback up to 10 Juta untuk membantu kita meraih goal kita.

Wah.. dah lah, saya mau rajin top up tiap bulan selama setahun deh kalau begitu, biar goal bikin workspace khusus blogging segera terpenuhi, terus bisa fokus sama goal lain, dan bisa dapetin sebagian dari total cashback 10 juta dari PINA juga. Mantaps! 

Etapi baca syarat dan ketentuan promonya dulu deh di website PINA, yaaa siapa tau selain berjodoh dengan aplikasinya, berjodoh juga dengan cashback-nya ><

Baiklah, sebelum saya mengakhiri curhatan keresahan saya yang berujung dengan pertemuan saya dan PINA, saya mau berpesan buat kalian semua yang ingin mencapai kebebasan finansial di masa depan. 

Pesan saya.. Yuk, ah, mulai memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, gunakan juga aplikasi catatan keuangan pribadi yang dapat membantu merencanakan keuanganmu dengan mudah, salah satunya mungkin dengan mencoba aplikasi budgeting PINA.

Tinggal download aplikasi PINA untuk Android ataupun aplikasi PINA untuk iOS kemudian buka-buka sedikit fitur-fiturnya, siapa tahu berjodoh juga seperti saya. Btw sekali lagi saya ingatkan ya.. Aplikasi PINA ini icon-nya uwu banget.. gambarnya buah nanas berwarna kuning.. Nggak kaku kayak aplikasi perencanaan keuangan kebanyakan. Jadi jangan sampai keliru download, ya..

Oke sekian curhat kali ini, semoga bisa membawa manfaat juga buat pembaca sekalian, dan.. sampai bertemu di curhatan tentang keuangan berikutnya. Bye-Bye <3


Sincerely, 
Fintech Blog









. . .

14 Komentar:

Anisa AE mengatakan... Reply Comment

Soal uang ini ekspektasi tinggi banget pengin ini itu tapi yang ada cuma segitu. Kadang ngerasa ga cukup buat sebulan, hemm memang perencanaan keuangan itu perlu sih apalagi mencatat pengeluaran biar ga boros. Terima kasih sharingnya!

Ainun mengatakan... Reply Comment

Menarik, aku baru tau aplikasi keuangan ini
Disini kita bisa bikin pos pos pengeluaran juga ya mbak
Jadi pengeluaran lebih terkontrol

Yosfiqar Iqbal mengatakan... Reply Comment

Pina ini saya pernah pakai untuk software akuntansi. Pina yang sama gak, ya?

Anyway, untuk masalah keuangan saya termasuk masih yang pakai metode konservatif. Sedikit sharing, saya pakai cara seperti mengelola patty cash di kantor. Jadi ada dua rekening, rekening utama dan rekening operasional. Nah rekening operasional itu saya jatah misalnya sejuta seminggu. Apa pun yang terjadi, sejuta harus cukup seminggu (di luar biaya tak terduga). Saya top up setiap hari sabtu dari rekening utama. Kalau di hari sabtu masih ada sisa di rekening operasional, katakanlah 200 ribu, jadi saya tinggal isi 800 ribu. Memang pengeluarannya nggak kecatet, sih, tapi yang penting setelah gajian bisa saving lumayan.

eni rahayu mengatakan... Reply Comment

Mengelola keuangan memang hal yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kita suka lupa beli ini itu kalau tanggal muda, karena uang masih banyak-banyaknya alias utuh😅

Elisa mengatakan... Reply Comment

@eni rahayu: Nah.. Ini nih yang bikin seneng kalau pakai PINA Mbak. Di sana nanti kita bisa lihat history belanjaan kita, jadi bisa review ulang untuk pengeluaran di bulan selanjutnya 😊

Elisa mengatakan... Reply Comment

@Yosfiqar Iqbal:aku sebenarnya sudah ada rekening dengan fungsi seperti itu sih, Bang. Cuma metodeku pengelolaanku yang sepertinya masih kurang tepat 😂. Nanti coba caranya Bang Yos deh. Makasih sharing nyaaa 😊

Jiah Al Jafara mengatakan... Reply Comment

Enak juga ya aplikasi PINA ini. Ada Fitur Classroom juga buat dapat tips financial. Aku butuh ini karena belum terbiasa ngatur keuangan dengan baik dan benar

Pertiwi Yuliana mengatakan... Reply Comment

Wah setelah selesai baca tentang aplikasi Pina, ini bukan sekadar aplikasi catatan keuangan biasa ya. Udah kayak punya personal assistant yang ngurusin soal keuangan bulanan. Keren banget.

Rudi G. Aswan mengatakan... Reply Comment

Wah, goal-ku juga, Mbak bisa punya work station di rumah dengan peralatan memadai biar bikin konten makin kondusif. Perencanaan keuangan memang wajib, apalagi kalau pendapatan tak tentu seperti freelanceer. Untuk mendapatkan target harus direncanakan jauh-jauh hari, salah satunya bisa lewat aplikasi PINA ini, keren ya bisa hitung kekayaan bersih segala jadi kita ga salah langkah buat ambil keputusan. Jadi mupeng install 😍

April Hamsa | Mom Blogger mengatakan... Reply Comment

Wah kyknya aku perlu juga nih download dan install aplikasi ini supaya bisa memudahkan mencatat keuangan keluarga sehari2. Aplikasinya juga bisa sekalian buat investasi ya? Skrng apa2 enak bisa dalam satu genggaman.
Memang kudu dipaksa nih mengelola keuangan kalau gak bisa susah nabung dan punya dana darurat yaa TFS

Rahman Kamal mengatakan... Reply Comment

Lengkap banget asli, bacain satu satu fitur yang jelasin rasanya lengkap banget. Mengakomodir banget urusan keuangan dan finasial. All in one application banget nih si Pina. Pantau-pantau di Playstore dulu deh...

Siti Mustiani mengatakan... Reply Comment

Baru dengar nih tentang salah satu aplikasi keuangan bernama PINA, wah semakin canggih dong yaa kalau sudah mudah dan saling terintegrasi. Apalagi kalau ada banyak promo atau program-program menarik seperti cashback.

Dian farida ismyama mengatakan... Reply Comment

Masyaallah semoga dimudahkan ya yang mau renov rumah. Apalagi udah ada aplikasi PINA yang membantu mengelola dan merencanakan keuangan kita

Elisa mengatakan... Reply Comment

@Dian farida ismyama: Aminin yang kenceng..... Dimulai dengan Bismillah dan didukung dengan mengelola uang lebih baik bersama PINA, Mbak 💞

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .