Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Cara Menghitung RAB Atap Rumah dengan Kalkulator Baja Ringan

with Leave a Comment
kalkulator baja ringan online

Berbicara soal atap rumah, tentu banyak pertimbangan yang harus diambil saat akan menentukan rencana anggaran biayanya, atau yang banyak dikenal dengan sebutan RAB. Pertimbangan tentang bahan seperti apa yang akan digunakan; atap baja ringan atau menggunakan bahan lain dengan mempertimbangkan keunggulannya masing-masing, juga menghitung perkiraan kebutuhan baja ringan untuk atap rumah agar dana yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

Mungkin karena ini juga bagian produksi biasanya super detail ketika akan mengajukan usulan rencana anggaran biaya pembangunan rumah di developer tempat saya bekerja, selain harus memastikan patok luas lahan yang akan dibangun dan memikirkan kebutuhan material untuk badan rumah, mereka juga harus menghitung kebutuhan atap baja ringan yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah.

Sebagai awam, tentu kadang saya kagum dengan pekerjaan teman-teman di bagian produksi yang bisa sedemikian rupa membuat gambaran-gambaran site plan, denah rumah, serta menentukan rencana anggaran biaya untuk atap rumah type 30 atau rumah type 38 beserta material lainnya.

Tentunya nggak hanya berhenti di kagum saja, saya jelas kepo dan mencari tau bagaimana cara menentukan anggaran yang sederhana namun tetap menghasilkan atap rumah yang mempesona. Ya.. siapa tau kedepannya saya bisa jadi juragan property dan bisa memperkirakan anggaran yang harus saya siapkan, kan?

Oke skip dulu halunya, ya XD


Cara menghitung kebutuhan atap baja ringan rumah type 30

Kalkulator Baja Ringan


Ternyata setelah mencari tau di pusat informasi sejuta umat bernama google, menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap rumah pun ada kalkulatornya sendiri, lho.. Duh, hari gini baru tau kalau ada juga yang namanya kalkulator baja ringan, dasar karyawan perumahan aba-abal XD.

Tapi maklum sih, karena job desk saya sendiri lebih ke administrasi keuangan, jadi ya mana tau ada alat canggih seperti kalkulator baja ringan yang cara penggunaannya pun cukup mudah.

Menghitung Kebutuhan Atap Baja Ringan untuk Rumah


Sebagai contoh, cara menghitung kebutuhan atap rumah dengan menggunakan kalkulator baja ringan dari BlueScope Zacs® di mana kita hanya perlu menyiapkan hal-hal sebagai berikut:

1. Ukuran Lebar dan Panjang Rumah


Langkah awal sebelum menghitung berapa jumlah atau ukuran atap baja ringan yang dibutuhkan oleh sebuah rumah adalah dengan menentukan lebar dan panjang rumah itu sendiri.

2. Sudut Kemiringan Atap


Berdasarkan pengalaman saya, atap rumah dengan sudut kemiringan yang tidak sesuai standar sangat bisa menyebabkan kebocoran pada rumah tersebut. Maka dari itu, sudut kemiringan atap pun harus disesuaikan dengan standar yang biasanya mencapai 30 derajat (tergantung dari ketinggian atap itu sendiri)

3. Jarak Overstek dengan Atap


Overstek adalah bagian dari struktur atap yang berada di tepi atap. Kalau bahasa awamnya, overstek merupakan bagian pinggir atau lebihan dari atap itu sendiri, yang biasanya memiliki ukuran lebar 1 sampai 2 meter.

rekomendasi atap baja ringan terbaik

Setelah angka-angka dari ketiga poin di atas sudah ditentukan, kita tinggal memasukkannya ke kalkulator baja ringan dari BlueScope Zacs ®, dan seperti menggunakan kalkulator pada umumnya, kita tinggal klik tombol "hasil", dan di sana akan muncul jumlah estimasi kebutuhan rencana anggaran biaya baja ringan yang perlu disiapkan. Mudah banget, kan?

Tapi, meskipun kita sudah tau bagaimana cara menghitung atap baja ringan dengan menggunakan kalkulator tersebut, jika memang diperlukan, kita bisa mengukur ulang ukuran-ukuran pada ketiga poin yang saya sebutkan di atas secara langsung, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat lagi, dan menentukan berapa jumlah baja ringan yang dibutuhkan secara tepat.

Baiklah, sekian pembahasan tentang cara menghitung kebutuhan atap baja ringan untuk rumah agar bisa menentukan rencana anggaran biayanya. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang sedang membutuhkan info ini.

Tetapi, kalian yang kebetulan mampir di sini, juga baru tau tentang kalkulator baja ringan setelah baca postingan ini atau malah sudah pernah coba pakai kalkulatornya? Cerita dong di kolom komentar! Dan jangan lupa share juga, siapa tau keluarga atau teman ada yang sedang membutuhkan ^^

Sincerely,
Lifestyle Blog





. . .

0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .