Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Bikin Es Dawet Siwalan Khas Paciran Praktis Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi, Yuk!

with 12 comments
Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Membuat Es Dawet Siwalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan kelapa, memang bisa? Mari kita cobaaa ~

Jadi ceritanya beberapa hari ini tuh swam lagi sering lihat channel YouTube masak-masak, mungkin dia mengumpulkan referensi resep masakan praktis, ekonomis, dan mudah dibuat, mengingat persiapan renovasi dapur sudah tinggal menghitung hari.

Iya. bukan istrinya yang semangat, malah dia yang nggak sabar pengen segera masak-masak. Tapi nggak apa-apa sih, sebagai chef ter-favorit emang kudu dan wajib memberikan yang terbaik untuk keluarga, contoh kecilnya ya... menyiapkan resep-resep yang bikin kita bahagia XD.

Terus tadi malam, entah ya dia tuh nonton resep masakan apa, tapi saya sekilas dengar penjelasan dari si Youtuber-nya kalau ada susu yang bisa digunakan sebagai pengganti santan, namanya susu evaporasi.

Resep Es Dawet Menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Pikir saya, oalah.. mungkin susu evaporasi ini yang dipakai di Challenge Cerita Tiga Sapi yang lagi diikuti sama teman-teman Blogger.. jadi selain membuat kreasi resep dengan Tiga Sapi Kental Manis untuk minuman dan kue, ternyata mereka juga ada yang pakai produk susu evaporasi versi cair yang digunakan untuk menggantikan santan pada resep kare atau jajanan ke Kreasi Resep Tiga Sapi mereka! 

Sedikit tercerahkan setelah dari kemarin penasaran gimana ceritanya Tiga Sapi Kental Manis kok dipakai jadi santan, eh ternyata produk dari Indofood ini ada susu evaporasi versi cairnya juga ^^"

Tiga Sapi Susu Evaporasi


Oke, jadi di sini siapa lagi yang sama seperti saya? Baru tau kalau ada produk Indofood yang bernama Tiga Sapi Susu Evaporasi, duh maklum lah ya, Buibu yang cuma setahun sekali pakai dapur, ngertinya cuma kental manis, susu ibu hamil dan menyusui, susu pertumbuhan, dan susu-susu lain yang biasa diminum seperti wajarnya.

Sementara.. Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah susu yang terbuat dari susu sapi murni yang dipanaskan sampai kadar air di dalamnya berkurang 60%. Setelah kandungan air dalam susu berkurang, tekstur dari susu evaporasi akan berubah lebih kental dan cenderung lebih tahan lama.

Challenge Cerita Tiga Sapi

Manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi 


Merupakan susu evaporasi pertama di Indonesia dengan kemasan kotak yang mudah dibuka-tutup kembali, Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki banyak sekali manfaat karena nutrisi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium dan kandungan baik lainnya masih terjaga meski sudah melalui proses pemanasan. Dengan kandungan baik tersebut, Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki manfaat sebagai berikut: 

  • 1. Untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang dengan kandungan kalsium yang ada di dalamnya.
  • 2. Kandungan protein dan kalori dalam Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa menjadi sumber energi dalam tubuh.
  • 3. Kandungan proteinnya juga bermanfaat untuk menjaga fungsi sel dalam tubuh dan otot.
  • 4. Jumlah kalori yang terdapat dalam Tiga Sapi Susu Evaporasi dapat membantu saya untuk meningkatkan berat badan.
  • 5. Karena tanpa menggunakan tambahan gula, Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan sebagai pengganti santan dengan rasa gurihnya.
  • 6. Bermanfaat juga bagi penderita diabetes sebagai pengganti susu yang beberapa di antaranya masih terdapat kandungan gula di dalamnya.

Tiga Sapi Kental Manis


Yup! Selanjutnya adalah Tiga Sapi Kental Manis, salah satu produk dari Indofood yang dikemas dalam kaleng kecil dan memiliki tekstur lebih kental. Selain susu evaporasi, Tiga Sapi Kental Manis juga memiliki kandungan ekstra kalsium, protein, vitamin, dan kandungan baik lain yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti:

Manfaat Tiga Sapi Kental Manis 


  • 1. Dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral
  • 2. Kandungan kalsium yang dimiliki dapat merawat dan menjaga kesehatan tulang
  • 3. Dengan mengkonsumsi Tiga Sapi Kental Manis, kalori yang terdapat di dalamnya bisa menjadi sumber energi tubuh.
  • 4. Selain bisa menjadi sumber energi, Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis juga untuk membantu kamu yang sedang menjalani program penggemukan dengan kandungan kalori di dalamnya
Kreasi Resep Tiga Sapi

Es Dawet Siwalan Khas Paciran


Nah.. dari berbagai penjelasan di atas, selain karena Tiga Sapi praktis dan ekonomis, saya juga penasaran dengan rasa susu evaporasi yang katanya bisa menggantikan santan pada masakan, akhirnya saya memutuskan untuk bergabung mengikuti Challenge Kreasi Resep Tiga Sapi bersama teman-teman Blogger lain.

Dan saya akan membuat Es Dawet Siwalan Khas Paciran pada Kreasi Resep Tiga Sapi kali ini. Kalian sudah pernah minum Es Dawet Siwalan belum? Itu lho.. dawet yang lagi viral karena yang minum Joko Tingkir XD

Oke, oke.. Jadi Es Dawet Siwalan itu minuman khas desa Paciran, yang aslinya bahan cairannya menggunakan santan kelapa dengan isian buah siwalan atau buah lontar, kalau di Paciran sendiri biasanya diminum di warung-warung kecil dengan sandingan kuliner rujak buah khas Paciran, dumbek, dan gorengan.

Dan.. Es Dawet Siwalan juga merupakan kuliner yang sering menjadi incaran pendatang saat berkunjung ke desa Paciran dan sekitarnya, rasanya yang legit dan menyegarkan memang jago bikin ketagihan.

Resep Es Dawet Menggunakan Susu Evaporasi Pengganti Santan

Kreasi Resep Tiga Sapi; Es Dawet Siwalan Khas Paciran


Nah buat yang kangen sama Es Dawet Siwalan tapi masih terhalang waktu dan ruang.. yuk bikin kreasi resep Es Dawet Siwalan dengan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santannya, yuk!

Bahan untuk Es Dawet Siwalan: 

  • - 1 kotak Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • - 5 Buah siwalan
  • - 4 sdm Juroh (Sirup Gula Jawa)
  • - 1 helai daun pandan
  • - Es batu secukunya

Cara membuat Es Dawet Siwalan:

Pertama kupas dulu buah siwalannya, kemudian iris bentuk dadu ukuran kecil, masukkan irisan buah siwalan ke gelas, lalu tambahkan es batu dan juroh (sirup gula jawa) secukupnya, terakhir tinggal tuang Tiga Sapi Susu Evaporasi menyusul bahan-bahan sebelumnya. Untuk daun pandan bisa digunakan sebagai garnis atau dimasukkan ke juroh agar aromanya lebih sedap.

Dan tadaaa... es dawet siwalan khas Paciran siap dinikmati!

Tiga Sapi Kental Manis

Untuk rasanya sendiri nggak jauh beda antara es dawet siwalan yang menggunakan santan ataupun Tiga Sapi Susu Evaporasi; legit dan gurihnya pas. Bahkan setelah saya berhasil membuat Kreasi Resep Tiga Sapi ini, teman-teman kantor pada antri mau ikut bikin juga pakai bahan yang masih ada. Yes, Tiga Sapi Susu Evaporasi harga lebih hemat dan isi lebih banyak <3

Oke, kayaknya bisa nih, kasih contekan resep es dawet siwalan ke Swam, toh Tiga Sapi praktis dan ekonomis, aman lah untuk dijadikan bahan masakan sehari-hari untuk keluarga. Apalagi rasa dawetnya gurih, manis, dan segar, pas banget diminum pas Lamongan pantura lagi panas-panas nya.

Baiklah.. sekian Kreasi Resep Tiga Sapi yang super praktis dari saya..

Challenge Cerita Tiga Sapi


Dan selain Challenge Cerita Tiga Sapi, buat yang mau ikut, ada juga kompetisi foto Cerita Tiga Sapi yang akan berlangsung di Official Instagram Tiga Sapi, dengan masa periode 9 - 30 September 2022, lho.

Syaratnya gampang banget! Tinggal follow official account @lezatnyatigasapi dan fanpage Facebook Tiga Sapi, lalu upload testimoni Kreasi Resep Tiga Sapi kamu ke Instagram dengan memberi tag ke 3 orang teman, pastikan akun instagram mu nggak di private dan yang terakhir adalah syarat yang umum dan wajib disertakan pada setiap postingan di instagram, yup.. hastag! Sertakan hastag #ceritatigasapi di setiap postingan Kreasi Resep Tiga Sapi yang kamu posting di Instagram.

Jadi.. ayo gas pada ikutan.. karena nanti akan ada hadiah paket menarik dari Tiga Sapi, lho.. dan ada juga saldo e-wallet sampai 5 juta untuk 5 orang pemenang, selain itu, akan dipilih 4 pemenang favorit setiap minggunya yang akan mendapatkan saldo e-wallet senilai 250K.

Saya yang awalnya ragu ikut challenge masak memasak aja auto gabung, toh Tiga Sapi praktis dan ekonomis ini, mau bikin Kreasi Resep Tiga Sapi apapun jadi lebih mudah! Ya.. siapa tau kan, orang yang nggak pernah masak ini bisa jadi juara di Challenge Cerita Tiga Sapi XD

Dah, ah.. sekian dulu ya.. Doain saya menang semuanyaaa bye-bye :*

Sincerely,

Lifestyle Blogger Indonesia















. . .

12 Komentar:

Anisa AE mengatakan... Reply Comment

Es dawet siwalan jadi penasaran, kalau ada susunya pasti enak apalagi susu ini. Suka banget es dawet tapi di sini pakai santan gitu, belum pernah yang pakai susu. Sepertinya beda, terima kasih sharingnya!

Elisa mengatakan... Reply Comment

@Anisa AE: di tempatku juga pakai santan, Mbak.. Dan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini memang bisa digunakan untuk pengganti santan karena rasanya gurih. Dan ini aku cobain langsung biar tau rasanya gimana, eh ternyata memang legit gurih, cuma aromanya lebih terasa kayak susu gitu 😅

Tira Soekardi mengatakan... Reply Comment

Oh, es dawet siwalan, dikirain aku siwalannya di serut kayak es dawet yang biasa

Agustina Purwantini mengatakan... Reply Comment

Oh, dari tulisan ini saya baru tahu kalau suau tiga sapi ini suau kental manis. Kirain yg tinggal minum itu. Laluuu, saya kepo nih. Paciran .... itu di mana sih, Mbak? Semula kukira salah tulis eee. Kukira Pacitan. Ternyata memang pakai r ya, Paciran.

Naqiyyah Syam mengatakan... Reply Comment

Kalau praktis gini enak banget dicoba, bakal save ah buat bikin ama anak-anak di rumah apalagi kalau week end. Senang kalau bikin apa gitu ama anak. Cari susu pendukung es dawet dulu nih. Save ah.

Siti Syarafina Hasyim mengatakan... Reply Comment

Wahh jadi penasaran sama rasa es dawet siwalan ini. Apalagi tadi santannya di ganti sama susu evaporasi dari tiga sapi apakah masih enak? Jadi penasaran deh. Sepertinya enak yaa..

Tjatoer04 mengatakan... Reply Comment

Enakk gak seriiikkk.... Besuk2 buat lagi mba el 😅

Keke Naima mengatakan... Reply Comment

Saya tuh taunya es dawet kayak cendol. Tapi, ternyata ada juga yang pakai buah. Belum pernah cobain. Jadi penasaran juga sama rasanya

Dwi Puji Kusumastuti mengatakan... Reply Comment

baru kali ini tau ada es dawet siwalan. ditempat saya paling umum es dawet (cendol)
dan saya baru tau juga ada produk tiga sapi susu evaporasi bisa dijadikan pengganti santan. kapan-kapan nyobain resepnya ah...

Agustina Purwantini mengatakan... Reply Comment

Semoga memenangkan kompetisinya, Mbaak. Sing penting yakiiin. Hahahaha. BYW aku belum pernah nyoba susu kental manis merk ini. Rasanya kok ya belum pernah nemu di supermarket.

Siti Mustiani mengatakan... Reply Comment

Woaaahhh es dawet, rasanya sudah lama sekali tidak mencicipi kuliner tradisional khas Indonesia ini. Padahal bisa aja yaa buat sendiri di rumah, apalagi bahan-bahannya mudah didapat seperti susu kental manis merek Tiga Sapi.

Dian Restu Agustina mengatakan... Reply Comment

Enak sekali ini, penasaran sama Es Dawet Siwalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan kelapa, lebih sehat dan gurih pastinya

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .