Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Cat Mobil di Bengkel Resmi Vs Umum, Ketahui Dulu Perbedaannya!

with Leave a Comment
Tips dan Biaya Cat Mobil

Seiring berjalannya waktu dan karena alasan pemakaian, bodi mobil kesayangan bisa mengalami kerusakan baik karena usia atau tergores karena senggolan di jalan. Bila sudah begini, maka Anda harus melakukan perbaikan dan cat ulang.

Sebelum melakukan body repair dan cat mobil, tentu penting untuk Anda mengetahui biaya dan tips cat mobil agar bisa disesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Banyak bengkel cat dan bodi yang bisa melakukan repair and repaint, mulai dari bengkel cat pinggir jalan sampai bengkel resmi. Untuk bengkel resmi, harga pengecatan full body atau biasa dikenal dengan siram cat memiliki harga berbeda-beda.

Seperti halnya biaya tune up mobil berbagai bengkel, tentu saja biaya repair and repaint juga berbeda-beda, tergantung pelaksanaannya di mana. Nah, buat lebih jelasnya, mari kita ketahuui

Fungsi Repaint Mobil

Melakukan cat ulang pada kendaraan roda empat tidak hanya mempercantik tampilan saja, tetapi juga memiliki fungsi lain, di antaranya:


1. Mengembalikan kondisi di mana cat mobil bawaan pabrik yang mulai kusam, kena noda aspal, atau jamur akibat usia dan cuaca.

2. Memperbaiki penampilan pada baret mobil atau body yang tergores akibat tabrakan atau kecelakaan.

3.  Fungsi pelindung, khususnya bagian permukaan yang dicat berbahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi, akibat pengaruh cuaca atau lingkungan sekitar sehingga bisa memperpanjang usia material tersebut.

4. Berguna untuk pemantulan cahaya, isolasi, penghantar listrik, peredam suara, dan sebagainya.

Perbedaan Biaya Cat Ulang Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Jangan Asal Pilih Pengerjaaan Body Repaint

Menentukan bengkel body repair tidak bisa asal pilih. Pasalnya, akan berdampak langsung pada hasil pengerjaan cat atau body mobil yang kurang rapi.

Hasil pengerjaan ini bisa belang-belang antara cat bawaan mobil dengan panel yang baru di-repaint jika dilakukan di bengkel body repair sembarang.

Karena itu, jika Anda ingin melakukan body repair di bengkel non-resmi untuk menekan harga perbaikan, sebaiknya ketahui dulu bengkel-bengkel terbaik yang bisa dipilih.

Bengkel body repair di Jakarta dan sekitarnya, ada yang membuka jasa pengecatan di pinggir jalan atau menggarap di dalam bengkel. Seperti bengkel pinggir jalan di kawasan Rawamangun atau Salemba hingga Kramat Raya.

Biasanya, mereka langsung melakukan perbaikan di tempat setelah melakukan negosiasi harga. Pengecatannya pun hanya disemprot biasa memakai spray dengan tekanan angin kompresor, bukan cat oven yang membuat proses pengeringan cat lebih sempurna.

Tukang cat pinggir jalan ini bisa dikenali dengan mudah karena umumnya memajang tulisan ‘Cat Duco’ dan menawarkan jasanya kepada setiap pengendara yang lewat.

Dalam pemilihan cat mobil juga cukup beragam mereknya, dengan kualitas yang juga berbeda-beda. Harga yang ditawarkan jelas berbeda untuk beberapa merek cat yang digunakan.

Bahan dasar cat yang digunakan pun berbeda, di mana pengecatan di bengkel cat “kilat” di pinggir jalan yang menggunakan cat berbahan dasar Nitrocellulose (Duco) atau Lacquer yang lebih cepat kering, tapi juga cepat pudar. Itulah mengapa harga cat mobil yang sejenis ini memang lebih murah.

Sementara itu, bengkel profesional umumnya menggunakan cat oven berbahan dasar Polyurethane. Pengerjaanya memang lebih lama, namun hasilnya lebih keras, berkilap, dan tahan goresan.

Perbedaan Melakukan Body Repair di Bengkel Resmi dan Umum

Patokan yang bisa Anda pegang ketika ingin melakukan pengecatan mobil adalah harga dari bengkel tersebut dan juga tingkat kerusakan cat pada kendaraan kesayangan.

Bila mengalami penyok, maka hitungan harga yang harus anda bayarkan kepada bengkel tersebut akan juga ikut mahal. Biasanya ketika Anda memilih pengecatan di bengkel resmi mereka sudah menyesuaikan dengan SOP di pabrikan.

SOP tersebut umumnya adalah bahan dan juga cara melakukan pengecatan, umumnya ketika memakai jasa di bengkel resmi cukup cepat sekali dalam hal pengerjaan. Hanya butuh waktu delapan jam saja, maka mobil kesayangan akan indah seperti semula kembali.

Kemudian, pada jaminan warna cat tentu saja akan mirip persis dengan warna cat pada mobil yang asli, hal yang demikian akan membawa kesan yang sangat baik untuk Anda pilih dan gunakan untuk warna bodi mobil yang lebih indah dan eksotis serta cepat dan tepat.

Jadi Anda bisa memilih bengkel resmi sebagai tempat tujuan perbaikan warna cat mobil Anda. Tentu anda sudah mulai terbayang mengenai estimasi harga yang harus dikeluarkan jika memilih bengkel resmi dan juga bengkel biasa dalam hal melakukan pengecatan mobil supaya kembali seperti semula.

Biaya yang akan Anda keluarkan sudah pasti akan berbeda ketika anda ingin melakukan body repair terhadap mobil kesayangan. Anda hanya tinggal memilih dan memilah yang mana sekiranya bengkel mobil yang pas untuk melakukan pengecatan pada mobil kesayangan.

Tentu ini akan menjadi hal yang tidak mudah untuk Anda yang baru pertama kali melakukan pengecatan mobil, Anda harus banyak bertanya kepada teman-teman yang sudah melakukan demi memperoleh informasi yang tepat.

Perbedaan Biaya Cat Ulang Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Bengkel pinggir jalan akan menawarkan kisaran yang lebih murah di bandingkan bengkel resmi. Selain itu, waktu pengerjaan pun relatif lebih fleksibel dan cepat.

Tetapi dari segi kualitas, tentu bengkel resmi lebih terjamin pekerjaannya di bandingkan pinggir jalan sebagaimana dari penggunaan kualitas cat, mesin semprot, hingga tenaga ahli punya tingkatan skill berbeda-beda.

Untuk diketahui, pengerjaan cat mobil di bengkel resmi dimulai dari Rp7 juta untuk kendaraan berukuran kecil hingga Rp17 juta dan hingga puluhan juta rupiah. Sementara untuk cat ulang kendaraan di bengkel umum jauh lebih murah.

Itulah perbedaan cat mobil di bengkel resmi dan umum, hingga kisaran harganya. Jadi, sudah memutuskan ingin mengecat ulang kendaraan di mana?
. . .

0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .