Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Cara Mengatasi Camera CCTV yang Rusak di Lingkungan Outdoor

with Leave a Comment
Cara mengatasi CCTV  rusak
src: https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-kamera-cctv-abu-abu-di-dinding-397225/

Perangkat camera CCTV sangat penting dipasang di lingkungan outdoor. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan lingkungan dan mengawasi kondisi sekitar. Namun seringkali terjadi kendala dan kerusakan pada kamera. Jika kondisi ini terjadi maka harus segera dilakukan langkah penanganan yang tepat agar kamera CCTV bisa kembali bekerja seperti semula dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Tips Mengatasi Kerusakan Camera CCTV Outdoor

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada unit CCTV bisa terjadi karena berbagai faktor. Tentunya sebelum mengatasi kerusakan tersebut maka harus dicari tahu dulu apa faktor penyebab kendala pada CCTV. Berikut ini beberapa langkah mengatasi kerusakan CCTV outdoor sesuai dengan kendala yang terjadi:

1. Periksa Bagian Power Supply

Saat perangkat CCTV tidak bisa bekerja dengan baik, coba langsung periksa bagian power supply. Ini merupakan sumber daya bagi kamera dan jika power supply-nya mengalami gangguan atau mati maka CCTV tidak akan bisa bekerja. Jika memang kerusakan ada pada bagian power supply maka tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Pemeriksaan power supply ini bisa dilakukan dengan alat bernama avometer. Alat ini akan membantu mengecek kondisi power supply dan kemampuannya dalam mengeluarkan daya listrik. Jangan menunda terlalu lama untuk melakukan penggantian agar CCTV bisa segera difungsikan.

2. Ubah Port Konektor yang Digunakan

Solusi lain yang bisa dicoba untuk mengatasi kendala pada perangkat CCTV adalah mengubah port konektor yang dipakai. Gangguan fungsi pada CCTV bisa saja disebabkan oleh kerusakan port konektor. Jadi tidak ada salahnya untuk mengganti port yang digunakan. Langsung coba saja hubungkan dengan port konektor lainnya dan cek apakah kembali berfungsi atau tidak.

Sebaiknya bagian port konektor yang rusak segera dibawa ke tempat servis. Kerusakan port ini sebaiknya segera diperbaiki sehingga bisa digunakan kembali. Walaupun mungkin ada bagian port lain yang bisa dipakai tapi alangkah jauh lebih baik jika port yang rusak tadi difungsikan lagi seperti sedia kala.

3. Cek Kondisi DVR

Langkah berikutnya yang bisa dicoba adalah cek kondisi DVR. Biasanya kendala pada CCTV juga bisa muncul akibat adanya kerusakan pada DVR. DVR ini adalah bagian penting dari perangkat CCTV dan saat terjadi kerusakan maka CCTV tidak akan bisa menyala serta menjalankan fungsinya. Periksa saja DVR-nya mati atau tidak, jika mati maka segera lepas dan lakukan perbaikan.

4. Perbaiki Bagian Kamera

Salah satu jenis kendala yang paling umum terjadi pada CCTV outdoor adalah rusaknya bagian kamera. Seperti diketahui bahwa lensa kamera ini memegang fungsi penting dari sebuah perangkat CCTV. Saat lensa kamera rusak atau mengalami kendala maka CCTV tidak akan bisa merekam gambar secara optimal.

Perhatikan bagian infra merah di perangkat CCTV. Apabila infra merah tersebut masih hidup namun CCTV tidak bisa bekerja maka kerusakan hanya terjadi di bagian lensa kamera saja. Oleh sebab itu sebaiknya segera lepas CCTV dan lakukan perbaikan lensa kamera ke tempat servis.

5. Cek Koneksi Wifi

Jika jenis CCTV yang dipakai adalah perangkat CCTV wifi maka pastikan dulu koneksinya stabil. Perangkat CCTV semacam ini membutuhkan akses internet atau wifi yang stabil agar bisa bekerja secara optimal. Jadi pastikan dulu jaringannya lancar, jika ada kendala maka segera lakukan tindakan. Misalnya dengan menghubungi provider wifi dan meminta koneksinya lebih distabilkan.

Pastikan juga sudah memilih rekomendasi CCTV outdoor wifi yang berkualitas dan tahan banting. Apalagi jika kamera pengaman ini akan dipasang di lingkungan outdoor maka harus benar-benar dipastikan ketahanannya.

Pada dasarnya setiap jenis kerusakan pada perangkat CCTV punya solusi masing-masing. Jika ingin mencegah terjadinya kerusakan maka lakukan pemeriksaan CCTV secara berkala. Pemeriksaan ini biasanya akan dilakukan oleh teknisi yang memang ahli dalam menangani CCTV. Setelah pemeriksaan dilakukan maka bisa dilihat apakah ada bagian yang mengalami kendala atau tidak jadi bisa langsung diatasi.

Pilih HikVision AcuSense CCTV Berkualitas

Cara Mengatasi Camera CCTV yang Rusak di Lingkungan Outdoor
src: https://www.pexels.com/id-id/foto/kamera-cctv-hitam-putih-179993

Pemilihan CCTV outdoor memang harus dilakukan dengan benar. Tentunya dibutuhkan produk CCTV yang tidak hanya berkualitas tapi juga punya spesifikasi canggih dan memuaskan. Produk camera CCTV HikVision AcuSense bisa jadi pilihan tepat untuk dipasang di lingkungan outdoor. Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh produk CCTV tersebut:

1. Respon Cepat

Hikvision menggunakan teknologi AcuSense yang mampu mendeteksi ancaman kejahatan maupun penyusupan secara real time. Selain itu CCTV ini juga bisa memberikan peringatan langsung melalui smartphone dengan cepat begitu penyusupan terjadi.

2. Hasilnya Akurat

Produk CCTV ini memiliki lensa kamera yang berkualitas tinggi. Kamera ini memiliki kemampuan efektif untuk menangkap rekaman dengan detail yang memuaskan dan akurat.

3. Lebih Efisien

Hikvision AcuSense ini memiliki sistem kerja yang jauh lebih efisien. Produk ini menggunakan sistem label pada rekaman video dan mudah membedakan mana rekaman manusia maupun kendaraan. Fitur ini akan mempermudah proses pencarian video tanpa perlu usaha manual.

4. Mudah Digunakan

Disertai semua kelebihan tadi, ternyata Hikvision AcuSense ini tetap mudah untuk digunakan. Proses pemasangannya sangat mudah dan konfigurasinya juga terbilang mudah bahkan oleh kalangan pemula sekalipun. Menariknya lagi perangkat CCTV ini sudah dilengkapi teknologi AI yang akan mempermudah pemakaian dan memberi hasil lebih akurat.

Produk camera CCTV Hikvision AcuSense ini benar-benar bisa jadi pilihan terbaik untuk diletakkan di lingkungan outdoor. Pengawasan area outdoor bisa lebih optimal dan akurat. Pastikan untuk melakukan pengecekan berkala agar kendala pada kamera bisa dideteksi sedini mungkin dan diatasi segera.
. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .