Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Aplikasi Kasir iReap POS, Mengelola Usaha Jadi Lebih Fleksibel!

with 10 comments
Aplikasi Kasir


Dulu, sebelum memulai usaha di rumah dan sebelum merasakan sendiri kesibukan dalam mengelola usaha, saya selalu ragu dengan diri sendiri, bisa nggak ya saya kelola keuangan toko, bisa nggak ngatur Point Of Sale sesuai target, dan keraguan-keraguan lainnya.

Ya maklum, pemula, belum tau kalau sekarang itu sudah ada aplikasi kasir yang memungkinkan pemilik usaha mengelola toko hanya dari satu perangkat. Dan tentu setelah kurang lebih 2 tahun usaha saya berjalan, saya sudah mengalami trial-error saat mencoba beberapa aplikasi kasir.

Beberapa Aplikasi Kasir yang Sempat Saya Coba

Oke. Sebenarnya baru coba 2 aplikasi kasir sih, yang satu tertarik karena namanya yang mirip varian kopi-kopian #apabanget, dan satu lagi saya coba karena lihat kasir toko punya teman kok mudah banget gitu ngatur-ngatur toko pakai aplikasi POS tersebut. Dan berikut adalah aplikasi kasir yang sempat saya coba:

1. Moka

Nama aplikasi kasirnya kopi banget nggak sih? ^^" Dan itu asal-muasal saya tertarik untuk mencoba aplikasi tersebut, tapi karena saat itu saya sudah beli printer bluetooth lebih dulu, mau nggak mau saya harus menghubungkan aplikasi kasir ini dengan printer yang sudah ada, dan siapa sangka kalau si Kopi ini ternyata belum kompatible dengan printer yang sudah saya beli. Sayang bangets!

2. Qasir

Aplikasi POS yang kedua adalah.. aplikasi hasil rekomendasi teman yang juga punya toko, jadi kasir toko miliknya tuh pakai aplikasi Qasir, dan pas awal-awal buka toko, saya ikutan coba pakai aplikasi kasir tersebut, tapi rasanya kok kurang cocok, soalnya tiap mau pakai fitur tertentu harus bayar dulu. Duh, secara ya, usaha baru pasti maunya meminimalisir biaya operasional lah ya.

Yaaa.. mungkin belum berjodoh dengan kedua aplikasi di atas dan saya harus lebih giat lagi belajar jalanin usahanya meski dengan pencatatan manual, tapi lama-lama kok capek juga ya, udah gitu berantakan seru pencatatannya 😌

Mau nggak mau saya harus bisa menemukan aplikasi kasir yang tepat biar catatan keuangan dan Point Of Sale nya bisa lebih rapi, maklum saya sendiri tuh budak korporat yang harus stand by di tempat kerja pagi sampai sore, dan di toko hanya ada mbak yang jaga, jadi kurang maksimal gitu monitornya.

Kalau di kasir toko pakai aplikasi kan bisa saya cek berkala pencatatan keuangan serta keluar-masuk barang di smartphone, bisa lah sambil santai-santai rebahan pas sudah pulang kerja.

Aplikasi Kasir iReap POS Lite

Pencarian saya berujung pada aplikasi POS yang memiliki beragam fitur bermanfaat meski hanya menggunakan aplikasi kasir secara gratis. Sebenarnya aplikasi POS ini ada 2 versi sih, gratis dan berbayar. Tapi karena tujuan awal adalah meminimalisir biaya operasional, jadi untuk sementara saya akan gunakan yang versi gratisnya dulu saja.

Nama aplikasi kasir nya sendiri adalah iReap POS Lite, merupakan aplikasi kasir untuk para UMKM yang bisa dipasang di smartphone android sehingga aplikasi tersebut sangat fleksibel untuk digunakan kapan saja dan di mana saja. 


iReap POS

Keunggulan Aplikasi Kasir Gratis iReap POS Lite

Selain gratis dan lebih fleksible, iReap POS Lite juga memiliki banyak keunggulan lain seperti:

1. Mudah Digunakan dan Cukup Melalui Smartphone

Yang paling utama untuk sebuah aplikasi kasir itu ya yang harus bisa dipasang di smartphone android. Selain bisa dibawa kemana-mana, jadi lebih fleksibel juga, dan bisa monitor kapanpun.

Jadi buat para pemilik usaha yang kadang nggak bisa setiap hari di toko, bisa banget lho pakai iReap POS Lite untuk toko kamu, cuss dowload aplikasi Kasir Toko di smartphone kamu, nanti kalau sudah di toko, bisa cek rekap laporan yang sudah di-input sama karyawan atau penjaga tokonya.

2. Aplikasi Kasir yang Support Banyak Merk Hardware

Nah, dengan menggunakan aplikasi kasir iReap POS, saya pun nggak perlu bingung buat cari printer baru karena iReap POS ini sudah support berbagai merk printer, dah gitu mau bikin struk gimana juga bebas tanpa ribet bayar-bayar lagi.

3. Aplikasi Kasir iReap POS Bisa Digunakan Tanpa Internet

Fitur ini bisa jadi keunggulan tersendiri bagi aplikasi kasir iReap POS, mengingat aplikasi kasir lainnya kebanyakan masih membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Dengan adanya fitur yang memungkinkan kasir toko tetap bisa menggunakan iReap POS secara offline, berbagai bentuk pencatatan baik itu transaksi penjualan atau update stock barang tetap dapat berlangsung tanpa ada gangguan.

4. Backup dan Restore Data ke/dari Local Drive atau Google Drive

Meski bisa digunakan tanpa koneksi internet, pengguna juga bisa sewaktu-waktu melakukan backup ataupun restore data yang ada di iReap POS Lite melalui penyimpanan lokal ataupun Google Drive.

Jadi kalau sewaktu-waktu ada trouble pada smartphone yang sedang digunakan, pengguna bisa me-restore data ke aplikasi iReap POS Lite yang baru.

Aplikasi POS untuk Kasir Toko

Fungsi Aplikasi Kasir Gratis iReap POS Lite

Dan tentunya, selain 4 keunggulan di atas, aplikasi kasir android iReap POS Lite ini juga memiliki banyak fungsi lain yang akan sangat bermanfaat bagi penggunanya seperti:

1. Tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris
2. Scan Barcode menggunakan Kamera
3. Print struk penjualan, dengan printer Wifi atau Bluetooth
4. Pengaturan persediaan barang bisa di-import melalui file CSV sehingga proses input jadi lebih cepat.
5. Email laporan grafis transaksi penjualan kasir (point of sale) dengan attachment dalam format CSV, dan masih banyak lagi.
 
Keunggulan dari aplikasi kasir iReap POS Lite tersebut saya rasa cukup untuk mendukung usaha kecil saya yang belum genap 2 tahun ini. Jadi budget operasionalnya bisa dihemat dan dialokasikan untuk keperluan lainnya.

Aplikasi Kasir iReap POS Pro

Tapi.. buat kamu yang maunya bisa memonitor kasir toko secara realtime tanpa harus nunggu pulang kerja kayak saya, kamu bisa pakai versi berbayarnya, yakni iReap POS Pro, merupakan aplikasi kasir berbayar untuk bisnis menengah ke atas dan bisnis yang memiliki multicabang dan multiuser.

Hanya dengan sekali bayar per tahun, di mana setiap bulannya pengguna harus menyiapkan dana senilai Rp. 41.667 per device, pengguna sudah bisa menggunakan semua fitur di iReap POS Pro. Mulai dari menambah user sesuai jumlah karyawan, mengontrol dan memonitor usaha secara realtime, menggunakan fitur hybird mode (mengakses iReap POS Pro secara online dan offline), memanfaatkan fitur iReap Helper jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan, dan masih banyak lagi.

Untuk iReap POS Pro ini ada masa uji coba gratis selama 14 hari, kok.. jadi sebelum memutuskan untuk berlangganan aplikasi kasir ini, kamu bisa menjelajahi fitur versi berbayar sepuasnya!

Aplikasi Kasir iReap POS, Mengelola Usaha Jadi Lebih Fleksibel!

Setelah mencoba beberapa aplikasi kasir di atas, tentunya keunggulan fitur dan fungsi iReap POS Lite berhasil banget menarik perhatian saya, biar monitor point of sale, persediaan barang, dan keluar-masuk barang bisa lebih fleksibel karena saya bisa menyesuaikan jam kerja antara di kantor dan di toko. Jadi aman lah, rekap yang di input Mbak penjaga toko, bisa saya cek sewaktu-waktu.

Jadi bagi kalian yang baru memulai usaha dan ingin meminimalisir dana operasional, segera deh cobain aplikasi kasir iReap POS juga, biar pencatatan laporan usahamu jadi rapih dan monitor juga makin gampang, nanti kalau usahanya sudah berkembang dan bercabang-cabang, baru deh pakai aplikasi kasir yang versi berbayarnya iReap POS Pro!


Sincerely,
Lifestyle Blogger









. . .

10 komentar:

  1. keren nih iReap POS, mau coba install ah

    karena selama membantu UMKM, kesulitan terbesar mereka memang di pencatatan keuangan, sehingga gak jelas untung/ruginya

    BalasHapus
  2. Kalau mode hybrid seperti itu memudahkan nih buat pelaku usaha semisal lagi ada gangguan internet tetapi tetap bisa melakukan pencatatan keuangan ya

    BalasHapus
  3. Manfaat lain dari dunia digital sudah merambah ke dunia kasir juga ya, wah mantap pastinya cukup dengan smartphone urusan keuangan beres apalagi minim kesalahan kayaknya ya mbak.

    BalasHapus
  4. Wahh aplikasi kasir seperti ini jadi memudahkan owner dan customer bertransaksi yaa.. apalagi fiturnya mudah dan banyaj keunggulan jadi lebih efektif dan mendukung mengembangkan pelaku usaha

    BalasHapus
  5. Nah bener juga, owner ga bisa pantau langsung bisa pakai ini iReap POS, aplikasi kasir gratis untuk UMKM di smartphone android yang sangat fleksibel untuk digunakan kapan saja dan di mana saja.

    BalasHapus
  6. Nah, sama nih kak... Fitur yang paling aku suka adalah Manajemen Stok.
    iReap POS membantu pengguna dalam mengelola stok barang dengan mudah dan akurat, sehingga pengguna dapat memantau persediaan barang mereka secara real-time.

    BalasHapus
  7. Wah, kebetulan inih, ada keluarga dekat yang lagi memulai usaha kuliner. Dia kesulitan mengatur lalu lintas keuangan... Bisa nih aku rekomendasiin iReap POS, pasti bermanfaat nih. MAkasih kak...

    BalasHapus
  8. Aploaksi kasir iReap membantu banget dalam mengelola kasir ya. Keuangan pun jadi lebih tertata dan bisnis jadi lebih lancar. Pebisnis harus coba nih

    BalasHapus
  9. bagi pemilik usaha, memiliki pencatatan keuangan yang rapi tentu akan lebih menyenangkan yaa jadi lebih mudah mengetahui alur kas usaha kita

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak sudah review aplikasi gratis untuk kasir, jadi bisa ada pandangan mau pakai aplikasi yang mana untuk toko baju saya.

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .