Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Kurikulum Internasional Sampoerna University, Menyiapkan Generasi Bangsa dalam Persaingan Global

with 11 comments
Sampoerna University

Pentingnya pendidikan bagi anak, menjadikan orangtua selektif dalam memilih sekolah ketika mereka memasuki jenjang baru di dunia pendidikan. Salah satunya adalah selektif dalam menentukan sekolah dengan kurikulum internasional atau kurikulum nasional yang akan dipilih.

Di Indonesia sendiri, kurikulum yang umum digunakan adalah kurikulum nasional, di mana kurikulum tersebut akan berperan penting dalam mengatur, merencanakan, serta menjadi pedoman dalam kegiatan belajar-mengajar di sistem pendidikan Indonesia.

Selain kurikulum nasional, ada juga beberapa sekolah di Indonesia yang mengadopsi sistem pendidikan internasional. Salah satunya adalah Sampoerna University, sekolah tinggi yang menerapkan kurikulum internasional sebagai pedoman sistem pembelajarannya.

Tentang Sampoerna University

Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang menawarkan pengalaman belajar dengan sistem pendidikan internasional ala Amerika. Sekolah tinggi ini juga sudah berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

Bekerja sama dengan University of Arizona, Universitas Sampoerna menawarkan Program Gelar Ganda yang memungkinkan mahasiswanya mendapatkan 2 gelar sekaligus selama 4 tahun dengan kurikulum internasional yang diterapkan, yakni Gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Memiliki misi untuk memberikan mahasiswa akses pendidikan internasional tingkat dunia dengan biaya lebih terjangkau, dan mencetak alumni yang berhasil baik secara akademik maupun profesional melalui program-program dengan kurikulum internasional yang diterapkan di Universitas Sampoerna.

Selain itu, Sampoerna University juga menyediakan rangkaian kegiatan kokurikuler dan pra-profesional guna memastikan Mahasiswa memiliki keterampilan serta kredensial lebih baik yang akan membuka pintu karir dan meningkatkan kompetensi bekerja para alumni baik itu dalam lingkup nasional maupun internasional.

Pendidikan Internasional terbaik untuk menguasai Kompetensi Bekerja

Metode Pembelajaran Sampoerna University 

Dengan misi seperti yang saya tuliskan di atas, inovasi metode pembelajaran universitas dengan kurikulum internasional tentu sangat berperan besar dalam mewujudkan generasi masa depan bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.

Berikut adalah beberapa metode pengajaran Sampoerna University yang diterapkan pada sistem pembelajarannya, antara lain:

1. Blended Learning

Merupakan metode pembelajaran dengan cara menggabungkan antara pembelajaran tatap muka di dalam ruangan kelas dan juga pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran itu tidak hanya yang bersifat formal, tetapi juga pelajaran yang bersifat informal. 

2. Hybrid Learning 

Hybrid learning di mana mahasiswa akan melaksanakan pembelajaran gabungan secara daring dan luring (tatap muka) yang dilakukan secara bersamaan. Dengan perbandingan 50:50 antara siswa yang hadir secara offline maupun online.

3. Penerapan Metode Pembelajaran Komprehensif.

Sampoerna University mengadopsi metode pembelajaran komprehensif yang menggabungkan berbagai pendekatan seperti diskusi kelompok, presentasi, praktikum, dan tugas individu untuk membantu mahasiswa memahami materi dan mengaplikasikannya dalam situasi nyata. 

4. Fasilitas Pembelajaran yang Berkualitas.

Sampoerna University menggunakan teknologi terkini dan media pembelajaran seperti peralatan multimedia dan akses internet, yang diharapkan melalui teknologi dan media pembelajaran yang canggih tersebut dapat membantu memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan memastikan bahwa mahasiswa memperoleh pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang materi yang diajarkan.

5. Pengembangan Kurikulum Internasional.

Sampoerna University mengembangkan kurikulum internasional yang dirancang untuk memastikan bahwa mahasiswa memperoleh wawasan global dan memperoleh pendidikan yang berkualitas serta dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dengan bekal kompetensi bekerja yang diperoleh selama masa pendidikan.

Kurikulum Internasional

Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Pengembangan kurikulum internasional dalam sitem pendidikan Sampoerna University tentu akan memiliki peran penting bagi berkembangnya para alumni dalam menghadapi dunia kerja secara global, beberapa peran tersebut adalah:

1. Mengenalkan Siswa Sebagai Bagian dari Masyarakat Dunia

Sistem pendidikan internasional akan memudahkan mereka untuk menjadi bagian dari masyarakat dunia. Bekal ini sangat penting agar mahasiswa lebih percaya diri. Selain itu juga mampu mengapresiasikan kemampuannya, mempunyai daya saing dan dapat mengambil banyak kesempatan di dalam dan luar negeri.

Ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan mental dan pengetahuannya mengenai dunia luar yang berbeda dengan Indonesia. Dengan bersekolah di kampus berbasis kurikulum internasional mereka akan lebih siap bersaing dan mempersiapkan diri.

Kesempatan berdiskusi, berinteraksi dan mengenal langsung sistem pendidikan dan banyak hal mengenai luar negeri akan semakin memudahkan bagi mahasiswa untuk menyesuaikan diri. Mahasiswa yang mempunyai rasa percaya diri tinggi akan lebih mudah mendapatkan kesuksesan dan memperoleh berbagai kesempatan dari dalam dan luar negeri.

2. Menguasai Bahasa Asing

Seperti namanya, di kampus internasional, kurikulum dibuat mengacu pada kurikulum negara yang menjadi acuan. Bahasa pengantar yang digunakan pun bahasa asing, terutama Inggris. Kemampuan berbahasa ini sangat penting agar peserta didik mudah berkomunikasi dan memahami literatur asing yang berguna dalam perkembangan studinya.

Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu poin yang dikedepankan dalam universitas internasional. Mahasiswa harus berkomunikasi dengan pengajar maupun teman menggunakan bahasa asing tersebut. Karena sudah terbiasa, ketika mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta didik dari luar maupun pihak lain mudah untuk berkomunikasi.

Salah satu target pendidikan internasional adalah menyiapkan mahasiswa agar bisa bersaing dan mempunyai kesempatan besar untuk berkontribusi di pendidikan maupun kegiatan internasional. Bahasa merupakan bekal utama.

3. Menyiapkan Peserta Didik dalam Persaingan Global

Kemajuan teknologi harus disikapi dengan menyiapkan generasi mendatang dengan lebih berkualitas dan siap bersaing. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan berbasis kurikulum internasional.

Peserta didik akan mudah untuk menyesuaikan diri dengan persaingan global sejak dini. Bahkan ketika masih menempuh pendidikan, mereka sudah bisa berkontribusi dalam berbagai kegiatan bertaraf internasional. Kesempatan yang dibarengi dengan potensi menjadikan mereka lebih tangguh dan unggul.

Dengan terbukanya informasi dan komunikasi, potensi pasar kerja internasional akan semakin terbuka. Kemampuan dan keunggulan yang dimiliki kandidat merupakan modal untuk bisa mendapatkan kesempatan bekerja di semua bidang di seluruh dunia. Hanya kandidat yang siap dan mampu memenangkan persaingan yang akan mendapat kesempatan bekerja.

Sampoerna University Ciptakan Generasi dengan Kompetensi Bekerja Secara Global

Globalisasi membuka persaingan dalam semua bidang secara terbuka, dan Sampoerna University dengan kurikulum internasioal di dalamnya siap menciptakan generasi muda yang sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan bertaraf internasional, sehingga generasi muda Indonesia juga akan siap berkompetisi secara global dengan kompetensi bekerja yang tidak perlu diragukan lagi. 

Jadi tunggu apalagi, yuk siapkan diri dan anak-anak kita untuk melanjutkan pendidikan ke Sampoerna University



Sincerely,
Lifestyle Blogger








. . .

11 komentar:

  1. Visioner banget ya Sampoerna?

    Karena paham bahwa Indonesia membutuhkan generasi muda yang siap bersaing di pasar global

    Sehingga butuh pendidikan berkurikulum internasional sebagai bekal

    BalasHapus
  2. Salahsatu hal yang bikin tertarik untuk memasukkan anak di Kampus Sampoerna University selain karena menggunakan Kurikulum Internasional juga bisa lulus dengan memilih program double degree

    BalasHapus
  3. Wah, kebetulan nih... Anak kedua lagi kelas 11, lagi galau milih jurusan. Sampoerna University yang berbasis kurikulum internasional bisa jadi pilihan utama nih. Biar bisa bersaing di pasar global

    BalasHapus
  4. menurutku, kurikulum internasional menjadi sebuah terobosan untuk meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia sehingga metode pembelajarannya juga bisa disesuaikan dengan yang terbaru dan juga mengadopsi dari sistem pendidikan secara global

    BalasHapus
  5. Metode komprehensif tuh yang masih jarang banget dipraktekkan oleh sekolah-sekolah non-internasional. Anak-anak biasanya hanya belajar satu arah. Mencatat dan mendengarkan penjelasan guru saja. Padahal ini adalah salah satu adaptasi dan proses pembelajaran yang bagus. Selain anak-anak diajarkan aktif, juga mendorong mereka untuk berpikir kritis.

    BalasHapus
  6. Sampoerna ini selalu terdepan dan selalu punya terobosan dalam hal apapun. Dari mulai olahraga sekarang ke pendidikan. Smoga tercetak generasi yang siap saing dimanapun berada

    BalasHapus
  7. Aduh, sekolahnya di Samperna University. Kayaknya kalau gak dapat beasiswa gak sanggup kuliah di sana. Hahahaha. Kurikulumnya memang keren banget sebagaimana kampus swasta bergengsi lainnya. Blended learning, hybrid learning, dan sebagainya menyiapkan talenta baru yang menguasi multimedia.

    BalasHapus
  8. Sampoerna University memang tempat terbaik untuk menimba ilmu agar bisa bersaing di kancah internasional. Dengan kurikulum internasionalnya, mencetak generasi muda yang siap bersaing secara global

    BalasHapus
  9. Belajar dengan cara hybrid seru juga sih ya. Adakalanya daring, juga luring.
    Apalagi juga kampusnya ternyata pakai kurikulum ini sehingga belajar bisa makin giat lagi

    BalasHapus
  10. Yes persaingan global harus dihadapi dengan ilmu yang mumpuni agar tidak tergilas jaman ya mbak.

    BalasHapus
  11. Metode pembelajaran yang diterapkan beragam, jadinya peserta didik bisa makin melakukan skplorasi potensi diri dan mengembangkan kompetensi nih. Suka dengan metode-metode yang diterapkan di Sampoerna University, menyegarkan dunia pendidikan

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .