Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

10 Langkah Untuk Mulai Pola Hidup Sehat

with 1 comment
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh


Pola hidup sehat perlu disiapkan secara fisik dan mental. Anda bukan hanya berolahraga saja, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa sehat ditunjang dengan pola hidup yang benar. Anda pun perlu memikirkan kesejahteraan mental. Karena kombinasi keduanya dapat memberikan hidup berkualitas dan umur yang panjang.

Tahapan Menerapkan Pola Hidup Sehat Berkelanjutan


Membiasakan diri memerlukan proses agar hasilnya bisa tahan lama. Konsistensi dan kegigihan adalah salah satu kuncinya. Jalani pola hidup yang sehat dengan melakukanya secara bertahap. Hasilnya lebih bisa diandalkan dan awet untuk waktu lama. Berikut adalah tahapan dari penerapan pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

1. Hindari Stres

Mulailah dengan tidak stress dan berpikiran berlebihan untuk hal-hal yang diluar kendali. Kemacetan, beban kerja, keuangan tersendat, dan prahara hidup. Carilah cara untuk menghindari stress. Ini adalah hal rumit yang tiap orang menghadapinya dengan cara berbeda-beda. Saat stres, imunitas menurun. Anda akan lebih mudah sakit. Itulah sebabnya banyak penyakit yang dipicu karena stress.
 

2. Latihan Pernafasan

Biasakan untuk tenangkan diri sambil menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Lakukan sampai berulang kali terutama saat stress dan lelah. Anda jadi bisa lebih mudah tidur, fokus pada kerjaan dan menghindari stress dengan melakukan relaksasi melalui pernafasan yang benar.

3. Pola Hidup Sehat melalui Makanan

Pilihan makanan sangat menentukan kesehatan tubuh. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan alami dan hindari makanan berproses. Biasakan memasak dan makan diluar hanya sesekali. Perhatikan kebiasaan Anda terhadap makan dan minum saat sedih atau sakit. Orang kerap makan makanan tidak sehat, ketika kesehatan mentalnya terganggu. Cobalah untuk mengikuti pola makan yang sehat apapun mood Anda saat itu.

4. Perhatikan Porsi dan Usia 

Tubuh memproses makanan berbeda-beda tergantung usia juga. Anda perlu menemui dokter atau ahli gizi untuk menemukan menu diet yang pas untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda juga akan lebih sulit menurunkan berat badan dengan berjalannya waktu. Makan tepat waktu terbukti dapat membuat orang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Olahraga Rutin

Lakukan olah tubuh yang bisa Anda lakukan secara rutin. Hindari melakukan olahraga setiap hari dalam durasi lama. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat secara bertahap. Lakukan olahraga dalam waktu 20 atau 30 menit. Kalau sudah terbiasa, Anda bisa menambahnya. Kalau terlalu memaksakan diri, tubuh Anda juga kesulitan untuk beradaptasi.

Tips Memulai Pola Hidup Sehat

6. Kurangi Gula

Hal terpenting dalam perjalan untuk sehat adalah tidak melakukan hal-hal secara berlebihan. Walaupun Anda suka makanan manis, cobalah untuk sesekali mengurangi asupan gula. Hal ini bisa diterapkan pada tambahan gula pada teh, kue atau nasi. Konsultasi dengan dokter bila perlu.

7. Perbanyak Air Putih

Olahraga, aktivitas dan bahkan pipis dapat mengurangi kandungan air dalam tubuh. Oleh karena itu, agar sehat, biasakan untuk minum air putih. Bukan air bersoda atau berwarna lainnya. Kandungan mineral dalam air putih dapat menghindari dehidrasi dan membuat Anda senantiasa bugar.

8. Cukup Tidur dan Hindari begadang

Kalau Anda olahraga rutin dan menjaga makanan, biasanya lebih mudah tidur. Pola hidup yang sehat kerap dirusak dengan kekurangan tidur. Jadi, biasakan untuk tidur sekitar 7 sampai 9 jam sehari. Anda akan merasa lebih bugar untuk beraktivitas sehari-harinya.

9. Jaga Kebersihan 

Hidup sehat bisa ditunjang dengan tempat tinggal dan tubuh yang bersih. Anda terhindar dari kuman dan sumber penyakit/ Rumah yang cukup sirkulasi udara dan matahari akan membuat Anda jadi sehat dan bahagia. Periksakan kesehatan secara rutin misalnya periksa gigi tiap 6 bulan sekali atau pap smear untuk wanita minimal sekali setahun.

10. Periksa Kesehatan 

Hal lumrah yang orang lakukan dalam menjaga kesehatan adalah menghindari pemeriksaan agar tidak stress. Padahal, banyak penyakit yang bisa diatasi kalau ditemukan sejak dini. Cobalah mulai melakukan pemeriksaan agar tidak mengidap penyakit besar dan sampai tidak terdeteksi.

Pola hidup sehat adalah kombinasi berbagai kebiasaan sehat. Mulai dari olahraga, makanan sehat sampai memeriksakan kesehatan. Berikan proteksi kesehatan bagi Anda dan orang tersayang dengan mengambil Asuransi kesehatan. Ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi untuk kesehatan. Anda bisa memeriksa di cekpremi.com untuk menwtapkan keputusan pada asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.



sumber:
- https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-pola-hidup-sehat/
https://www.liputan6.com/hot/read/5020026/20-cara-memulai-pola-hidup-sehat-menurut-who-bebas-dari-penyakit
- https://www.alodokter.com/delapan-langkah-menuju-pola-hidup-sehat
sumber
- https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-pola-hidup-sehat/
https://www.liputan6.com/hot/read/5020026/20-cara-memulai-pola-hidup-sehat-menurut-who-bebas-dari-penyakit
- https://www.alodokter.com/delapan-langkah-menuju-pola-hidup-sehat

. . .

1 komentar:

  1. Kesehatan adalah harta paling berharga bagi setiap makhluk hidup. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan sangatlah pentih untuk diterapkan seperti menjaga pola makan dan pola hidup. Dengan kita menjaga pola makan dan pola hidup dengan teratur dan seimbang, maka kita akan bisa menjaga tubuhkita agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Terima kasih

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .