Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Cara Pasang GA4 Agar Laporan Pageview Tetap Aman.

with 1 comment
Kelas Blogger

Beberapa hari lagi platform Google Analytics versi UA akan segera ditutup, yang artinya kita sudah nggak bisa mengaksesnya lagi, dan tentunya itu bakal sangat berimbas pada kelancaran pekerjaan dan aktivitas kita sebagai Blogger.

Lalu kalau GA-UA sudah nggak bisa digunakan, kedepannya kita bikin laporan PV project di mana, dong? Tenang, karena bertepatan dengan non-aktif nya GA-UA tanggal 1 Juli besok, Google juga meluncurkan Google Analytics 4 atau GA4 dengan fitur yang lebih ringkas namun banyak kegunaannya.

Sebelum GA-UA benar-benar tutup, ada baiknya kamu baca tutorial memasang GA4 lebih dulu biar nggak bingung. Dan kali ini saya akan menuliskan cara pasang GA4 untuk Blogspot yang sudah saya pelajari selama proses mengenal GA4 kelas Mas Pewe.

Kelas Blogger BRT Network

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang pernah dengar atau bahkan mengikuti kelas Blogger ini, saya sendiri sudah 3 kali mengikuti kelas dari BRT Network, mulai dari kelas materi SEO On Page dan SEO Off Page, materi Optimasi Domain Authority, dan yang sekarang adalah kelas dengan materi Cara Pasang GA4 Kelas BRT Network.

Tentunya bagi saya pribadi, mengikuti kelas Blogger yang diadakan oleh BRT Network adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga.

Apalagi setelah mengikuti kelas blogger dan belajar beberapa parameter menulis SEO, di akhir tahun 2022 kemarin saya berkesempatan memenangkan sebuah kontes artikel SEO yang diadakan oleh salah satu property developer di Surabaya.

Rasanya tuh, saya bisa menangin kontes SEO tersebut karena sedikit banyak merupakan hasil dari belajar ilmu SEO di kelas BRT Network.

Belajar SEO On Page dan SEO Off Page

Ya..  meskipun nggak jarang saya dihadapkan dengan ketegangan ketika Mbak Moon sedang berapi-api dan secara to the point mengoreksi sesuatu ketika ada yang nggak sesuai rules dalam kelas.

Tapi mungkin bukan cuma saya saja yang merasa dagdigdug setiap moment tersebut berlangsung, teman-teman alumni juga pasti ada yang sama kayak saya, hayo ngaku... Tapi di sini, jujurly Mas Pewe sebagai coach kelas BRT Network selalu bisa menetralisir suasana menegangkan tersebut. Emang duo air dan api banget #peace :D

Oke, lanjut ke pembahasan materi cara pasang GA4 yang sudah saya pelajari selama kelas Blogger.

Materi Kelas BRT Network; Cara Pasang GA4

Sebelumnya, untuk mempermudah kamu dalam menggambarkan penjelasan cara memasang GA4 dari tahap 1 sampai tahap 5 di bawah, kamu juga bisa membuka tutorial versi gambar pada laman Cara Pasang GA4.

Dan berikut adalah urutan cara memasang Google Analytics terbaru, yakni GA4 untuk Blogspot:

Tahap 1:

  • - Masuk ke Google Analytics 
  • - Pilih menu admin (pengaturan) yang ada di pojok kiri bawah,
  • - Tambah property GA4 dengan nama dan setting sesuai yang diinginkan.
  • - Pilih platform web pada tahap koleksi data.
  • - Masukkan alamat url blog yang akan dihubungkan ke GA4
  • - Setelah itu kamu akan mendapatkan Measurement ID untuk dipasang pada Google Tag Manager

Tahap 2:

  • - Masuk ke website Google Tag Manager (GTM) di alamat: https://tagmanager.google.com
  • - Buat akun baru, isi nama akun dengan nama blog dan diberi akhiran GA4 Configuration, pilih Negara Indonesia
  • - Selanjutnya masukkan alamat blog pada container setup dan pilih web pada target platform
  • - Setelah itu kita akan mendapatkan script tag manager yang harus dipasang tepat di atas atau di bawah <head> dan <body> pada template blog
  • - Untuk pengguna blogspot, script dari tag manager harus di-parsing lebih dulu melalui url berikut: https://pewe19.github.io/parsing-html/

Tahap 3:

  • - Setelah berhasil memasang script GTM pada template blog, selanjutnya buat tag baru di Google Tag Manager
  • - Beri nama Tag sesuai kebutuhan, dan pilih tag type: Google Analytics GA4 Configuration
  • - Masukkan Measurement ID yang ada pada property GA4 sebelumnya, dan centang box di bawah kolom Measurement ID.
  • - Selanjutnya buat Triggering baru, dan centang box All Pages: Page View.
  • - Kemudian klik Simpan/Save pada pojok kanan atas.

Tahap 4:

  • - Setelah Tag dan Trigger sudah berhasil dibuat, pastikan tags sudah fired, lalu lanjutkan dengan klik preview yang ada di pojok kanan atas
  • - Di mana nanti kita akan diarahkan ke web tag assistant, dan masukkan alamat blog pada kolom yang ada pada laman tag assisten
  • - Centang box yang ada di bawah kolom alamat blog
  • - Kemudian klik hubungkan/connect.
  • - Jika berhasil, kita akan di arahkan pada laman blog yang terhubung dengan GA4 dan GTM, dan akan keluar box notifikasi "Tag Assistent Connected"
  • - Selanjutnya kembali ke tag assisten dan klik lanjutkan/continue
Cara Menyambungkan GA4 ke Google Tag Manager

Tahap 5:

  • - Setelah semua tahap menyambungkan GA4 ke Google Tag Manager (GTM) di atas sudah berhasil dilakukan, langkah  selanjutnya adalah kembali ke laman GTM dan klik Submit pada bagian pojok kanan atas untuk mengaktifkan pengaturan GA4 dan GTM yang sudah dibuat.
  • - Dan terakhir, cek kembali melalui menu properti di admin Google Analytics, apabila debug view sudah menunjukkan aktivitas aliran data, maka proses pemasangan GA4 dan GTM bisa dinyatakan berhasil

Dan di atas adalah beberapa cara memasang GA4 yang saya tangkap ketika mengikuti Kelas BRT Network bersama teman-teman blogger lainnya.

Laporan Pageview Tetap Aman dengan Pasang GA4 Sekarang!

Jujurly, saya sendiri kurang yakin apakah tahapan di atas sudah sesuai dengan materi yang dibagikan saat kelas Blogger hari Jum'at kemarin, tapi karena ingat motto ATM - Amati, Tirukan, Modifikasi, yang sering digaungkan di kelas-kelas sebelumnya, selama berhasil di akhir, saya tetap membagikan cara menghubungkan GA4 dan GTM versi saya ini dengan harapan Mas Pewe berkenan mengoreksi kalau misal ada kekurangan di dalamnya.

Tapi meski begitu, kalau ada opsi melanjutkan kelas atau remidi, saya bakal memilih untuk bisa melanjutkan kelas berikutnya dengan materi baru yakni setting event, cara membaca data di GA4, dan tentunya cara melihat PV satuan agar laporan PV tetap aman selama mengerjakan Blog Project bersama BRT Network.

Baiklah, sekian tutorial cara memasang GA4 dan GTM untuk Platform Blogspot. Semoga bisa membantu teman-teman semua, ya...


Sincerely,
Lifestyle Blogger












. . .

1 komentar:

  1. Wah iya jadi ingat kalau google analytics sudah waktunya upgrade, nih. Sebagai blogger pasti sudah dapat peringatan kalau akan pindah ke GA4, tapi sempat bingung bagaimana caranya. Mantep bisa diikuti ini kelasnya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .