Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Status Teman Facebook Mengganggu? Lakukan 3 Cara Ini!

with 17 comments
Cara-mengatasi-status-facebook-yang-menggangu

Status Teman Facebook Mengganggu? Lakukan Cara Ini. Semakin kesini semakin banyak informasi yang mudah disebar hanya dengan menekan tombol share status di facebook. Terlepas baik atau buruk, layak atau enggak, bahkan mengganggu orang lain kah status yang dibagikan, itu menjadi urusan belakang untuk orang yang membagikannya. Nggak jarang ditemui gambar berdarah-darah, status penuh caci maki, berderet berita hoax, perdebatan buibu tentang bagaimana cara merawat dan mendidik anak yang nggak ada ujungnya, bahkan gambar nggak sopan dan terkesan vulgar beredar di beranda facebook. Hal itu pastinya akan sangat mengganggu sebagian orang yang ada dalam daftar teman facebook.


Tapi ya, cara pandang tiap orang pasti berbeda ketika menanggapinya. Saya sendiri, ketika menemui status yang "mengganggu", kadang secara langsung akan unfollow akun yang membagikan status tersebut. Menurut saya, ketika beranda facebook mulai dipenuhi dengan hal-hal kontroversial, mungkin akan lebih baik jika kalian jangan langsung tertarik dengan tajuk yang "memancing" dan kemudian tekan tombol share begitu saja. Baca dulu, fahami isinya, cari tahu kebenarannya, bahkan fikirkan perasaan orang lain yang nantinya bakal membaca/melihat status yang kalian bagikan.

Untuk orang-orang seperti saya, yang kadang mudah terganggu dengan hal-hal out-of-mind, misalnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kalian bisa melakukan cara-cara berikut;

Unfollow - Tidak Mengikuti. Kadang ada saja teman facebook yang gemar membagikan status berupa curhatan yang berlebihan, status perkelahian suami-istri yang dibawa-bawa ke dunia maya, status "semoga yang meng-amin-kan status ini akan masuk surga, dan yang mengabaikannya akan menerima azab dari Allah SWT", dan terkesan menebar aura negatif, menekan tombol unfollow di profilnya akan sedikit mengurangi aura negatif di beranda kita. Paling enggak, bisa sedikit meringankan beban ketika kita sendiri sedang dalam masalah.

Report as Spam - Laporkan sebagai Pengganggu. Hal seperti ini bisa saja kita lakukan ketika status teman sudah mulai membawa-bawa gambar, seperti membagikan gambar kekerasan, banyak darah, banyak luka, gambar bayi yang sedang sakit (sumpah ketika saya menulis ini tepat di beranda facebook saya terdapat gambar bayi umur 40 hari yang mengalami kelainan kulit dan itu nggak seharusnya disebar di facebook. Saya merinding.. T.T), gambar korban kecelakaan, gambar orang meninggal, dan gambar-gambar disturbing lainnya.

Delete Friend - Hapus Pertemanan. Hal ini akan saya lakukan ketika teman dengan sengaja membagikan status berupa video atau gambar ulgar. Bukan berarti saya asal hapus pertemanan, karena sekarang ini, banyak juga akun facebook yang terserang virus jahat para hackers dengan membagikan video atau gambar vulgar tanpa sepengetahuan pemilik akun. Tapi seharusnya sebagai generasi muda bangsa yang menjunjung tinggi budaya per-kepo-an #halah, kita bisa membedakan mana akun yang terserang virus dan mana akun yang normal.

Alangkah baiknya jika permasalahan intern cukuplah dijadikan bahasan dengan orang yang bersangkutan, permasalahan dengan mantan pacar, mantan teman, dan mantan-mantan lainnya, misalnya, nggak baik juga hal negatif seperti itu dijadikan konsumsi publik, bukan artis juga, kan #eh. Atau soal membagikan status "amin-meng-amin-kan", mengirimkan do'a melalui sujud-sujud yang kalian tujukan kepada Allah SWT, atau kirim donasi kepada yang membutuhkan akan lebih bermanfaat daripada membagikan gambar mereka dalam keadaan nggak berdaya, di sisi lain, kalian yakin, mereka yang dibagikan gambarnya tau akan tindakan tersebut? Dan satu lagi mengenai berita hoax, please be smart people. Jangan mudah terbawa arus berita yang sedang viral.

Baiklah, dengan saya melakukan hal tersebut di atas, bukan berarti saya pura-pura buta, nggak memiliki empati terhadap teman ataupun terhadap sesama manusia. Tapi, ada begitu banyak cara dalam menyampaikan niat baik, gunakan cara yang sesuai dengan keinginan tapi nggak mengganggu kenyamanan orang lain. Berbuat baik pun harus dengan cara yang bijak. Bukan begitu?

Sincerely,

Status Teman Facebook Mengganggu? Lakukan 3 Cara Ini!

17 comments:

  1. Saya bahkan melakukan unfol untuk akun yg isinya tiada hari tanpa nyinyir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin gerah juga sih yang kayak gitu. XD

      Delete
  2. Makasih nih infonya bermanfaat sekali karena salah merupakan salah satu orang yang sering merasa tidak nyaman saat sedang menggunakan facebook bagaimana tidak setiap buka facebook ada saja akaun yang nyebarin postingan yang mengarah ke hal yang tidak dibenarkan.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya unfol jika akun FB seseorang masukkan FBku ke grup2 yg gak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga mbak yang kadang bikin sebel. Malah saya langsung block grupnya, Mbak. ^^

      Delete
  4. kalo aku sih biasanya pas liat status FB yg mengganggu langsung aku delete, tapi jika itu teman, ya dibiarkan saja. Biar gak dikira "tidak setia kawan" -.-

    ReplyDelete
  5. Karena teman yang muncul di berandaku itu2 saja, aku tak punya kasus status teman mengganggu. paling lihat sekali, abaikan, dan karena tidak ada aksi (like/comment) dariku, ya tergeser ke teman2 yang asyik saja. jadi, so far, tak ada masalah meski punya teman FB 3200-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Status di sini bukan cuma status pribadi teman, Mbak. Jadi misal nih, ya.. Ada postingan dari orang lain yang mengarah ke gambar-gambar, misal korban perang atau kecelakaan dan penuh darah,terus teman kita ikut like, ikut komen, maka secara otomatis gambar tersebut akan muncul di beranda facebook kita. Sekarang juga lagi musim share-share status yang kontroversi, jadi biasanya saya memilih untuk klik unfollow.

      Tapi ya seperti yang saya bilang di atas, tiap orang akan memiliki pandangan berbeda dalam menyikapinya. Dan saya memang agak merasa terganggu sih, Mbak. ^^

      Delete
  6. Wah... kalu misalnya teman dekat gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau teman dekat, aku cum hide statusnya aja sih, Mbak. Harusnya dimasukkan dalam poin di atas ya. ^^

      Delete
  7. sering bngt masuk akun spam, syukur deh ada inform ini, maksi min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hati-hati, harusnya diketuk pintunya dulu, terus tanya, itu akun spam, nggak? Hehehe

      Makasih sudah berkunjung :D

      Delete
  8. setuju mbak.. akupun tipe yg sangat terganggu kalo di FB ku ada org2 yg suka ngebagi in link provokatif, hoax, foto2 ga senonoh, itu g pake lama, lgs aku delete orgnya, ga peduli dia sodara sndiri. adikku aja aku delete -__-.. bener2 ga suka soalnya ama yg bgini.. jaman udh maju gini, masih aja terperdaya ama hal2 yg udh jelas ga bener, apalagi yg pake nulis, "tulis amin untuk gambar di bawah ini" ato"tulis 5 untuk bisa melihat gambarnya".. prett lah.. -__-..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. "Tulis angka 5 lalu lihat apa yang terjadi dengan ular di gambar ini" ini pret bangeeeettt.. Dan masih aja ada orang yang komen angka 5 beneran. Deuh. -___-

      Delete
  9. Setuju mbak...
    Temenan sih boleh2 aja, tapi kalau harus menganggu dan bikin semberawut di wall fb kita, mending unfoll aja...

    ReplyDelete
  10. thanks nih, bagus buat yang kebanyakan udate status juga wkwk

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com